Bekerja paruh waktu atau part time merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja, dan juga penghasilan. Tidak hanya di bidang yang sama dengan pekerjaan utama saja, namun kerja part time juga bisa dilakukan di bidang lainnya yang kamu minati.

Meskipun demikan, mencari kerja part time tidaklah mudah, karena kamu memiliki banyak pesaing lainnya. Dengan begitu, kamu harus memiliki cara yang tepat untuk mencari dan menemukan pekerjaan part time yang tepat dan sesuai.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan part time dengan cepat:

1. Luangkan waktu untuk mencari informasi lowongan terkini

Credit: Liputan6

Meski telah memasukkan lamaran untuk kerja part time di beberapa perusahaan, namun kamu juga perlu untuk terus mencari informasi lamaran terbaru. Hal ini akan membantumu agar memiliki peluang kerja yang lebih besar. Pilih sumber informasi terpceraya, termasuk situs lowongan kerja yang selalu memuat berbagai info terkini mengenai lowongan kerja part time.

2. Manfaatkan situs lowongan kerja dan media sosial

Credit:Forbes

Untuk mendapatkan kerja part time  dengan lebih cepat, kamu bisa memanfaatkan layanan internet secara maksimal. Tidak hanya di situs lowongan kerja saja, informasi pekerjaan part time bisa didapatkan dari berbagai sumber lain seperti media sosial. Semua itu tentu akan membantu, jika kamu bisa memilih dan memanfaatkan informasi lowongan dengan baik. Sehingga kamu tidak akan kesulitan memperoleh informasi terbaru mengenai lowongan kerja part time.

3. Gunakan jaringan yang miliki

Credit: Thelocal.de

Kamu bisa memanfaatkan koneksi yang kamu miliki untuk mendapatkan informasi lowongan kerja part time. Tidak selalu yang berhubungan dengan tempat kerja utama saja, namun koneksi ini bisa berasal dari teman lama, sahabat, kerabat, atau saudara. Sampaikan keinginanmu untuk bekerja part time pada mereka dan tanyakan apakah mereka memiliki informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kamu inginkan.

4. Pilih momen liburan untuk melamar pekerjaan

Credit: CNN.com

Agar perluang kamu diterima bekerja part time lebih besar, coba untuk mengajukan lamaran kerja di musim liburan. Hal ini akan membantu, karena ada banyak karyawan yang berpergian dan mengambil cuti, sehingga perusahaan akan membutuhkan sejumlah tenaga kerja tambahan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada.

5. Tindaklanjuti kembali lamaran kerjamu

Credit: Freecodecamp.org

Jika lamaran kerja kamu belum direspons oleh pihak perusahaan, maka tidak ada salahnya untuk menindaklanjuti kembali lamar tersebut. Lakukan hal ini setidaknya seminggu setelah kamu mengirimnya, sehingga pihak perusahaan bisa melihat minatmu yang cukup besar untuk bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut meskipun sebagai pekerja part time.

 

Featured Image - Unsplash.com