Tahukah kamu bahwa makanan yang kamu konsumsi sehari-hari juga dapat memengaruhi kondisi suasana hati? Ya, hal ini juga berkaitan dengan stres yang kerap dialami, lho. Misalnya, sering mengonsumsi fastfood – atau junkfood dapat menyebabkan mood memburuk, sehingga kadar hormon stres meningkat.

Ingat, meski banyak jenis makanan yang nikmat di lidah, namun bukan berarti semua makanan merupakan pilihan yang tepat, termasuk membantu meredakan penatnya pikiran. Sebagai ganti, ada baiknya kamu memilih sejumlah makanan yang nyatanya mampu membantu menghilangkan stres.

Sejumlah makanan kaya nutrisi ini memiliki kandungan yang terbukti mendorong penurunan kadar hormon stres kortisol – dan meningkatkan rasa bahagia. Apa saja makanan tersebut?

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Alpukat

Credit Image - healthline.com

Alpukat kaya akan kandungan glutathione, senyawa unik yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Buah hijau yang legit ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak dari buah lainnya.

Untuk mengolahnya, kamu bisa tumbuk halus alpukat dan oles di atas roti panggang hangat, atau olah menjadi pudding manis. Tapi ingat, meski bentuknya buah, alpukat terhitung sebagai asupan lemak. Jadi, bijaklah dalam mengatur porsinya meski makanan ini dapat membantu menghilangkan stres.

 

Buah Berry

Berry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberry dan stroberi khususnya bermanfaat menajamkan kognitif otak sekaligus dapat melindungi jantung. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Tapi semua buah-buahan keluarga berry, termasuk raspberry, blackberry, hingga bahkan tomat, pisang, dan semangka mengandung tinggi vitamin C yang mampu melawan stres. Kamu bisa menjadikan buah berry sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yogurt, sereal, atau bubur oatmeal.

Buah-buahan ini juga mengandung banyak serat dengan kalori yang terbilang rendah, sehingga tak perlu untuk khawatir berat badan akan meningkat jika dimakan dalam jumlah banyak. Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga bisa membuat kenyang lebih lama, lho.

 

Jeruk

Credit Image - refinery29.com

Lebih dari mampu meningkatkan kekebalan tubuh – ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya, namun kandungan vitamin tersebut juga mampu mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut.

Selain itu, mereka dilaporkan bisa lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.

Nah, ada beragam varietas jeruk yang dapat kamu coba untuk membantu mengurangi stres. Misalnya, memakan jeruk secara langsung, atau bisa juga mengolahnya menjadi berbagai bentuk menu yang tetap sehat – dan juga kaya nutrisi.

 

Kacang Mede

Kacang mede dinilai sebagai cemilan terbaik dalam menghilangkan stres di antara jenis kacang lain. Ini karena kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi, per ons kacang mede dapat mencukupi 11 persen kebutuhan harian zinc.

Kadar zinc yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Karena tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka kamu harus mendapatkan asupannya setiap hari.

Kamu pun bisa mengudapnya utuh begitu saja, atau cincang kasar kacang mede dan taburkan di atas roti panggang yang dioles alpukat. Tapi, batasi porsinya sebab kacang mede tinggi kandungan kalorinya.

 

Sayuran Daun Hijau

Credit Image - eatthis.com

Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang kebahagiaan, sehingga membantu Anda tetap tenang.

Sebuah studi tahun 2012 di Journal of Affective Disorders yang mengamati 2.800 orang paruh baya dan lansia mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak folat memiliki risiko gejala depresi lebih rendah daripada mereka yang makan paling sedikit.

Studi lain di tahun 2013 dari Universitas Otago menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik pada hari-hari mereka makan lebih banyak buah dan sayuran.

Tak hanya dengan mengonsumsi sejumlah makanan di atas, mengurangi stres – atau memperbaiki suasana hati juga bisa dilakukan dengan memperoleh asupan vitamin B6, lho.

Jenis nutrisi yang satu ini dapat membantu memelihara kesehatan fungsi saraf – yang sering dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini punya peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang.

Sehingga, kekurangan bitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Selain dari keenam makanan di atas, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dengan rutin mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Nah, itulah kelima jenis makanan yang mampu membantu mengatasi stres. Kalau kamu tengah mengalaminya, yuk, coba konsumsi sejumlah asupan di atas!

 

 

Featured Image – eathappyproject.com

Source – hellosehat.com