Siapa di sini yang masih suka melewati pendinginan usai melakukan aktivitas olahraga? Kalau Enervoners masih kerap melakukannya, yuk, coba hentikan kebiasaan buruk yang satu ini! Pasalnya, hal tersebut bisa memberikan dampak buruk, bahkan meningkatkan risiko cedera, lho.

Memang, segera berbaring setelah berolahraga terdengar menyenangkan, ya. Tapi sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan bisa merasakan risiko buruknya di kemudian hari, termasuk otot yang lebih mudah terasa sakit.

Tak hanya mencegah risiko cedera, rajin melakukan pendinginan habis berolahraga juga bisa mendatangkan berbagai manfaat baik lainnya. Apa saja?

Berikut ulasannya.

 

 

#1 – Mempercepat Pemulihan Otot

Credit Image - physioaus.com.au

Hal pertama yang bisa dirasakan ketika rajin melakukan pendinginan setelah berolahraga, yaitu otot menjadi lebih cepat pulih. Peningkatan sirkulasi darah yang terjadi melalui pendinginan memungkinkan otot-otot untuk rileks dan menerima oksigen untuk langsung memulihkan dirinya yang habis diajak untuk berlatih.

Ketika denyut jantung menurun setelah berolahraga, kamu memberi waktu pada tubuh untuk benar-benar menerima aliran darah, yang memulai proses pemulihan jauh lebih cepat daripada kalau kamu langsung berhenti dan berbaring untuk beristirahat tanpa melakukan pendinginan terlebih dahulu.

 

#2 – Tubuh Menjadi Lebih Fleksibel

Apakah kamu ingin memiliki tubuh yang lebih fleksibel? Tak hanya rajin melakukan olahraga yang melatih kelentuhan tubuh, namun selalu melakukan pendinginan setelah berolahraga pun dapat membuat tubuh semakinf fleksibel, lho.

Perlu diketahui, memiliki tubuh yang lebih fleksibel tidak hanya memungkinkanmu untuk mampu melakukan beberapa pose yoga yang menarik, tetapi juga akan mengurangi ketegangan otot. Setelah beberapa minggu pendinginan pasca olahraga rutin, kamu akan melihat perbedaan dalam fleksibilitasmu

 

#3 – Mengurangi Risiko Kram

Credit Image - health.kompas.com

Saat kamu menghilangkan asam laktat yang terbentuk saat berolahraga melalui pendinginan, kamu juga merilekskan otot dan membiarkan energi, cairan tubuh dan darah mengalir mengalir tanpa 'tersangkut' di mana saja.

Nah, cairan yang tersangkut itulah yang kerap menjadi penyebab kram. Selain itu, dehirasi juga bisa menjadi faktor penyebab kondisi tersebut, lho. Untuk itu, jangan lupa meminum cukup air sembari melakukan sesi pendinginan, ya.

 

#4 – Melindungi Sendi Tubuh

Tahukah kamu bahwa sendi-sendi di dalam tubuh dikelilingi oleh jaringan otot – dan juga memiliki ikatan otot sendiri? Jadi, sewaktu kamu melakukan pendinginan di area-area tubuhmu yang memiliki sendiri seperti lutut, pinggul dan bahu, kamu mengurangi ketegangan dan kebuntuan di sekitar area tersebut.

Nah, nantinya hal tersebut akan membantu mengurangi tekanan pada bagian sendi – dan memungkinkan sejumlah sendi-sendi tersebut untuk bergerak lebih bebas. Jadi, risiko cedera pun bisa semakin diminimalisir.

 

#5 – Mendinginkan Tubuh

Credit Image - superadventure.co.id

Seperti namanya, pendinginan berguna untuk mendinginkan tubuhmu. Sirkulasi oksigen yang meningkat berarti detak jantung yang lebih rendah, secara bertahap membawa tubuhmu kembali ke denyut istirahat.

Kemudian, kamu membawa tubuh kembali seimbang secara perlahan, yang akan memberikan rasa relaksasi. Untuk itu, pastikan kamu tidak melewatkan kegiatan pasca-olahraga yang satu ini, karena pendinginan punya banyak manfaat yang baik!

Melakukan pendinginan setelah berolahraga memang baik bagi kesehatan tubuh. Agar kegiatan aktivitas fisik makin maksimal, pastikan kamu sudah memperoleh energi yang cukup, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral.

Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Itulah kelima manfaat melakukan pendinginan setelah berolahraga. Pastikan kamu sudah rutin melakukannya, Enervoners!

 

 

Featured Image – klikdokter.com