Menggunakan masker selama pandemi Covid-19 merupakan salah satu langkah memperoleh vaksin.

Baik ketika beraktivitas di dalam maupun luar ruangan, setiap orang memang dianjurkan menggunakan masker. Tidak hanya bertujuan untuk mencegah penularan virus, tetapi memakai masker juga memiliki berbagai manfaat baik lainnya.

Setidaknya ada 3 manfaat lainnya yang bisa diperoleh dengan menggunakan masker. Apa saja? Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

#1 – Mengurangi Risiko Penularan Penyakit

Credit Image - kompas.com

Jika kamu sudah benar dalam menggunakan masker, maka hal ini bisa mengurangi risiko penularan penyakit, termasuk Covid-19. Dijelaskan oleh seorang ahli alergi dari Jaringan Alergi & Asma – dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran di NYU Grossman School of Medicine, Purvi Parikh mengatakan bahwa masker bedah dan penutup kain dapat mengurangi penularan virus hingga 70% jika semua orang memakainya dengan benar di hidung dan mulut.

Mengutip Mayo Clinic, penggunaan masker yang benar, yakni dengan memastikan bahwa masker dipasang dengan baik pada kontur wajah untuk mencegah kebocoran udara di sekitar tepi masker. Jadi, masker harus pas di hidung, mulut dan dagu, tanpa celah.

Selain mengenakan masker bedah, medis, maupun sekali pakai, kamu juga bisa melapisinya dengan masker kain sehingga perlindungan lebih baik. Dalam hal ini, masker kain harus menekan tepi masker sekali pakai ke wajah.

Efektivitas masker juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan, penyimpanan, dan cara membersihkannya. Untuk itu, ikuti sejumlah langkah ini agar pemakaikan masker semakin maksimal.

Cuci atau bersihkan tangan sebelum dan sesudah memakai masker.

  • Letakkan masker di atas mulut, hidung, dan dagu.
  • Ikat di belakang kepala atau gunakan loop telinga. Pastikan masker benar-benar pas.
  • Jangan menyentuh masker saat memakainya.
  • Jika secara tidak sengaja menyentuh masker, cuci atau bersihkan tangan.
  • Jika masker menjadi basah atau kotor, gantilah dengan yang bersih. Masukkan masker bekas ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat sampai bisa membuangnya atau mencucinya.
  • Lepaskan masker dengan membuka ikatannya atau melepas penutup telinga tanpa menyentuh bagian depan masker atau wajah.
  • Segera cuci tangan setelah melepas masker.
  • Cuci masker kain secara teratur di mesin cuci atau dengan tangan.

 

#2 – Mencegah Penyebaran Tanpa Gejala

Credit Image - republika.co.id

Manfaat memakai masker selanjutnya, yaitu dapat mencegah penyebaran virus corona tanpa gejala. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), diperkirakan 50% penularan terjadi sebelum orang mengembangkan gejala Covid-19.

Beberapa penelitian, termasuk jurnal Nature yang dikutip dari AARP Foundation, juga telah menemukan bahwa lebih dari 40% orang dengan infeksi virus corona tidak pernah mengalami gejala COVID-19. Hal ini membuatnya sangat sulit untuk mendeteksi siapa yang berpotensi menularkan virus.

Oleh sebab itu, mengenakan masker adalah cara mudah untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi tanpa disadari, terutama mereka yang lebih mungkin sakit parah jika terinfeksi virus corona. Selain menggunakan masker, kamu juga sebaiknya tetap mematuhi aturan jarak sosial dan mempraktikkan kebersihan tangan yang baik.

 

#3 – Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain

Credit Image - semenpadanghospital.co.id

Tidak hanya melindungi diri sendiri dari virus corona, manfaat memakai masker juga dapat dirasakan oleh orang lain di sekitar. Pasalnya, masker dapat mencegah diri dan orang lain dari droplets dari bersin, batuk, atau berbicara yang bisa terpapar virus corona.

Semakin banyak orang yang memblokir penularan virus dengan masker, maka akan semakin sedikit virus yang beredar di masyarakat. Hal ini tentu saja dapat mengurangi risiko setiap orang untuk terinfeksi. Beberapa penelitian pun telah menyoroti kekuatan penggunaan masker oleh masyarakat secara luas.

Sebuah laporan yang diterbitkan di Health Affairs, misalnya, menemukan bahwa negara bagian dengan mandat masker memiliki penurunan tingkat pertumbuhan Covid-19 harian yang lebih besar dibandingkan dengan negara bagian yang tidak mengeluarkan aturan tersebut.

Tak hanya menggunakan masker saja – dan menghindari sejumlah kesalahan di atas, namun agar semakin maksimal dalam menghindari paparan virus, kamu juga harus melakukan langkah pencegahan lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Selain itu, direkomendasikan pula untuk minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah ketiga manfaat penggunaan masker selama pandemi. Pastikan kamu selalu memakainya ketika bepergian – dan lengkapi dengan cara pencegahan lainnya!

 

 

Featured Image – voi.id

Source – orami.co.id