Menikmati hari libur, baik dengan melakukan berbagai kegiatan di rumah saja maupun bepergian ke suatu tempat memang menyenangkan, ya. Hal ini juga dikenal ampuh untuk menyegarkan pikiran setelah suntuk bekerja, lho.

Sayangnya, tak sedikit individu yang terlalu asyik menikmati liburan sehingga kesehatan tubuh pun terabaikan. Mulai dari waktu tidur yang berantakan – dan pastinya pola makan yang kerap terlupakan atau justru kalap.

Padahal menjaga kesehatan tubuh selama berlibur juga tak kalah pentingnya. Dengan demikian, ketika kembali bekerja, tubuh tetap dalam keadaan bugar. Untuk itu, kamu disarankan menerapkan sejumlah pola makan sehat ketika momen tersebut, nih.

Lantas, apa saja pola makan yang dimaksud? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Hindari Melewatkan Sarapan

Credit Image - bola.com

Entah itu saat melakukan rutinitas sehari-hari, atau saat liburan sekalipun, sarapan adalah sesuatu yang sangat penting. Selain memberi energi pada tubuh saat memulai hari, sarapan juga menjadi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat bepergian

Menu sarapan yang sehat pun sangat mudah didapatkan, bahkan ketika kamu tengah berada di bandara sekalipun. Misalnya saja, kamu bisa mengonsumsi pisang dan greek yoghurt sebagai menu sarapan sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata.

 

Buatlah Jadwal Makan

Saat sedang berlibur, tak jarang kita juga sering kalap dan menyantap makanan dengan porsi yang lebih banyak dibanding hari biasa. Tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi mereka yang tengah menjalani diet. Apalagi, budget bisa membengkak hanya karena sering membeli makanan ketika bepergian, lho.

Untuk menghindari masalah tersebut, cobalah untuk tidak berlebihan, baik saat membeli maupun menyantap makanan. Lalu, buatlah jadwal waktu makan dalam daftar itinerary perjalananmu. Bila perlu, beri informasi yang lebih rinci dan tentukan lokasi tempat makan yang ingin kamu tuju di tiap waktu makanmu.

 

Memasak Sendiri Juga Disarankan

Credit Image - food.detik.com

Jika kamu tengah menginap di homestay atau villa yang dilengkapi dengan dapur, maka sebaiknya masaklah sendiri berbagai makanan untuk disantap. Selain bisa lebih mengontrol kualitas bahan makanan yang akan dimasak, kamu juga bisa mengontrol porsi makanmu agar tetap sehat dan seimbang.

Yang sudah pasti, dengan memasak makanan sendiri selama liburan – ketimbang memilih makan di restoran terus menerus, kamu pun dapat menekan budget ketika bepergian. Dijamin, bakal lebih hemat, kan?

 

Membawa Persediaan Air Minum

Saat sedang bepergian, sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, terutama bila tempat wisata yang kamu tuju cukup banyak. Sayangnya, hal yang satu ini seringkali terlupakan, bahkan diabaikan, lho.

Apakah kamu masih suka menerapkan kebiasaan tersebut? Kalau iya, coba segera hentikan. Pasalnya, tidak memperoleh asupan cairan yang cukup, apalagi saat sedang traveling, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi. Karenanya, pastikan untuk selalu membawa tempat minum, sehingga kamu bisa memberi asupan cairan pada tubuh secara berkala.

 

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Credit Image - tribunnews.com

Pergi berlibur bukan berarti lantas melupakan asupan nutrisi pada tubuh. Ya, saat liburan, kamu justru lebih banyak menyantap makanan junk food ketimbang jenis makanan sehat. Alasannya, karena simpel dan mudah untuk didapatkan.

Padahal, ketika bepergian jauh, nutrisi yang dibutuhkan tubuh justru lebih banyak. Usahakan untuk tetap mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin untuk membuat tubuhmu tetap sehat. Selain itu, beberapa jenis sayuran yang tinggi serat dan cairan juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah kamu kalap untuk menyantap lebih banyak makanan saat traveling.

Nah, selain mengonsumsi sayuran, asupan nutrisi, terutama vitamin dan mineral selama berlibur juga bisa diperoleh dengan rajiin meminum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Enervon-C mengandung yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Atau, buat kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, maka direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, sejumlah multivitamin Enervon juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi untuk tubuh, lho. Manfaat yang satu ini, sudah pasti karena kandungan vitamin B kompleks di dalamnya ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai 5 pola makan sehat selama liburan yang sebaiknya segera diterapkan. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan bugar, ya!

 

 

Featured Image – hola.com