mudah merasa lelah. Nah, guna menyiasatinya, ada beragam cara yang wajib kamu terapkan – dan pastinya mudah, lho.

Bagaimanapun juga dalam melakukan kegiatan, tentu saja kamu membutuhkan energi. Jika tidak, tubuh bakal gampang merasa lemas, lalu akhirnya aktivitas tidak bisa dilakukan secara maksimal. Apalagi, kalau rasa lelah tersebut tidak kunjung hilang hingga keesokan harinya?

Kalau begitu, sudah waktunya kamu menerapkan keenam tips sederhana berikut ini. Yuk, simak selengkapnya, ya!

 

 

Perbaiki Kualitas Tidur

Credit Image - cantik.tempo.co

Entah karena lembur, mengerjakan tugas, atau demi menonton acara yang ditunggu-tunggu, banyak orang rela mengorbankan jam tidur. Padahal, kurang tidur dapat menguras energi sehingga kamu jadi tidak bertenaga keesokan harinya.

Jam tidur seseorang bisa berbeda-beda. Dilansir Healthline, umumnya kita disarankan untuk tidur selama 7 jam. Kalau kamu kurang tidur atau sulit tidur, kamu bisa mencoba beberapa trik ini:

  • Menetapkan jadwal tidur yang konsisten
  • Menjauhkan diri dari gadget 30 menit-1 jam sebelum tidur
  • Mandi air hangat
  • Membaca buku sebelum tidur
  • Minum susu
  • Menyesuaikan suhu dan menggelapkan kamar
  • Mendengarkan alunan musik atau suara yang membuat relaks

 

Atasi Stres dengan Baik

Dalam hidup, mentari tidak selalu bersinar dan sewaktu-waktu awan gelap mengintai. Jadi, lumrah jika sewaktu-waktu kita merasa tertekan atau stres. Namun, jika dibiarkan, stres tidak hanya memengaruhi kesehatan mental dan fisik, melainkan energimu juga terdampak.

Coba telusuri apa yang menyebabkan stres dalam diri. Sementara tidak mungkin kita menghindari stres setiap waktu, mengelola reaksi terhadap stres dapat menjaga tingkat stres yang juga berdampak positif pada tingkat energi.

Ada berbagai kiat melegakan stres yang dapat kamu coba. Kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk diri sendiri – alias me-time, meditasi, atau melatih teknik pernapasan. Akan tetapi, jika stres makin berat, carilah bantuan profesional.

 

Mencoba Aktif Bergerak

Credit Image - halodoc.com

Olahraga sangat baik untuk mendukung kesehatan fisik maupun mental. Sudah ada berbagai penelitian yang menunjukkan kalau aktivitas fisik bisa meningkatkan energi.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di Belanda yang dimuat dalam Scandinavian Journal of Work, Environment & Health tahun 2017 menunjukkan manfaat aktivitas fisik. Bagi mereka yang mengikuti program olahraga selama 6 minggu, manfaat-manfaat yang dinikmati adalah:

  • Lebih bugar secara emosional
  • Tidak mudah lelah
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Meningkatkan kemampuan kerja

Lalu, bagaimana kalau sulit meluangkan waktu beraktivitas fisik karena sibuk bekerja? Nah, cobalah -jalan santai di waktu istirahat makan siang, memilih naik tangga daripada elevator, atau berjalan ke tempat kerja, jika kalau jaraknya memungkinkan, daripada mengemudi.

 

Batasi Juga Asupan Gula

Umumnya, asupan gula memang dapat memberikan tambahan energi. Namun, energi tersebut hanya sebentar saja dan malah kamu merasa lebih lelah daripada sebelumnya. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes.

Ini karena gula dapat meningkatkan kadar gula darah. Lalu, saat tubuh melepaskan insulin untuk memindahkan gula dari aliran darah ke sel, maka kadar gula seakan terjun bebas. Nah, inilah yang membuatmu merasa lebih lelah dibanding sebelum makan gula.

Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) tahun 2017 membandingkan konsumsi gula dengan makan bergizi seperti buah-buahan dan sayur-mayur segar. Hasilnya, ternyata mereka yang mengonsumsi gula 26 persen lebih mudah lelah. Oleh karena itu, lebih baik kurangi asupan gula mulai sekarang.

 

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Credit Image - honestdocs.id

Masih merasa letih sepanjang waktu? Coba cek makananmu sehari-hari. Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang bukan hanya dapat menjaga kesehatan, melainkan juga meningkatkan energi.

Jadi, cobalah konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, kurangi atau batasi makanan olahan yang padat gula dan lemak, karena jenis makanan ini dapat merugikan kesehatan dan tingkat energi.

Kemudian, berbagai studi menunjukkan kalau melewatkan jam makan juga dapat memengaruhi energi. Padahal, kekurangan nutrisi dan kalori dapat mengurangi energi dan membuatmu cepat lelah. Oleh karena itu, penting untuk memasok nutrisi dan gizi yang cukup setiap hari.

 

Perbanyak Konsumsi Asupan Vitamin B Kompleks

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sejumlah tips meningkatkan energi di atas cukup mudah untuk dilakukan, ya? Bagi kamu yang mudah lelah, yuk, coba mulai lakukan berbagai trik tersebut!

 

 

Featured Image – bukuilmu.wordpress.com

Source – idntimes.com