Memiliki kesadaran untuk menyisihkan uang dan ditabung memang seharusnya dimiliki setiap individu. Bahkan, hal tersebut harus diterapkan sedini mungkin. Pasalnya, kalau kamu sudah terbiasa mengeluarkan uang dengan mudah – alias boros, maka akan semakin sulit pula mengatur alur keuangan dan menabung.

Lantas, apakah kamu masih suka boros? Kalau begitu, ada sejumlah cara menabung yang benar – dan patut kamu terapkan secepat mungkin. Tak perlu khawatir, tips-tips tersebut termasuk mudah serta sederhana, kok.

Untukmu yang penasaran mengenai cara menabung yang benar bagi orang boros, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Buat Catatan Pendapatan dan Pengeluaran

Credit Image - blog.bham.ac.uk

Salah satu masalah yang biasa dialami orang yang boros adalah tidak sadar ke mana uang mengalir. Untuk itu, sejak hari pertama gajian, pastikan kamu membuat catatan yang berisi pemasukan dan pengeluaranmu sehari-hari.

Nah, cara menabung yang benar satu ini akan membuatmu sadar apabila ada yang salah dengan pos pengeluaran selama ini, misalnya biaya untuk nongkrong – dan juga jajan yang sudah berlebihan, pengeluaran untuk membeli barang yang kurang penting, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, harapannya kamu bisa melakukan evaluasi dan mereduksi pengeluaran yang tidak penting.

 

Tentukan Target, Tapi yang Masuk Akal

Cara menabung yang benar berikutnya, yaitu menentukan target. Hal ini akan meningkatkan semangat dalam menabung. Tapi, pastikan kamu memiliki target yang masuk akal, ya. Seperti, tetapkan target bahwa selama satu tahun ini kamu akan mengumpulkan uang sejumlah Rp20 juta, akan membeli mobil dalam tiga tahun ke depan, memiliki tanah dan rumah di usiamu yang ke sekian tahun, atau berangkat haji pada tahun sekian.

Dengan begitu, kamu akan merasa memiliki tujuan dalam mengumpulkan uang. Dan, target yang masuk akan bisa membuatmu tetap semangat nabung, alih-alih malas, karena merasa gagal mencapai target yang sudah dibuat sendiri.

 

Buatlah Dua Rekening

Credit Image - infokomputer.grid.id

Buat catatan kebutuhan tiap bulannya, pastikan kamu membuat catatan yang benar-benar berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya, penghasilan bulanan adalah Rp5 juta, dan pengeluaranmu adalah Rp2 juta. Dari situ, tiap kali kamu menerima gaji, langsung bagi gaji bulananmu menjadi 2 bagian.

Untuk kebutuhan sehari-hari, sisihkan Rp2,2 atau 2,5 juta di rekening dengan fasilitas ATM. Sedangkan sisanya, segera tabung dalam rekening yang tidak memiliki fasilitas ATM. Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk mengambil tabungan yang tidak diberi fasilitas tersebut.

 

Simpan Uang Dalam Bentuk Logam Mulia

Kalau kamu masih merasa gemas – atau tidak tahan untuk berbelanja ketika melihat nominal yang yang dimiliki di rekening, maka sudah saatnya kamu beralih menyimpan harta dalam bentuk logam mulia, seperti emas.

Cara menabung yang benar ini juga sebagai bentuk investasi, lho. Sisakan uang di rekeningmu untuk bertahan hidup satu hingga tiga bulan ke depan agar kamu tidak tergoda untuk berbelanja, dan sisanya segera gunakan untuk membeli logam mulia.

Selain itu, dengan menyimpan harta dalam bentuk logam mulia sebenarnya kamu telah mengamankan nilai uangmu. Sebab, dari waktu ke waktu harga logam mulia semakin mahal.

 

Hindari Kebiasaan Berhutang

Credit Image - muslima.hops.id

Saat kamu membeli barang dalam bentuk hutang atau kredit, maka kamu akan dikenakan bunga yang membuat pengeluaranmu makin besar. Ditambah lagi sistem kredit ini kadang membuat kamu lebih mudah dalam mengeluarkan uang.

Untuk itu, demi menerapkan cara menabung yang benar, sangat disarankan untuk menghindari segala jenis hutang, termasuk penggunaan kartu kredit yang membuat pengeluaranmu jadi tak terduga. Biasakanlah untuk membeli barang saat kamu sudah memiliki uang yang cukup.

 

Carilah Lingkungan yang Mendukung

Cara menabung yang benar terakhir bagimu yang boros, pastikan kamu sudah berada dalam lingkungan yang mendukung. Ini juga berperan untuk menjaga motivasimu dalam menabung, lho. Untuk menerapkannya, kamu bisa bergabung dalam grup-grup yang dapat mendukung target yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Misalnya, grup penggemar logam mulia, tanah dan rumah, calon haji, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu akan selalu diingatkan oleh target yang sudah kamu tetapkan dan makin semangat untuk mencari uang dan menabung agar target tersebut cepat terealisasikan.

Menerapkan cara menabung yang benar memang penting, kan? Tapi, biar kamu makin fokus dalam kegiatan menabung, pastikan sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian, ya. Tentu saja, hal ini tidak kalah penting dibandingkan tips lainnya, lho.

Untuk itu, kamu direkomendasikan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama menabung, lho.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Jadi, kamu dapat tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu mendapatkannya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keenam cara menabung yang benar untukmu yang masih suka boros. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – bisnismuda.id