Setiap individu, baik pria maupun wanita pasti menginginkan perut yang tidak buncit. Bukan hanya perkara penampilan semata, namun kesehatan tubuh kamu, lho. Buatmu yang tengah mencari cara mengecilkan perut, informasi di bawah ini jangan sampai dilewatkan, ya.

Untuk mengurangi lingkaran perut, ada beragam cara yang bisa dilakukan, termasuk melakukan olahraga mengecilkan perut. Misalnya, olahraga kardio dan senam – yang menjadi aktivitas fisik efektif guna mencapai tujuan tersebut.

Lantas, apa saja olahraga mengecilkan perut yang dapat diterapkan? Berikut ini 6 di antaranya. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Jogging

Credit Image - primafit.com

Jogging atau berlari santai merupakan olahraga mengecilkan perut yang murah – dan tentunya mudah dilakukan. Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarak, durasi, berat badan, hingga intensitasnya.

Sebagai contoh, jogging dengan jarak 5 km selama satu jam mampu membakar 596 kalori pada orang dewasa dengan berat badan 70 kg. Sementara pada orang dewasa dengan berat badan 84 kg, dengan melakukan intensitas yang sama ia bisa membakar 710 kalori.

 

#2 – Lompat Tali

Diketahui, olahraga lompat tali atau skipping menjadi salah satu jenis aktivitas fisik yang tengah digandrungi. Tidak hanya bisa dilakukan di dalam ruangan, namun skipping juga efektif untuk menurunkan berat badan agar perut kecil, juga bisa meningkatkan kebugaran organ jantung dan paru-paru, lho.

Dilansir oleh Men’s Journal, lompat tali selama 30 menit mampu membakar sekitar 500 kalori. Jika kamu tidak kuat untuk lompat terus-terusan, lakukan secepat mungkin selama satu menit, istirahat 20-30 detik, dan ulangi hingga target waktu tercapai.

Dengan adanya banyak manfaat yang bisa diberikan dari olahraga skipping, yuk segera lakukan olahraga mengecilkan perut yang satu ini!

 

#3 – HIIT

Credit Image - freeletics.com

High-intensity interval training atau HIIT merupakan salah satu jenis olahraga kardio intens yang dilakukan dalam waktu singkat. Biasanya HIIT berlangsung selama 10-30 menit dan diselingi beberapa kali istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

Salah satu manfaat olahraga HIIT, yakni membakar kalori dalam waktu singkat. Seseorang dengan bobot 80 kg bisa membakar 500 kalori hingga 1.500 kalori per jam tergantung dari intensitasnya. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga mengecilkan perut yang satu ini bisa membakar kalori lebih banyak, sekitar 25-30 persen dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya.

 

#4 – Side Plank

Berbeda dengan teknik plank pada umumnya, olahraga mengecilkan perut ini mengharuskan kamu untuk menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku. Side plank juga membuat otot inti, termasuk perut dan punggung Anda bekerja lebih keras sehingga postur tubuh menjadi lebih stabil.

Begini cara melalukan gerakan side plank:

  • Mulai dari salah satu sisi tubuh. Kemudian posisikan siku tepat berada di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuhmu
  • Luruskan kaki – dan tumpuk keduanya. Selain itu, kamu bisa juga menempatkan satu kaki lebih ke depan daripada kaki sisi lainnya.
  • Kontraksikan otot perutmu dengan mengangkat pinggul yang masih menempel pada lantai sampai tubuh benar-benar terangkat dan lurus dari bahu hingga kaki.
  • Tahan posisi pinggul di atas selama 30-45 detik. Turunkan tubuh kembali dan ulangi beberapa kali, termasuk pada sisi sebaliknya

 

#5 – Bicycle Crunch

Credit Image - coachmag.co.uk

Bicycle crunches adalah gerakan olahraga yang cukup menantang. Sesuai dengan namanya, gerakan ini mirip seperti orang naik sepeda yang mengayuh dengan kaki kanan dan kiri. Perbedaannya, kamu melakukan gerakan ini dengan posisi tubuh telentang dan mengayunkan kedua kaki di udara.

Dengan rutin melakukan olahraga mengecilkan perut ini, maka otot bagian perut bakal semakin rata – dan juga kuat, lho. Tertarik melakukannya? Begini langkah yang bisa dilakukan.

  • Berbaring telentang di atas matras dan letakkan kedua tanganmu menopang bagian belakang kepala.
  • Posisi kepala sedikit meringkuk ke depan. Kondisikan kepala tidak menempel matras kira-kira 45 derajat tingginya dari permukaan lantai.
  • Kemudian angkat kaki ke atas hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat dari lantai.
  • Putar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri dengan posisi kepala mengikuti arahnya.
  • Ketika kamu menengok ke sisi kanan, kaki kiri ditekuk hingga menempel siku. Luruskan kembali, lalu lakukan gerakan yang sama pada sisi berlawanan.
  • Lakukan hingga 10 kali, yakni sebanyak 5 kali ke kanan dan 5 ke kiri. Ulangi gerakan ini dalam 2-3 pengulangan.

 

#6 – Sit Up

Olahraga mengecilkan perut ini sepertinya termasuk gerakan yang sering dilakukan banyak orang, ya. Sit up merupakan dasar latihan kekuatan otot – atau disebut juga sebagai strength training. Gerakan tersebut akan membantu mengecilkan perut secara ampuh, asalkan kamu rajin melakukannya.

Begini cara melakukan sit up dengan baik dan benar.

  • Berbaring telentang di lantai atau matras.
  • Tekuk lutut dengan telapak kaki menapak di lantai – atau kamu bisa menahan kaki tertekuk menggantung di udara.
  • Silangkan lengan di depan dada atau juga dapat menaruh tangan di belakang kepala.
  • Angkat bahu kamu menuju langit-langit menggunakan otot perut dan berhenti setelah sampai agak ke atas.
  • Sangat penting untuk tidak mengangkat seluruh punggungmu dari lantai. Hal ini bisa mengakibatkan otot punggung tertarik dan cedera.
  • Kembalikan tubuhmu ke posisi berbaring, lalu ulangi beberapa kali.

Sejumlah olahraga mengecilkan perut di atas perlu kamu lakukan secara rutin, sehingga manfaatnya dapat dirasakan, ya. Nah, biar kegiatan aktivitas fisik makin maksimal, pastikan kamu sudah memperoleh energi yang cukup, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral.

Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Jadi, itulah keenam jenis olahraga mengecilkan perut yang mudah, namun tetap efektif untuk dilakukan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Featured Image – klikdokter.com