Stress merupakan hal yang pasti pernah dialami setiap orang. Namun, akan menyenangkan jika kita bisa mengurangi kadar stress dengan membuat perubahan kecil, sederhana tetapi efektif dalam hidup.

Gaya hidup sehat tidak selalu mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi saja, tetapi juga melakukan hal- hal yang bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental, termasuk mengatasi stress dalam kehidupan.

Berikut ini merupakan beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi stress.

1. Tidur dan bangun lebih awal

Credit: Hello Sehat

Semua orang pasti tahu pentingnya tidur. Itu sebabnya tidur dan bangun lebih awal dapat membantu kamu memulai hari dengan baik. Jika kamu mengawali hari dengan kekacauan, dan rasa kacau ini akan terus mengikuti saat kamu melakukan aktivitas selanjutnya.

Untuk menghindarinya, siapkan waktu cukup di pagi hari sehingga kamu bisa menjalankannya dengan santai dan teratur. Coba untuk menyiapkan keperluanmu semalam sebelumnya, sehingga di pagi hari kamu tidak buru- buru.

2. Menghirup udara segar

Credit: Jadiberita.com

Stress sering terjadi akibat kadar hormon kortisol dalam otak meningkat. Untuk mengatasinya, cobalah menghirup udara segar di luar ruangan. Oksigen yang terhirup akan membantu kamu berpikir lebih tenang. Selain itu, menghirup udara segar juga dapat memicu hormon yang menciptakan rasa Bahagia.

3. Pola makan yang sehat

Credit: Hipwee

Nutrisi buruk akan membuat tubuhmu jadi sulit beradaptasi dengan stress. Ketika kamu memberi tubuhmu asupan nutrisi yang baik, itu artinya kamu memberi tubuh bahan bakar yang cukup untuk beraktivitas seharian.

Coba untuk mengonsumsi sayuran segar, buah, makanan yang mengandung protein, lemak sehat, dan kacang- kacangan. Dan konsumsi air putih yang cukup untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuhmu. Hindari makanan cepat saji, olahan dan yang mengandung pengawet, pewarna, MSG dan pemanis seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

4. Jangan khawatir dengan apa yang tidak bisa dikontrol

Credit: Medcom.id

Khawatir memakan banyak energi dan waktu. Jangan habiskan waktu dengan mencemaskan hal yang tidak bisa kamu kontrol. Khawatir tidak dapat mengubah suasana.

Jika kamu sedang menghadapi masalah dimana situasinya bisa dikontrol, maka coba untuk tetap fokus pada proses penyelesaian masalahnya. Dan alihkan energi kamu kepada jalan keluar. Dengan begitu, masalah apapun yang kamu hadapi akan terasa lebih mudah untuk dilewati.

5. Me- time

Credit: Liputan6

Sesekali kamu perlu untuk memanjakan diri sendiri, untuk menghilangkan rasa stress. Kamu bisa menonton film, membaca buku, pergi ke salon, atau sekedar memutar playlist favorit kamu. Ketika sedang melakukan me- time, sebaiknya hindari bermain media sosial selama berjam- jam, sehingga kamu bisa fokus pada waktu santaimu.

 

Featured Image - Unsplash.com/@tjump