Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, termasuk dengan rutin meminum air putih merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, lho. Tanpa adanya asupan air yang cukup, maka tubuh akan sulit menjaga suhu normal, sulit melumasi sendi, hingga tidak bisa membuang zat sisa keringat, urin, dan buang air besar.

Umumnya, kamu sering mendengar saran bahwa individu harus meminum air putih sebanyak 8 gelas air setiap harinya – ini juga setara dengan 1,5 liter. Namun, menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan kalau wanita memerlukan 2,6 liter air, sementara pria butuh sekitar 3,7 liter setiap harinya.

Berikut ini 5 manfaat mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

 

 

#1 – Membangkitkan Otot

Credit Image - lippoinsurance.com

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang.

Lalu, kamu juga perlu air yang banyak saat berolahraga, lho.  Menurut American College of Sports Medicine. Beberapa ahli dari kampus tersebut merekomendasikan bahwa setiap orang harus minum setengah liter air 2 jam sebelum mulai berolahraga.

 

#2 – Menjaga Fungsi Ginjal

Cairan tubuh merupakan “alat transportasi” limbah yang keluar masuk sel. Racun utama dalam tubuh yaitu, nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Saat cairan tubuh mencukupi, urin yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tidak cukup, konsentrasi urin, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Jadi, itulah alasan mengapa kalau kamu kurang minum air putih, maka risiko terkena batu ginjal bakal meningkat, apalagi kalau tinggal di daerah dengan iklim panas maupun hangat.

 

#3 – Memelihara Kinerja Usus

Credit Image - tirto.id

Kalau kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh, maka saluran pencernaan – bahkan, mampu mencegah terjadinya penyakit konstipasi alias sembelit, lho.

Namun sebaliknya, kalau konsumsi air harian tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses – atau tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga akhirnya akan membuat kondisi sulit buang air besar (BAB).

 

#4 – Meningkatkan Energi Tubuh

Perlu diketahui bahwa kekurangan minum air putih juga dapat berdampak pada tingkat energi di dalam tubuh. Jika kamu mengalami dehidrasi, maka bukan tidak mungkin tubuh akan merasakan rasa lelah yang hebat.

Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, sekaligus membuang limbah sisa pencernaan yang tidak diperlukan. Sayangnya, tubuhmu setiap hari mengeluarkan cairan, baik melalui urin, keringat, hingga saat bernapas. Maka dari itu, tingkatkan konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan dengan rajin minum air putih.

 

#5 – Bantu Menurunkan Berat Badan

Credit Image - alodokter.com

Manfaat minum air putih yang satu ini tentunya kabar baik bagi kamu yang sedang menjalani program diet sehat. Minuman baik ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Penasaran?

Nah, air dapat menekan nafsu makan berlebih, meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu olahraga yang kamu lakukan jadi lebih mudah dan lebih efisien. Semua khasiat tersebut nantinya akan berpengaruh pada massa tubuh. Bila ingin hasil lebih optimal, jadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya hidup harian, ya.

Menjaga kesehatan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih secara cukup memang suatu hal yang penting, lho. Namun yang juga perlu kamu lakukan, yakni memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral – cara tersebut juga baik untuk mempertahankan kesehatan, apalagi berkaitan dengan sistem kekebalan.

Kebutuhan vitamin dan mineral bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Wah, mencukupi kebutuhan cairan tubuh memang memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, pastikan sudah memenuhinya setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com