Sudah bukan rahasia umum kalau sistem imunitas yang kuat merupakan pertahanan utama bagi tubuh. Jika kekebalan dalam keadaan prima, maka risiko terserang berbagai macam penyakit pun dapat diminimalisir. Ini termasuk melindungi dari virus corona yang masih terus mewabah, lho.

Menjaga imunitas pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya rutin memenuhi kebutuhan vitamin. Selain vitamin C – ada pula vitamin yang tak kalah pentingnya bagi kekebalan, yaitu vitamin B kompleks.

Sayangnya, manfaat vitamin B kompleks untuk kekebalan masih jarang diketahui, nih. Penasaran akan hal ini? Yuk, lanjut bahasannya di bawah ini, ya!

 

 

Jenis dan Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks

Credit Image - jovee.id

Sebelum memasuki ulasan mengenai manfaat vitamin B untuk kekebalan tubuh, ada baiknya kamu mengenali beragam jenis vitamin ini serta fungsinya. Perlu diketahui, vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis, yaitu:

  • Vitamin B1 (Thiamin). Vitamin B1 berfungsi untuk meningkatkan energi, serta mendorong sel tubuh agar dapat memproduksi energi. Selain itu, vitamin B1 baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu proses pengolahan karbohidrat tubuh.
  • Vitamin B2 (Riboflavin). Dapat melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti kanker maupun katarak.
  • Vitamin B3 (Niacin). Vitamin B3 berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, membantu mengurangi depresi, dan mengatasi permasalahan pada sendi.
  • Vitamin B5 (Asam Panthothenate). Vitamin B5 memiliki fungsi untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan sistem saraf serta metabolisme tubuh, dan membantu mengurangi alergi.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine). Berperan untuk membantu produksi sel darah merah, serta dapat meringankan gejala darah tinggi.
  • Vitamin B7 (Biotin). Vitamin B7 merupakan vitamin yang memiliki peran dalam pelepasan energi dari karbohidrat yang kamu konsumsi, serta dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Vitamin B9 (Asam Folat). Vitamin B9 berperan penting untuk membantu hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia.
  • Vitamin B12 (Kobalamin). Berperan dalam membentuk sel darah merah, serta meningkatkan fungsi sistem saraf tubuh.

 

Peran Vitamin B Untuk Meningkatkan Imunitas

Credit Image - klikdokter.com

Secara keseluruhan, vitamin B kompleks dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu. Dan jenis vitamin B yang memiliki peran besar dalam meningkatkan imunitas adalah vitamin B6 (Pyrodoxine). Bahkan, berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun karena produksi antibody yang terganggu.

Vitamin B6 dapat membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menyerap vitamin B12 serta memproduksi sel- sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah.

Jadi, kebutuhan vitamin B6 yang tercukupi dapat berdampak langsung dengan peningkatan sistem imunitas tubuh, karena produksi antibodi yang juga ikut meningkat.

Kemudian, vitamin B2 (Riboflavin) juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin B2 berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Dan vitamin B12 juga sangat membantu metabolisme tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan menurunkan respons imun, terutama ketika tubuh sedang diserang infeksi virus maupun bakteri. Dengan kata lain, vitamin B12 memiliki efek langsung dalam meningkatkan imunitas tubuh.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Harian

Credit Image - halodoc.com

Kebutuhan vitamin B kompleks dapat dipenuhi dari berbagai sumber makanan seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Selain dari sumber makanan, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah manfaat vitamin B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh. Pastikan kamu sudah memenuhi asupannya setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – eatthis.com