Jangan disepelekan, depresi dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini pun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai kelelahan, tekanan batin, rasa kehilangan, trauma, dan berbagai macam masalah lainnya. Depresi pun bisa dialami secara ringan hingga berat.

Menurut CDC Amerika Serikat, banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya mengalami depresi. Untuk itu, penting bagimu mengetahui berbagai tanda-tanda depresi, sehingga langkah penanganan tepat bisa dilakukan.

Lantas, apa saja tanda awal depresi yang tak boleh diabaikan? Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Susah Tidur

Credit Image - health.kompas.com

Jika kamu seringkali kesulitan tidur, padahal merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari, kamu perlu waspada. Sebab insomnia yang terjadi terus menerus disertai rasa cemas dan gelisah dapat menjadi salah satu tanda depresi. 

Banyak orang yang kesulitan tidur setiap malam, tapi hanya menganggap hal itu sebagai insomnia biasa. Padahal, jika terus menerus dibiarkan, rasa cemas, gelisah dan susah tidur tersebut bisa memengaruhi kesehatan fisik dan juga batin.

 

Mudah Marah

Seseorang yang mengalami depresi umumnya mudah marah bahkan untuk hal-hal yang sepele. Kemarahan bisa muncul begitu saja, apalagi jika aktivitas sehari-hari dirasa terlalu berat dan memberikan tekanan.

Mungkin bukan masalah besar jika kamu hanya sesekali meluapkan kemarahan karena pekerjaan yang melelahkan, akan tetapi jika rasa marah itu selalu saja muncul dan meluap-luap bahkan tanpa alasan yang jelas, kamu harus curiga bahwa mungkin kamu mengalami depresi.

 

Sulit Untuk Berkonsentrasi

Credit Image - alodokter.com

Dilansir dari laman Psychology Today, seseorang yang begitu sulit berkonsentrasi bisa menjadi tanda awal depresi. Penderita depresi seringkali kehilangan benda sehari-hari karena lupa dimana meletakkannya. 

Pikiran yang tidak menentu dan tidak fokus menjadikan penderita depresi kesulitan berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan diabaikan karena kamu mungkin mengalami gejala depresi.

 

Kerap Merasa Bermasalah

Jika kamu terus menerus merasa bersalah karena suatu hal buruk yang pernah terjadi dalam hidup, kamu mungkin depresi. Misalnya kamu pernah mengalami putus cinta, perceraian, kehilangan seseorang yang disayangi atau lain sebagainya.

Rasa bersalah yang terus menerus menumpuk di dalam hati dan membuat seseorang tertekan, jika dibiarkan begitu saja akan membuat seseorang itu mengalami depresi yang bahkan bisa menjadi berat, lho.

 

Tidak Bersemangat

Credit Image - femina.co.id

Seseorang yang selalu merasa sedih dan tidak bersemangat menjalani hidup bisa jadi mengalami depresi. Tidak adanya energi dan semangat dalam diri akan membuat seseorang lesu dan mudah merasa lelah. Belum lagi rasa sedih yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Hilangnya semangat dalam menjalani hidup tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, depresi tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tapi juga bisa memberikan tekanan batin yang merugikan diri sendiri.

 

Bantu Cegah Depresi, Konsumsi Vitamin B Untuk Jaga Suasana Hati

Dari kedelapan jenis vitamin B kompleks, setidaknya ada empat jenisnya yang dapat membantu menjaga suasana hati – sekaligus beperan menghindari risiko gangguan kesehatan mental, termasuk depresi, lho. Seperti, vitamin B3 memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Selain itu, ada pula vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah.

Ada pula, vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan terakhir, vitamin B9 – alias asam folat juga memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B9 dan vitamin B12.

Untuk memudahkanmu memenuhi sejumlah kebutuhan vitamin B di atas, dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang dapat memberikan kamu perlindungan ekstra, sekaligus rasa segar sepanjang hari!

Dan, bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas!

Selain itu, kedua multivitamin tersebut dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Enervon-C dan Enervon Active memiliki kandungan vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

 

Jadi, itulah kelima tanda depresi yang patut kamu waspadai. Jika kamu mengalaminya, jangan dianggap sepele, segera konsultasikan – atau ceritakan dengan teman maupun keluarga, sehingga kondisi ini tidak bertambah buruk!

 

 

Featured Image – zurich.co.id

Source – idntimes.com