Sudah menjadi rahasia umum kalau anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain. Tak selalu buruk, kok, moms. Bermain juga memiliki beragam manfaat baik buat Si Kecil, seperti membantu mengasah logika, daya ingat, dan meningkatkan konsentrasi. Asalkan, yang dilakukan adalah permainan seru dan bersifat edukasi, ya.

Alih-alih membiarkan anak bermain gadget, ada baiknya moms mengajak anak melakukan permainan seru – bahkan, yang dapat dilakukan bersama orangtua, lho. Meluangkan waktu untuk Si Kecil tak kalah pentingnya, karena hal ini bisa meningkatkan kebersamaan dan kehangatan dengan anak.

Melakukan permainan seru juga tak selalu membutuhkan alat atau media yang sulit, setidaknya ada 5 jenis permainan seru yang bisa dilakukan di mana saja – dan aturannya pun sederhana. Apa saja?

Simak selengkapnya di bawah ini.

 

 

ABC 5 Dasar

Credit Image - kalderanews.com

Moms, kamu mungkin mengetahui permainan ABC 5 dasar ini, atau bahkan pernah memainkannya. Ini merupakan permainan era 90an yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama Si Kecil.

Cara memainkan ABC 5 dasar cukuplah sederhana, moms dan anak hanya membutuhkan jari saja. Pertama-tama tentukanlah tema kata yang akan disebut sesuai abjad depannya, itu bisa saja nama hewan, buah, tokoh terkenal, ataupun negara di dunia. 

Setelahnya, kamu dan Si Kecil dapat menentukan jumlah jari sesuai yang dengan keinginan, lalu jumlahkanlah. Contohnya, jika moms mengambil 5 jari sedangkan anakmu mengambil 3 jari, ini berati kalian perlu mencari objek yang memiliki huruf awal H – yang merupakan huruf urutan ke-8. Permainan seru ini mudah dilakukan, ya?

 

Permainan Sambung Kata

Ada banyak sekali permainan seru yang dapat kamu mainkan hanya dengan bermodalkan kata-kata, salah satunya ialah game sambung kata. Permainan ini cukuplah sederhana dan dapat kamu lakukan di mana pun kamu mau.  

Moms atau Si Kecil hanya perlu mengakatakan sebuah kata lalu giliran pemain lainnya untuk menyambungkannya. Misalnya, kamu mengambil kata bunga, lalu anak perlu menyambungnya dengan kata yang berhubungan dengan kata "bunga", misalkan "mawar", indah", ataupun "kuning"

Permainan ini juga dapat dikembangkan menjadi lebih sulit namun menyenangkan, yaitu dengan mengarahkannya agar membentuk menjadi sebuah cerita. Berbagai kata berbeda yang kalian keluarkan akan membuat cerita tersebut menjadi unik, menarik, dan mungkin lucu. 

 

Permainan 3 6 9

Credit Image - artikel.rumah123.com

Apakah kamu masih asing dengan jenis game ini? Namun, permainan seru berupa 3-6-9 tidak kalah menariknya, lho. Permainan ini memerlukan 3-4 orang, namun akan lebih menyenangkan lagi jika dilakukan bersama lebih banyak orang.

Aturannya mudah, mulailah berhitung 1,2,3 dan seterusnya sampai 10 dan diulangi secara bergiliran. Kemudian, setiap orang yang mendapat giliran menyebut angka 3, 6, dan 9 tidak perlu mengatakannya, melainkan mereka harus bertepuk tangan. Semakin lama dan lancar, ritmenya pun akan bertambah cepat membuat permainan ini lebih menjadi lebih sulit.

Permainan 3 6 9 membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Ini akan jadi permainan yang baik untuk melatih konsentrasi dan fokus Si Kecil. Yuk, coba permainan seru ini, moms!

 

Tebak Kata

Sesederhana namanya, dalam memainkan permainan seru ini, moms dan Si Kecil perlu menebak kata yang telah ditentukan sebelumnya. 

Ada beberapa cara memainkan game tebak kata. Salah satunya, kamu atau anak dapat menentukan kata yang perlu ditebak – tapi, usahakan termasuk kata benda agar memudahkan pemain lain menebaknya, seperti mobil, payung, atau kacamata.

Kemudian, biarkan anak yang memilih kata dapat memberikan petunjuk atau hal-hal penting terkait kata yang dimaksud. Dan, mintalah pemain lain mencoba menebak kata tersebut. Kamu juga dapat memberikan gambaran mengenai kata terkait menggunakan gerakan tangan atau tubuh seunik dan sejelas mungkin.

 

Tebak Angka

Credit Image - motherandbeyond.id

Selain tebak kata, ada juga permainan tebak angka. Permainan seru berupa tebak angka ini cukuplah berbeda dari permainan tebak kata sebelumnya. 

Ketika memberikan tebakan angka, kamu tidak dapat memberikan petunjuk menggunakan gerakan atau deskripsi bentuk dan kegunaan angka tersebut. Namun, moms atau Si Kecil dapat menggunakan penjumlahan atau pengurangan sederhana untuk msndeskripsikannya. 

Misalnya kamu memiliki angka 12, katakan itu merupakan hasil pertambahan antara 7 dengan sebuah angka di bawah 6. Jika itu belum membantu, tambahkan informasi angka tersebut terbentuk dari 14 dikurangi 2. Kegiatan ini bisa menjadi media yang mampu mengasah kemampuan anak dalam berhitung, lho.

Nah moms agar sejumlah permainan seru di atas bisa dilakukan dengan maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi nutrisi Si Kecil yang berperan untuk menjaga kesehatan – sekaligus menjaga energi tubuhnya, ya.

Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan memberinya asupan gizi seimbang, termasuk memberikan anak multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup bisa membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan. Pastikan moms selama pandemi memberinya asupan vitamin yang cukup agar kekebalan imun tubuhnya tetap terjaga, ya!

 

Wah, gimana, moms? Permainan seru di atas memang tidak kalah menarik dibanding aktivitas game lainnya, kan? Mulai sekarang, yuk, coba ajak Si Kecil melakukannya!

 

 

Featured Image – journal.sociolla.com