Enervoners, kamu pasti tahu bahwa memulai bisnis merupakan hal yang gampang-gampang susah. Setuju, kan? Tentu saja, ungkapan tersebut juga berlaku bagi yang ingin menjalani bisnis startup, lho. Tapi, jangan khawatir, buatmu yang tertarik berkecimpung dalam bidang bisnis tersebut, berikut ini ada tips yang dapat dijalani.

Startup merupakan memulai sebuah usaha tertentu dengan gerakan yang cepat – dan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia. Nantinya, tahap pengembangan dan tujuan dari bisnis ini, yaitu menciptakan perusahaan yang besar.

Perbedaannya dengan usaha biasa, bisnis startup menekankan pada pemberian solusi atau disebut juga sebagai problem solving untuk suatu permasalahan tertentu. Untuk itu, bagi kamu yang tertarik menjalani bisnis ini, tentu dibutuhkan keseriusan dan pemahaman tersendiri, ya.

Sebelum memulai bisnis startup, yuk tengok dahulu 5 tips sukses menjalaninya berikut ini!

 

 

#1 – Mantapkan Niat

Credit Image - digitalbisnis.id

Hal pertama yang wajib dimiliki, yakni niat yang kuat. Ya, aspek ini penting dalam menjalani bisnis apapun, termasuk bisnis startup, lho. Lagi pula, bagaimana mau menalani bisnis kalau niatnya tidak sampai 100 persen?

Untuk itu, sebelum memulainya, kamu harus memantapkan niat terlebih dahulu. Dari niat pasti akan lahir keseriusan serta harapan dan mimpi-mimpi di masa yang akan datang. Niat yang kokoh juga akan membuat emosi kamu stabil ketika menghadapi permasalah tertentu.

Terkadang, kamu hanya perlu untuk mengingat niat kamu kembali saat ada masalah. Benar, kan?

 

#2 – Buat Rencana Bisnis

Ingatlah, tidak ada suatu bisnis yang mampu berjalan tanpa adanya sebuah rencana. Hal ini juga bukan saja apa yang kamu tulis di atas kertas dengan banyak gambar dan coretan, lho. Namun, ketika kamu memikirkan sesuatu mengenai bisnis startup yang akan dijalani – hal tersebut juga termasuk dalam rencana.

Selain itu, rencana tak harus selalu muluk-muluk. Cukup Menyusun rencana yang sederhana saja – dan pastikan kamu bisa melakukannya secara maksimal. Cara ini akan lebih berhasil dibanding membuat rencana yang berlebihan, namun tidak mampu menjalaninya.

 

#3 – Memilih Produk Dibutuhkan Banyak Orang

Credit Image - economy.okezone.com

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis startup, memilih produk maupun jasa juga harus diperhatikan dengan baik. Ingat, jangan sampai sudah membuat perencanaan matang mengenai pemasaran – dan hal-hal lainnya, namun kamu justru melewati hal yang tak kalah penting, yaitu pemilihan produk.

Pastikan produk yang dipilih diminati pasar, ya. Memang, ide unik dan kreatif dapat menarik perhatian banyak orang. Tetapi, tak selamanya hal tersebut akan mendapat respons yang baik dari pelanggan. Jadi, pikirkan produk yang disukai pasar dan cocok bagi berbagai kalangan.

 

#4 – Mencari Rekan Kerja

Pepatah pernah mengatakan kalau jika satu kepala dapat menghasilkan 10 ide segar, bayangkan jika ada 10 kepala – maka akan terlahir ratusan ide kreatif. Tapi, apa sih arti – dan kaitannya dengan membangun bisnis startup?

Nah, dalam hal ini kamu tentu membutuhkan tim yang solid dan saling mengerti satu sama lain, baik dalam urusan perasaan dan pikiran. Tim yang punya ide serasi dan klop bukan berarti tim yang sempurna, lho. Ini berarti tim selalu menawarkan hal yang sama – alias sama saja isi kepala tersebut tidak bekerja.

Untuk itu, kamu disarankan mencari rekan kerja yang dapat menghasilkan ide-ide cemerlang, atau yang berbeda dari lainnya.

 

#5 – Hindari Mudah Merasa Puas

Credit Image - pawoon.com

Mungkin, keberhasilan dalam membangun bisnis startup dapat kamu rasakan dalam waktu yang singkat. Tapi, jangan biarkan hal tersebut membuatmu menjadi seseorang yang gampang puas, ya. Hati-hati, ketika merasa puas, maka kamu pun ingin mempertahankannya.

Akibanya, kamu akan selalu khawatir akan ide-ide baru. Dari sini, kamu bisa berhenti berinovasi lantaran sudah puas dengan yang dimiliki. Hal tersebut berbahaya, kan? Padahal, inovasi selalu dibutuhkan, karena target pasar akan terus berkembang.

Selain menjalani kelima tips di atas biar proses membangun bisnis startup makin maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian agar stamina tubuh tetap terjaga.  Untuk memperoleh kedua nutrisi tersebut, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh, sekaligus mengoptimalkan sistem kekebalan agar tidak mudah lelah!

Dan pastinya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini dapat membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Satu lagi nih, kamu juga tidak perlu khawatir untuk minum Enervon Active, karena kandungan non-acidic Vitamin C dalam Enervon Active juga aman untuk lambung yang sensitif. Dan, agar manfaatnya semakin terasa, konsumsi Enervon Active dua kali sehari, ya.

 

Wah, gimana nih? Apakah kamu makin tertarik untuk menjalani bisnis startup? Agar sukses, pastikan kamu sudah memerhatikan kelima hal di atas terlebih dahulu, ya!

 

 

Featured Image – vizz.co.id