Memasuki musim hujan, beragam jenis penyakit, terutama flu, pilek, dan batuk memang kerap menghampiri. Apakah kamu sedang mengalaminya? Eits! Tidak harus langsung minum obat, lho. Tetapi, pilek masih dapat diatasi dengan cara lainnya yang bisa dilakukan di rumah saja.

Tak bisa dipungkiri, pilek – atau hidung meler merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi. Pilek pun bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Jadi, kamu tidak perlu langsung khawatir, ya. Sebab, pilek bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti alergi, perubahan hormon, polip hidung, bahkan karena cuaca.

Untukmu yang tengah pilek, berikut ini 6 tips mengatasinya – tanpa harus segera mengonsumsi obat. Apa saja? Simak informasi lengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

#1 – Perbanyak Minum Air Putih

Credit Image - alodokter.com

Dilansir dari Health Line, minum banyak air putih atau tetap terhidrasi saat berhadapan dengan pilek diyakini dapat membantu dalam mengurangi gejala, terlebih jika seseorang juga memiliki keluhan seperti hidung tersumbat. Tindakan tersebut diyakini bisa membuat konsistensi ledir di sinus menjadi lebih berair, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kondisi lendir mungkin kental dan lengket yang bisa membuat hidung semakin sesak. Hindari minuman yang membuat dehidrasi daripada menghidrasi. Ini termasuk minuman seperti kopi dan minuman beralkohol, lho.

Jadi, langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika pilek, yakni konsumsi air putih secukupnya, ya!

 

#2 – Menggunakan Uap Hangat

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam IOSR Journal of Dental and Medical Sciences pada tahun 2015 terhadap orang-orang dengan common cold membuktikan bahwa menggunakan inhalasi uap cukup efektif untuk mengurangi masalah hidung meler, lho.

Untuk itu, kalau kamu sedang mengalami pilek, cobalah cara yang satu ini, ya. Menghirup uap panas dapat mempercepat waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu dibandingkan dengan tidak menghirup uap sama sekali.

Berikut ini cara menghirup uap panas yang bisa dilakukan:

  • Panaskan air bersih dalam panci bersih di atas kompor
  • Panaskan secukupnya hingga terbentuk uap. Ingat, jangan sampai air mendidih
  • Tempatkan wajah di atas uap selama 20 hingga 30 menit setiap kali Ambil napas dalam-dalam melalui hidung
  • Beristirahatlah jika wajah merasakan terlalu panas
  • Dorong udara keluar dari hidung setelahnya untuk menghilangkan lendir

Terbilang cukup mudah, kan?

 

#3 – Mandi Air Hangat

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Kalau kamu membutuhkan cara yang lebih cepat untuk mengatasi masalah pilek, nah cobalah mandi air hangat – atau bahkan air panas. Mirip dengan melakukan uap terapi wajah, cara yang satu ini juga diyakini bisa membantu mengurangi permasalahan pilek, lho.

Mandi air panas bisa mengurangi meringankan hidung meler dan hidung tersumbat akibat pilek. Selain itu, kalau memungkinkan, kamu bisa melakukannya di permandian air panas – secara alami, cara tersebut akan membuatmu menghirup lebih banyak uap panas, sekaligus membuat otot-otot tubuh lebih rileks.

 

#4 – Menggunakan Neti Pot

Melansir Medical News Today, menggunakan neti pot untuk irigasi hidung adalah pendekatan umum untuk masalah sinus. Neti pot sendiri merupakan perangkat yang terlihat seperti teko kecil. Sepertinya, benda tersebut pun sudah banyak ditemukan di mana saja.

Untuk menggunakannya, kamu harus bersandar di wastafel, memiringkan kepala ke samping, dan menuangkan air dari neti pot ke satu lubang hidung sampai kosong. Jika dilakukan dengan benar, air akan keluar dari lubang hidung yang berlawanan. Kemudian, kamu juga harus mengisi ulang neti pot dan ulangi proses di atas dimulai dari lubang hidung satunya.

Tapi, agar cara ini efektif, pastikan kamu sudah mengikuti petunjuk untuk menggunakan neti pot dengan tepat. Pasalnya, penggunaan yang salah dapat memperburuk kondisi pilek – atau bahkan menyebabkan infeksi sinus. Dan, pastikan menggunakan air steril daripada air keran.

 

#5 – Konsumsi Makanan Pedas

Credit Image - mom.com

Makanan pedas bisa membuat hidung berair semakin parah. Namun, jika kamu juga mengalami gejala hidung tersumbat, makan makanan pedas mungkin bisa membantu. Tapi, kalau kamu tidak terbiasa dengan rasa pedas, cobalah sedikit bumbu pedas terlebih dahulu untuk melihat apakah hal ini bisa membantu dalam meredakan gejala yang dialami.

Kamu dapat mengonsumsi rempah-rempah panas, seperti cabai cayenne, habanero, wasabi, maupun jahe yang bisa menjadi pilihan baik untuk membantu mengatasi hidung meler dan tersumbat. Selain bisa menciptakan rasa panas ketika dikonsumsi, sejumlah rempah-rempah tersebut dapat melebarkan saluran di dalam tubuh dan dapat meredakan masalah sinus.

 

#6 – Mengonsumsi Vitamin C

Mengatasi gejala pilek dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin C, lho. Diketahui, asupan vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi virus, bakteri, maupun kuman.

Untuk memperoleh asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, jambu biji, buah berries, mangga, dan juga nanas. Atau, vitamin C pun bisa diperoleh dari sayuran, seperti brokoli, kale, paprika, dan juga bayam, lho.

Selain itu, mengatasi gejala flu juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi asupan suplemen vitamin C, lho. Nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active, ya. Kedua multivitamin tersebut dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.


Gimana, nih? Keenam tips mengatasi pilek di atas cukup mudah untuk dilakukan, ya? Untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, yuk coba sejumlah cara tersebut!

 

 

Featured Image – yalemedicine.org

Source – kompas.com