Memperoleh vaksin Covid-19 menjadi salah satu langkah terpenting dalam menghentikan pandemi. Dengan vaksin, antibodi dapat semakin kuat – dan Omicron.

Dalam program vaksinasi di Indonesia, Sinovac menjadi salah satu jenis vaksin yang paling banyak diterima masyarakat RI. Meski pernah diragukan soal kekuatannya, namun kini WHO menyampaikan kabar terbaru terkait vaksin tersebut.

Apakah kabar tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

WHO: Sinovac Masih Manjur Lawan Omicron

Credit Image - mediaindonesia.com

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan kabar terbaru terkait vaksin Sinovac. Disebutkan bahwa vaksin ini masih efektif memberikan perlindungan dari penyakit parah, rawat inap, hingga kematian akibat varian Omicron.

Hal tersebut diungkapkan beberapa hari setelah sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa tiga dosis Sinovac tidak menghasilkan antibodi yang cukup untuk mencegah infeksi dari varian baru. Kabar baiknya, penemuan ini tidak sepenuhnya benar.

Tidak hanya Sinovac, tetapi kabar baik tersebut juga berlaku bagi vaksin yang dikembangkan oleh Sinopharm yang digunakan di China – wilayah dengan kasus Omicron rendah.

Selain itu, diungkapkan juga ada banyak penelitian yang menunjukkan dampak dari varian Omicron ini. Tidak seperti varian Corona lainnya, Omicron ini menginfeksi bagian atas saluran pernapasan. Akibatnya, varian tersebut bisa menyebabkan pneumonia parah, tetapi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Bisa dikatakan bahwa masih cukup dini untuk menyimpulkan apakah dibutuhkan vaksin khusus untuk mengatasi varian Omicron – atau justru tidak. Karena, hal ini membutuhkan koordinasi globak dan tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada produsen vaksin Covid-19 untuk memutuskannya.

 

Manfaat Vaksin Covid-19

Credit Image - gponline.com

Mendapat vaksin virus corona bisa memberikan berbagai manfaat baik, berikut ini di antaranya:

1. Bantu kurangi risiko berat

Dalam dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 – yang diunggah dalam laman resmi Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan RI, dijelaskan bahwa vaksin memang tidak membuat 100 persen kebal dari virus corona.

Namun, manfaat vaksin dapat berdampak baik ketika kamu tertular Covid-19, yaitu risiko mengalami gejala berat dapat diminimalisir. Vaksinasi merupakan proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi lebih terlindungi dari suatu penyakit, sehingga kalau terinfeksi, maka tidak timbul gejala, maupun hanya mengalami sakit ringan.

Untuk itu, agar perlindungan tetap maksimal, meskipun sudah divaksin, kamu direkomendasikan untuk tetap menjalani protokol kesehatan yang meliputi memakai masker ketika bepergian, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menghindari bepergian kecuali untuk urusan mendesak.

 

2. Dapat Melindungi Orang Lain

Manfaat vaksin berikutnya, yakni dapat mencegah seseorang menyebarkan virus corona ke orang lainnya. Jika cakupan vaksin sudah tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok – atau disebut juga herd immunity.

Kekebalan kelompok merupakan situasi di mana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu, sehingga menimbulkan dampak tidak langsung – yaitu, turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Tetapi, kondisi ini hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksin yang tinggi dan merata ya. Sebagian besar ahli percaya, setidaknya membutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksin demi mencapai herd immunity.

 

3. Membantu menghentikan penyebaran Covid-19

Sebenarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya untuk memutus rantai penularan penyakit, serta menghentikan wabah saja, lho. Melainkan, manfaat vaksin juga dapat berpengaruh dalam jangka panjang dengan mengeliminasi – atau, bahkan memusnahkan penyakit tersebut.

Nah, manfaat vaksin yang satu ini juga ditujukan untuk membantu mengurangi angka kasus penularan virus corona, sekaligus diharapkan dapat menghentikan penyebaran virus. Dengan demikian, pandemi Covid-19 pun dapat segera dihentikan.

 

4. Mampu Melindungi Generasi Selanjutnya

Dilansir dari Mayo Clinic, manfaat vaksin berikutnya adalah dapat mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi – yang memungkinkannya bermutasi terus-menerus, sehingga menjadi lebih kebal terhadap vaksin yang tersedia.

Dengan menurunkan laju infeksi Covid-19 dan memutus mata rantai penularan, kamu pun sudah berperan dalam melindungi generasi selanjutnya dari bahaya infeksi penyakit tersebut. Manfaat vaksin yang satu ini pun sudah terbukti dari catatan sejarah yang pernah terjadi.

Dahulu, banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan risiko kematian. Tapi, dengan adanya vaksin, maka penyakit pun dapat dikendalikan. Jadi, kamu termasuk generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi sebelumnya, lho.

 

Yuk, Terus Giatkan Langkah Pencegahan Untuk Cegah Infeksi Virus!

Credit Image - dream.co.id

Sampai saat ini, Omicron sudah ditemukan di Indonesia, bahkan angka kasus positifnya terus meningkat. Demi menghindari risiko paparannya, penerapkan protokol kesehatan – sekaligus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima masih harus digencarkan.

Pastikan kamu sudah disiplin dalam rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga membatasi mobilitas – apalagi kalau bukan karena urusan yang mendesak.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah informasi terbaru mengenai vaksin Sinovac yang disebut masih mampu menangkal infeksi varian Omicron.
 

 

Featured Image – theedgemarkets.com

Source – detik.com