Tahukah kamu bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang sosok pemimpin? Hal ini benar adanya, lho. Asalkan, kamu bisa melatih keterampilan tersebut – dan jangan lupakan berbagai karakteristik yang penting dimiliki, dijamin kamu bisa menjadi pemimpin yang baik!

Diketahui, dalam perjalanan hidup, kamu pasti pernah melihat sejumlah pemimpin yang baik dan hebat. Baik dalam urusan korporasi, sosial, hingga dunia politik. Pemimpin tersebut cenderung bisa menarik orang-orang di sekelilingnya dan menginspirasi mereka untuk mengikuti keputusan yang ia ambil.

Nah, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, maka setidaknya ada 5 karakteristik yang sebaiknya dimiliki. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Memiliki Tingkat Keingintahuan Tinggi

Credit Image - glints.com

Pemimpin yang baik dapat membangun hubungan dengan orang lain secara alami, serta memiliki rasa ingin tahu terhadap kondisi di sekitarnya. Keingintahuan tersebut memungkinkan kamu untuk berinteraksi dan mendengarkan baik-baik perkataan orang lain serta memahami sudut pandangmu.

Dari sini, kamu bisa mengembangkan rasa empati dan memahami sesama. Hal ini merupakan kunci untuk mengetahui alasan pemikiran orang lain, apa yang penting bagi mereka, dan cara memahami suatu situasi, lho.

Hal ini memungkinkan para pemimpin hebat memandu dengan rasa empati dan kepedulian, serta terbuka terhadap ide-ide baru, yang dapat membangun hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang bekerja bersamanya.

 

#2 – Kesadaran Diri

Pemimpin yang baik dapat memahami dengan maksimal mengenai kondisi emosional dalam dirinya. Kamu akan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada. Memiliki tolok ukur yang akurat seperti ini memungkinkan para pemimpin mengenali kemampuan dan keterbatasannya, sehingga dapat memanfaatkan saran atau pertimbangan bawahannya di waktu yang tepat untuk menunjukkan fleksibilitas dan kerendahan hatinya.

Selain itu, pemimpin dengan karakteristik ini dapat mengetahui ketika kamu berada dalam konsentrasi penuh dan ketika sedang lelah. Dengan demikian, kamu mampu mencapai tujuan sesuai kemampuan dan potensi maksimal.

 

#3 – Komunikasi yang Jelas

Credit Image - karirgogo.com

Kemudian, pemimpin yang baik juga memiliki kemampuan menyuarakan ide dan arahannya tanpa menyisakan keraguan. Mengetahui apa yang ingin kamu capai sering kali tampak jelas di dalam pikiran, namun jika penjelasanmu disertai dengan ekspresi kosong, maka kemungkinan besar akan ada masalah dalam mengkomunikasikannya.

Masalah dalam berkomunikasi seperti ini harus diatasi dengan baik, karena para pengikut cenderung mudah kehilangan kepercayaan kepada pemimpin yang tidak mampu mengekspresikan diri dengan jelas. Dari sudut pandang para pemimpin, jika kamu tidak mampu menyampaikan visinya kepada anggota tim, produk yang dihasilkan kemungkinan besar tidak akan memuaskan, lho.

 

#4 – Bisa Memberi Motivasi

Karakteristik yang satu ini juga patut dimiliki oleh seorang pemimpin, lho. Menjadi pemimpin yang baik tidak hanya sekedar memerintah orang lain saja. Namun, bisa menginspirasi pengikutnya untuk bertindak dan membantu – sekaligus bekerja bersamamu.

Kunci untuk mencapai hal ini, yaitu memupuk keinginan untuk membantu orang lain. Di saat orang lain merasakan bahwa kamu berniat tulus membantu anggota tim, sebaliknya mereka pun akan termotivasi untuk bertindak dan membantu saat dibutuhkan.

 

#5 – Menguasai Cara Mendekati

Credit Image - femina.co.id

Tidak semua orang berfungsi dengan cara yang sama. Hal ini mungkin terdengar seperti konsep dasar, namun, sering kali diabaikan oleh seseorang yang posisinya naik menjadi pemimpin.

Hal-hal seperti sudut pandang budaya, latar belakang pendidikan, keterbatasan bahasa, sifat pribadi, dan beragam latar belakang yang ada, semuanya akan mempengaruhi cara suatu informasi diproses dan diartikan.

Sebagai contoh, beberapa orang mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan, sementara sebagian orang lainnya tidak. Beberapa orang memberikan respons baik terhadap spontanitas, sementara lainnya menganggap hal itu sebagai penolakan dan justru malah menutup diri.

Nah, untuk mencapai efektivitas yang optimal sebagai pemimpin, seseorang harus mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan pendekatannya secara individual, yang dirancang khusus untuk menghadapi situasi tertentu.  

Memang, melatih menjadi sosok pemimpin yang baik bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, namun agar kegiatan belajar tersebut semakin maksimal, pastikan kamu sudah selalu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang sakit. Ini juga penting biar semakin produktif.

Untuk itu, kamu disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Multivitamin ini mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah memahami sejumlah karakteristik pemimpin yang baik, ya. Lantas, sudahkah dirimu memiliki sejumlah tanda-tanda di atas?

 

 

Featured Image – cermati.com