Kelelahan saat travelling mungkin bisa membuat stamina tubuhmu menurun, bahkan bisa saja kamu jadi jatuh sakit. Agar tubuh kamu tetap fit dan tetap bisa menikmati travelling, pastikan kamu menyiapkan beberapa vitamin, suplemen, maupun obat- obatan yang penting untuk membuat kamu tetap dalam keadaan sehat.

Berikut beberapa vitamin, suplemen, dan obat- obatan yang wajib dibawa saat kamu travelling.

1. Vitamin C

Credit: Huffpost.com

Ketika kamu merasa lelah saat travelling, kekebalan tubuhmu akan menurun. Oleh karena itu, kamu perlu menambah vitamin C melalui konsumsi suplemen. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh, mempermudah penyerapan zat besi dan pembentukan kolagen di kulit, tendon, serta ligament. Vitamin ini penting agar kamu tidak mudah sakit.

2. Vitamin B

Credit: whatisepigenetics.com

Tubuh berkeringat menyebabkan beberapa vitamin yang larut dalam air ikut menguap, di antaranya adalah vitamin B. sebaiknya, kamu mengonsumsi vitamin B, terutama vitamin B5 untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh dan memulihkan tenaga.

3. Obat alergi

Credit: Yahoo Lifestyle Singapore

Obat ini merupakan obat yang wajib kamu bawa saat travelling, terutama jika kamu memiliki alergi terhadap makanan, debu, udara dingin, dan lainnya. Bawa obat alergi secukupnya untuk mengobati serangan alergi yang datang mendadak. Dengan begitu, perjalananmu pun akan tetap nyaman.

4. Obat diare

Credit: Everydayhealth.com

Ketika pergi ke tempat tertentu pastinya kamu tidak ingin melewatkan wisata kuliner di daerah tersebut. Namun, seringkali terjadi reaksi tertentu pada perutmu setelah mencicipi makanan, terutama yang tidak biasa kamu konsumsi. Oleh karena itu, persiapkan obat diare untuk mengatasi jika saat travelling kamu mengalami sakit perut.

5. Obat flu dan batuk

Credit: Health.hardvard.edu

Ketika kamu sedang berpergian ke kota atau negara dengan cuaca yang ekstrim, sebaiknya bawa obat flu dan batuk untuk mencegah kondisi badan menjadi tidak fit. Tubuhmu perlu beradaptasi dengan tempat dan lingkungan baru sehingga apabila kamu tidak siap, maka kemungkinan kamu akan terserang flu dan batuk yang bisa mengganggu perjalananmu.

 

Featured Image - Unsplash.com/@laurynasm