Diketahui, beberapa waktu silam telah ditemukan varian virus corona Covid-19, yakni Omicron yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan. Kemunculan varian tersebut menyusul berbagai varian lainnya yang sudah muncul lebih dulu, termasuk Delta Plus.

Disebutkan bahwa varian Omicron memiliki mutasi virus yang lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan Omicron lebih gampang menular – meskipun gejala yang ditimbulkan cenderung lebih ringan.

Meskipun varian yang satu ini belum terdeteksi di Indonesia, namun tak ada salahnya bagimu untuk tetap melakukan beragam langkah pencegahan, seperti 5 cara mudah di bawah ini.

Pastikan kamu menyimak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Lakukan Vaksinasi

Credit Image - edukasi.okezone.com

Saat ini, pemerintah Indonesia masih terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19. Bahkan, di tahun 2022 mendatang, rencananya pemberian vaksin booster akan segera dilangsungkan. Dengan demikian, diharapkan antibodi masyarakat semakin kuat dalam mencegah terinfeksi virus corona, termasuk varian Omicron.

Memang, segera mendapatkan vaksin dapat memberikan proteksi diri terhadap virus corona. Kamu tak perlu lagi khawatir, karena vaksin yang beredar sudah terbukti aman – dan efektif dalam mengurangi risiko penularan, gejala, sampai risiko kondisi parah jika memang terpapar virus tersebut.

 

#2 – Menggunakan Masker Dengan Tepat

WHO sudah menghimbau untuk menggunakan masker ketika bepergian di luar rumah – hal ini berlaku bagi yang tengah sakit, maupun dalam keadaan sehat. Selama pandemi, kamu juga direkomendasikan memakai masker ganda, yang terdiri dari masker medis – untuk lapisan dalam, kemudian masker kain untuk di bagian luar. Cara ini dapat memberikan perlindungan ekstra.

Selain memerhatikan jenis masker yang digunakan, kamu juga harus memastikan bahwa masker telah dipakai secara tepat. Dalam hal ini, masker harus menutup mulut dan hidung. Kemudian, gantilah masker setiap 4 jam sekali, atau ketika sudah basah.

 

#3 – Rajin Mencuci Tangan

Credit Image - lifepack.id

Mencuci tangan merupakan poin penting dalam mencegah paparan virus corona, termasuk varian Omicron, lho. Apalagi, mengingat mencuci tangan hingga bersih termasuk langkah pencegahan efektif, mudah, dan juga murah dilakukan.

Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik ya, terutama ketika sebelum memasak – atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan usai menutup hidung saat batuk maupun bersin. Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen. 

 

#4 – Tetap di Rumah, Jaga Jarak

Menghindari bepergian keluar rumah – apalagi, kalau tidak ada keperluan mendesak juga sangat disarankan, nih. Pasalnya, berada di luar rumah bisa meningkatkan risiko penularan, apalagi kalau kamu berada di tempat publik yang cukup ramai.

Namun, kalau terpaksa harus bepergian, pastikan kamu sudah menerapkan protokol kesehatan jaga jarak, ya. Imbauan ini pun sudah dimuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI dalam “Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19”.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang berbicara, batuk, atau bersin – serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan.

 

#5 – Tingkatkan Pula Imunitas Tubuh

Credit Image - klikasuransiku.com

Tak hanya menerapkan langkah pencegahan di atas, namun guna menghindari paparan virus corona, termasuk varian Omicron, kamu juga disarankan menjaga daya tahan tubuh. Tentunya, imunitas kuat bisa mengurangi risiko terpapar virus.

Perkuat daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, peroleh waktu istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik ya!

Untuk mengoptimalkan perlindungan diri, kamu juga sangat dianjurkan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho. Apakah kamu sudah mengenal kandungan keduanya?

Enervon-C merupakan multivitamin dengan kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, Enervon-C bisa kamu konsumsi dalam bentuk  Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Sementara, untuk Enervon Active memiliki kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja kekebalan tubuh dalam melawan virus – berkat kandungan Zinc, sekaligus mempertahankan stamina sehingga tubuh tidak mudah lelah!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara mencegah paparan virus corona varian Omicron. Walau belum terdeteksi di Indonesia, namun kamu tetap dianjurkan melakukan sejumlah cara di atas agar tetap terhindar dari risiko infeksi virus!

 

 

Featured Image – jeda.id

Source – kompas.com