Saat ini, tidak sedikit anak muda yang melirik dunia bisnis, kemudian menjadikannya sebagai ladang mata pencaharian. Lagi pula, siapa sih yang tidak ingin sukses di usia muda? Selagi ada kesempatan, setiap orang pasti menginginkan hal tersebut, kan?

Tetapi, cara sukses di usia muda, apalagi dalam urusan berbisnis ternyata tidak semudah itu, lho. Setidaknya, ada beragam hal yang wajib kamu perhatikan agar dapat meraih tujuan yang diinginkan – dan mencapai kesuksesan.

Tak perlu bingung, berikut ini 7 cara sukses di usia muda dalam berbisnis yang dapat dilakukan sekarang juga. Yuk, simak selengkapnya, ya!

 

 

Jeli Melihat Kesempatan

Credit Image - businesssaathi.com

Cara agar sukses di usia muda dalam berbisnis pertama, yaitu kamu harus pintar-pintar dalam mencari kesempatan. Banyak sekali pengusaha muda yang mendapat ide bisnis dari hal sederhana yang ditemui sehari-hari. Nah, tidak adanya solusi dari permasalahan yang dialami, akhirnya pengusaha muda tersebutlah yang membuat jawaban atas masalah yang ada.

Misalnya saja, ketika kamu sedang berolahraga di taman dekat komplek – dan kesulitan mencari minuman. Sebagai orang yang jeli melihat kesempatan, pasti kamu bakal mencoba membuka warung kecil di sekitaran lokasi tersebut, kan?

 

Memanfaatkan Jaringan

Tidak ada karir pengusaha yang dapat berhasil tanpa bantuan dari orang-orang yang tepat. Para pengusaha muda tersebut mengerti betul akan hal ini. Jaringan atau networking adalah salah satu yang selalu di manfaatkan oleh para pengusaha sukses untuk mendapatkan dukungan bisnis ketika mereka memulai awal usaha.

Cara agar sukses di usia muda yang satu ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan pengaruh orang sukses sebelumnya untuk membangun sebuah kredibilitas dalam berbisnis. Ini merupakan langkah yang tepat untuk mencapai tujuan yang kamu impikan, lho.

 

Berani Mengambil Risiko

Credit Image - truscore.com

Tak takut dalam mengambil beragam risiko menjadi cara agar sukses di usia muda dalam urusan berbisnis yang wajib kamu terapkan. Pengusaha sukses cenderung untuk tidak terlalu banyak menganalisis keadaan yang ada. Mereka langsung bertindak terhadap apa yang terjadi dan berani mengambil risiko yang ada.

Contoh mudahnya, Michael Dunlop yang keluar dari sekolah setelah divonis sebagai pengidap disleksia. Michael menemukan kenyataan bahwa mungkin sekolah bukan tempat yang sesuai dengan dirinya yang berkebutuhan khusus dan akhirnya memberanikan diri dengan semua uang yang dia miliki untuk membuka usaha.

 

Bekerja dengan Menerapkan Hobi dan Bakat

Hobi maupun bakat bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang bernilai dan menghasilkan banyak uang. Pekerjaan yang dilakukan berdasarkan hobi atau bakat justru akan mendatangkan kenikmatan dan keahlian yang tidak dimiliki oleh orang awam.

Cara agar sukses di usia muda dalam berbisnis yang satu ini, kamu wajib menggunakan bakat – maupun hobi yang dimiliki sebagai “alat” penunjang bisnis di masa muda. Kalau kamu sudah memanfaatkannya, meraih kesuksesan bukan lagi hal yang mustahil, ya?

 

Beradaptasi, Berinovasi, dan Berani

Credit Image - kitalulus.com

Tidak ada yang tetap dalam dunia bisnis, semuanya mengalami perubahan. Jika tidak berinovasi dan beradaptasi, maka sebuah usaha akan tertinggal dari perubahan. Cara agar sukses di usia muda ini wajib diterapkan, lho.

Contohnya keberadaan sebuah toko online atau transportasi online, dulunya kamu tidak mengenal hal itu, tapi saat ini ke dua bisnis tersebut menjadi sesuatu yang marak dijalani banyak orang di Indonesia. Untuk beradaptasi dan membuat inovasi, kamu juga harus bisa lebih berani, terutama berani menerima risiko dan berani mencoba hal baru yang belum pernah ada.

 

Lakukan Investasi Kekayaan dan Kelola Keuangan

Banyak pengusaha sukses yang tidak gegabah untuk menghabiskan kekayaan mereka dalam satu waktu. Mereka menginvestasikan kembali kekayaan yang mereka miliki dan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memastikan diri mereka agar tidak jatuh bangkrut.

Jika saat ini kamu masih berusia muda dan ingin memulai bisnis, kedelapan tips di atas bisa mulai diterapkan terutama pada poin terakhir, yaitu tentang investasi kekayaan dan pengelolaan keuangan. Karena tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka akan sulit memiliki bisnis yang besar.

 

Menjaga Stamina Tubuh Untuk Tingkatkan Produktivitas

Credit Image - liputan6.com

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya sukses di usia muda tak sekedar angan-angan semata, benar kan? Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, itulah ketujuh cara agar sukses di usia muda dalam urusan berbisnis. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – bfi.co.id