Enervoners, memiliki resolusi tahun baru sepertinya menjadi tradisi bagi setiap individu. Apakah kamu sudah menyusunnya? Jika belum, biar tak asal membuat – dan hanya berakhir sebagai wacana saja, ada baiknya kamu menyimak sejumlah tips berikut ini, lho.

Perlu diketahui, resolusi tidak hanya mencakup soal jenjang karir, hingga berbagai goals lainnya yang ingin segera kamu capai di tahun mendatang.

Lalu, apa saja ya tips yang bisa dilakukan agar resolusi tahun baru bisa dijalani dengan lancar? Berikut ini 7 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Gunakan Metode SMART

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Apa itu metode SMART? Ini merupakan salah satu cara mudah menentukan tujuan. Nah, melansir New York Times, cara ini bisa kamu terapkan saat sedang membuat resolusi tahun baru, lho. Buatmu yang masih bingung, ini singkatan dari SMART yang perlu diketahui.

  • specific, jelas, pilih “aku ingin lari pagi setiap hari” bukannya “aku ingin hidup lebih sehat”
  • measurable, pilih “aku ingin berat badanku 50 kilogram” alih-alih “aku ingin berat badanku naik”
  • achievable, jangan targetkan punya tabungan terlalu banyak jika pengeluaran penting masih tinggi
  • relevant, pilih yang cocok denganmu, bukannya ikut-ikutan saja
  • time-bound, jangan merencanakan berat badan turun 10 kilogram dalam 1 minggu, beri waktu yang sehat dan realistis

 

#2 – Mulai dari yang Kecil Dahulu

Memang, resolusi sebaiknya mencakup hal yang besar – bahkan, bisa menggebrak kebiasaanmu selama ini. Namun, jangan terlalu berlebihan, lho. Hindari membuat resolusi yang terlalu besar, sehingga sulit untuk dilakukan.

Sebaliknya, dilansir dari APA, kamu disarankan untuk membuat resolusi yang kamu tahu bisa dilakukan. Hindari perencanaan yang terlalu rumit dan sulit diraih, lantas kamu kesulitan mencapainya. Kalau begini, resolusi pun hanya berakhir menjadi wacana saja!

 

#3 – Ubah Tujuan Menjadi Langkah Praktis

Credit Image - chron.com

Jika ada temanmu, sebutlah si X yang membuat resolusi “ingin mengurangi frekuensi media sosial”. Rencana ini tertulis di agendanya – dan selalu ia ingat. Tetapi, sayang sekali, rencana ini harus gagal. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya langkah jelas yang nyata.

Hal tersebut bisa berbeda jika X mengubah resolusinya menjadi lebih praktis. Perubahan itu misalnya “bermain media sosial maksimal satu jam sehari”. Ini jauh lebih mudah diukur dan dilakukan daripada sebelumnya, lho.

 

#4 – Belajar dari Masa Lalu

Kata banyak orang, pengalaman merupakan salah satu guru terbaik. Nah, hal ini juga termasuk kegagalan dalam mencapai resolusi-resolusi sebelumnya. Oleh karena itu, kamu bisa membuat resolusi tahun baru dengan cara melihat dulu resolusi tahun ini.

Misalnya, apakah ada yang gagal untuk dicapai? Jika memang begitu, mengapa hal itu bisa terjadi? Nantinya, kesalahan yang sudah kamu pelajari tersebut bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk resolusi di tahun mendatang.

 

#5 – Hindari Terlalu Banyak

Credit Image - eatthis.com

Tips yang satu ini hampir mirip dengan poin di atas, yakni “mulai dari yang kecil”. Tetapi, dalam hal ini kamu disarankan untuk tidak menuliskan tujuan terlalu banyak. Lho, memangnya mengapa cara tersebut sebaiknya dihindari?

Saat membuat rencana, hindari menuliskannya terlalu banyak. Selalu jaga jumlahnya agar kamu tak merasa terintimidasi, atau bahkan malas karena terlalu muluk-muluk. Ingat, kamu tak bisa mengubah kebiasaan dalam semalam saja. Semua itu butuh proses. Jadi, jangan memberatkan dirimu dengan tuntutan yang terlalu banyak, ya!

 

#6 – Tuliskan Juga Resolusi Karir

Tahun baru bukan cuma ajang pengembangan diri yang baru, tetapi bisa jadi waktu yang tepat untuk mengembangkan karir. Pilihannya sendiri bisa bermacam-macam, tak terbatas soal jabatan bahkan nominal gaji saja. 

Mengutip The Muse, kamu bisa belajar skill baru yang berbeda dengan karirmu sekarang. Misalnya, dengan mencoba hal-hal baru, membaca buku yang bisa mendukung karir, hingga mengikuti workshop yang menyenangkan.

 

#7 – Konsumsi Multivitamin Untuk Jaga Stamina

Credit Image - popsugar.com

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih semangat dalam mencapai tujuan yang sudah dituliskan dalam resolusi tahun baru, kan? Untuk tips yang satu ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Itulah deretan tips yang bisa kamu lakukan untuk mencapai semua resolusi tahun baru yang dimiliki. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – makeitgrateful.com