Sudah bukan rahasia lagi, sarapan merupakan sumber energi untuk memulai hari. Tanpa adanya sarapan, tubuhmu bisa menjadi mudah lelah, hingga memicu meningkatnya porsi makan ketika waktu jam makan siang tiba.

Namun, yang juga perlu diperhatikan, yaitu menu makanan yang dipilih. Jangan sampai kamu sembarangan mengonsumsi makanan di pagi hari, karena hal tersebut dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imunitas yang kuat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah infeksi virus maupun bakteri, keracunan makanan, sampai kehilangan energi.

Berikut ini 5 pola makan ketika sarapan yang bisa melemahkan daya tahan tubuh – dan pastikan kamu segera menghindarinya, ya.

 

 

#1 – Terlalu Banyak Gula

Credit Image - thedailymeal.com

Asupan gula yang berlebihan memang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tentu saja, hal tersebut bisa merugikan kesehatan, sekaligus membuatmu mudah terserang berbagai macam penyakit, kan?

Memang, kudapan roti dengan taburan meses yang disiram susu kental manis memang terlihat menggoda di pagi hari. Namun, kandungan gula yang tinggi justru bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Gula yang tinggi juga bisa meningkatkan berat badan dan menaikkan kadar gula darah. Kondisi ini bisa memicu banyak penyakit, lho.

 

#2 – Karbohidrat Olahan

Dikutip dari Eat This, karbohidrat olahan seperti pancake atau wafel juga bisa merusak daya tahan tubuh. Studi yang dipublikasikan di Nature Communications menunjukkan kandungan fruktosa yang tinggi bisa meningkatkan inflamasi yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jenis makanan fast food memang banyak yang menyediakan menu sarapan. Namun, sebaiknya kamu hindari kudapan yang satu ini, ya. Jenis makanan tersebut sangat tinggi akan kalori, kaya akan lemak jenuh berbahaya, natrium, dan gula yang tak baik untuk kekebalan tubuh. Bahkan, makanan ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan gangguan pada jantung.

 

#3 – Rendah akan Serat

Credit Image - newtechzz.com

Makanan berserat dapat meningkatkan daya tahan tubuh – atau disebut juga sebagai sistem imunitas. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa bagian di dalam usus yang bertugas mencegah terjadinya infeksi – atau serangan patogen dari luar.

Berbagai jaringan limfoid yang kaya akan sel imun, seperti sel T, sel plasma, sel mast, sel dendritik, dan makrofag – sangat banyak ditemukan di usus. Begitu pula dengan penghalang kuat terhadap sumber penyakit, hal tersebut bisa ditemukan pada dinding usus, lho. Ditambah lagi dengan aktivitas bakteri baik yang berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan.

Untuk itu, jika kamu terserang penyakit, ada kemungkinan sistem imun dalam usus sedang diserang. Sebab, sebagian besar sistem pertahanan tubuhmu berada di saluran pencernaan. Jadi, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsi makanan berserat – agar sistem pencernaan tetap sehat, serta terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Nah, kalau kamu mengonsumsi sarapan yang rendah akan kandungan serat, maka hal ini juga bisa melemahkan kekebalan tubuh. Serat baik untuk bakteri yang terdapat dalam sistem pencernaan. Seperti yang sudah dijelaskan, nantinya bakteri tersebut akan mendukung sistem imunitas menjadi lebih baik lagi.

 

#4 – Tak Mengonsumsi Protein

Kandungan protein juga penting dalam proses pembentukan sistem kekebalan. Nutrisi ini merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh, lho. Bahkan, protein pun dapat membantu menurunkan berat badan, karena memiliki kemampuan untuk memengaruhi hormon lapar dan kenyang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dari 15 persen menjadi 30 persen kalori – dapat membantu seseorang makan lebih sedikit. Selain itu, asupan protein tinggi juga akan meningkatkan kalori yang dibakar, hingga 80-100 kalori per hari.

Dan, protein dapat membantu mempertahankan massa otot yang menentukan laju metabolisme. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah hilangnya massa otot – yang mungkin terjadi selama proses penurunan berat badan, serta seiringnya bertambah usia.

 

#5 – Porsi yang Berlebihan

Credit Image - asianfoodnetwork.com

Apakah kamu masih gemar makan pagi dalam porsi yang berlebihan? Jika iya, ada baiknya segera menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, ya. Dalam setiap waktu makan, memang kamu dianjurkan memerhatikan porsi makan secukupnya.

Porsi dan kalori makan ketika sarapan tak boleh berlebihan. Pasalnya, hal tersebut memiliki kaitan erat dengan risiko obesitas. Nantinya, ketika kelebihan berat badan, maka bukan tidak mungkin daya tahan tubuh ikut melemah.

Wah, mengonsumsi sarapan memang baik buat kesehatan tubuh, asalkan kamu sudah menerapkan pola makan yang tepat.

Namun, agar kebugaran tubuh semakin terjaga, kamu disarankan pula untuk memenuhi kebutuhan sejumlah vitamin dan mineral – yang baik untuk menjaga kekebalan, sekaligus memberi energi yang cukup.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin dan mineral sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Nah, kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Jadi, itulah kelima pola makan ketika sarapan yang harus kamu hindari. Karena, menerapkan sejumlah kebiasaan di atas hanya akan melemahkan daya tahan tubuhmu saja, lho.

 

 

Featured Image – rukita.co

Source – cnnindonesia.com