Tak bisa dipungkiri, pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang seringkali dipilih, mengingat penggunanya dapat lebih cepat sampai ke tujuan ketika melakukan perjalanan. Tak hanya itu, pesawat pun dikenal bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang, karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Meski demikian, selama pandemi Covid-19, apalagi di tengah paparan virus ketika dalam perjalanan, lho.

Namun, bagimu yang harus menggunakan pesawat selama pandemi – dan juga di momen liburan akhir tahun, berikut ini 6 langkah aman yang perlu dilakukan.

 

 

#1 – Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Fit

Credit Image - kuyou.id

Kondisi tubuh yang fit akan membuatmu tidak mudah terserang virus penyakit. Lalu, kamu pun bisa bergerak dengan lebih sigap dan cekatan karena badan memiliki energi yang memadai untuk beraktivitas. Kemampuan ini sangat dibutuhkan, terutama saat menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan.

Untuk menjaga kebugaran, perhatikan pola makan dan istirahat sebelum memulai perjalanan naik pesawat. Melakukan gerak tubuh ringan pun akan sangat membantu membuat tubuh lebih bertenaga. Apabila tubuh terasa kurang segar, maka bisa mengonsumsi vitamin terlebih dahulu.

 

#2 – Rencanakan Rute ke Bandara

Kemudian, kamu juga perlu merencanakan rute sekaligus alat transportasi yang akan digunakan saat menuju bandara atau pun dari bandara ke tempat tujuan. Hal ini sebaiknya diatur sejak awal supaya tidak bingung dan kesulitan, terutama jika berkunjung ke tempat yang baru. Setidaknya, lakukan riset mengenai transportasi yang tersedia.

Selain itu, merencanakan rute beserta jam keberangkatan dari rumah akan membantumu menjangkau bandara pada waktu yang tepat. Apabila mengandalkan transportasi umum atau tanpa persiapan lain, kemungkinan untuk telat dan tidak jadi berangkat akan lebih besar!

 

#3 – Bawa Keperluan Pribadi

Credit Image - starglammagz.com

Yang tak kalah pentingnya, ketika menggunakan pesawat, pastikan kamu sudah mempersiapkan berbagai keperluan penting – sehingga perjalanan dapat lancar sampai tujuan. Keperluan tersebut antara lain dokumen pribadi yang dibutuhkan, alat kebersihan seperti hand sanitizer, tisu, dan sabun cuci tangan, serta perlengkapan pelindung seperti masker.

Jika tidak tahan dengan suhu dingin, kamu juga bisa membawa selimut atau baju hangat untuk digunakan selama dalam pesawat. Dan, pastikan kamu menyiapkan multivitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Ketika bepergian, ada baiknya kamu membawa perbekalan vitamin, termasuk berupa multivitamin yang dapat membantu menjaga kebugaran dan imunitas. Dengan demikian, tubuh tidak rentan terserang virus.

Tapi, suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon secara rutin.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

 

#4 – Tetap Menjaga Jarak

Meskipun telah membeli tiket secara online, mengantre merupakan hal yang tidak terhindarkan saat akan naik pesawat. Jika kondisi sedang padat, kamu harus mengantre untuk check-in sebelum keberangkatan. Begitu pula ketika boarding, para penumpang biasanya akan mengantre saat masuk ke pesawat.

Untuk menghindari pertemuan dengan penumpang lain, pilihlah waktu boarding paling akhir. Selain itu, usahakan untuk selalu menjaga jarak aman saat mengantre. Begitu pula saat akan turun dari pesawat, tidak perlu berdesakan menuju pintu keluar.

 

#5 – Tetap Waspada Ketika Membawa Anak

Credit Image - alodokter.com

Jika kamu mengajak anak bepergian ke kota lain dengan naik pesawat, tingkatkan kewaspadaan. Anak yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 rentan tertular virus saat berada di pesawat, lho. Karena itu, jangan sampai lengah, misalnya dengan tidak tertib menggunakan masker.

Untuk mengurangi risiko, pilihlah penerbangan dengan penumpang yang tidak terlalu banyak. Saat naik pesawat, pastikan anak juga sedang berada dalam kondisi badan yang sehat. Supaya tidak rewel karena jenuh, persiapkan segala kebutuhan anak, seperti makanan atau mainan favoritnya.

 

#6 – Lengkapi Pula Dokumen Penting

Selain membawa dokumen pribadi berupa KTP, penumpang yang bepergian naik pesawat pada masa kini harus dilengkapi dokumen hasil tes bebas Covid-19. Dokumen ini membuktikan bahwa penumpang tidak sedang sakit dan aman bepergian bersama penumpang lain di pesawat. Dokumen lain berupa kartu vaksin yang dimiliki penumpang.

Setiap maskapai dapat menerapkan aturan khusus yang harus dijalankan terkait penyediaan dokumen. Supaya proses perjalanan lebih lancar, ketahui apa saja syarat yang harus dipenuhi tersebut sebelum keberangkatan. Kemudian, persiapkan semua dokumen dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

 

Jadi, itulah keenam langkah aman yang perlu dilakukan ketika kamu harus bepergian menggunakan pesawat selama momen liburan tahun baru. Yuk, diterapkan, ya!

 

 

Featured Image – traveloka.com

Source – inilah.com