Selama musim hujan berbagai macam penyakit lebih mudah menyerang, tak terkecuali demam berdarah – atau yang dikenal juga sebagai DBD. Jangan disepelekan, kasus penyakit ini termasuk tinggi terjadi di Asia, bahkan Indonesia, lho.

Mencegah demam berdarah memang terlihat sedikit rumit, apalagi tidak ada yang tahu kapan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa penyakit ini akan datang. Namun, pencegahan DBD bukanlah hal yang tak mungkin, kok.

Selain dengan menjaga kebersihan lingkungan, kamu juga perlu mempertahankan kekebalan tubuh yang berperan besar dalam menghindari berbagai macam penyakit, tak terkecuali demam berdarah. Ingatlah, imunitas lemah bisa meningkatkan risiko DBD.

Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan? Berikut ini 4 cara mudah dan sederhana yang bisa diterapkan. Simak selengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

#1 – Mengonsumsi Buah, Sayur, dan Sumber Protein

Credit Image - health.detik.com

Yang pertama, kamu bisa melindungi daya tahan tubuh dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar bekerja dengan normal merupakan target utama yang perlu dicapai.

Mencegah demam berdarah dengan cara banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tubuh memerlukan berbagai jenis nutrisi dan gizi yang berasal dari makanan untuk meningkatkan sistem imun, enzim, dan sel.

Ada pun berbagai macam makanan yang bisa mempertahankan kekebalan tubuh, yaitu:

  • Buah-buahan: Jambu biji, jeruk, lemon, pepaya, kiwi, dsb.
  • Sayuran: Brokoli, bayam, paprika, jamur, dsb.
  • Protein: Daging putih/unggas, ikan tuna, salmon dan kembung, dsb.

Tidak ada anjuran dalam cara mengolah makanan yang telah disebutkan. Untuk buah-buahan yang terkadang sulit didapatkan, kamu dapat mencari alternatifnya, seperti yang sudah berbentuk jus.

 

#2 – Rajin Berolahraga

Olahraga memiliki beberapa manfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mencegah demam berdarah. Saat tubuh aktif berolahraga, kualitas tidur menjadi lebih baik yang kemudian berdampak juga dalam menurunkan tingkat stres.

Usahakan untuk olahraga secara rutin. Tidak perlu terlalu berat, contohnya seperti cukup berjalan santai selama 30 menit per hari. Rutin berolahraga dapat membantu daya tahan tubuh melawan infeksi, termasuk demam berdarah.

 

#3 – Mengelola Stres Dengan Baik

Credit Image - suara.com

Stres yang berlebihan dapat membuat fungsi daya tahan tubuh menurun. Selain olahraga, kamu melakukan beberapa kegiatan untuk mengendalikan stres dengan:

  • Belajar untuk meditasi
  • Lebih banyak bersosialisasi
  • Tidur yang cukup
  • Pertimbangan untuk melakukan konseling jika memang dibutuhkan

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang aktif bersosialisasi – baik hanya teman dekat atau banyak, memiliki imunitas yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang kesepian. Bersosialisasi tak hanya dapat menghindarkan kamu dari stres, tetapi menjaga kekuatan daya tahan tubuh juga.

 

#4 – Memperoleh Waktu Istirahat Cukup

Tidur memungkinkan tubuh untuk menjaga konsistensi kesehatan. Saat tubuh kekurangan durasi tidur yang bersifat untuk mengembalikan kebugaran ini, keseimbangan hormon jadi terganggu yang berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh.

Meski para peneliti belum dapat membuktikan hubungan antara tidur dan daya tahan tubuh, sudah jelas bahwa mendapat tidur yang cukup, biasanya 7 sampai 9 jam untuk orang dewasa, ini merupakan kunci dari kesehatan, lho.

 

#5 – Mengonsumsi Multivitamin Untuk Kuatkan Imunitas

Credit Image - medicalnewstoday.com

Untuk menguatkan kekebalan tubuh, kamu juga sangat disarankan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian – apalagi yang berkaitan dengan vitamin C dan vitamin B kompleks. Pasalnya, kombinasi keduanya bisa memaksimalkan kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk DBD.

Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, itulah kelima tips sederhana – dan mudah diterapkan untuk mempertahankan imunitas tubuh agar terhindar dari serangan demam berdarah. Nah, selama musim hujan ini, pastikan kamu sudah melakukan sejumlah tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id