Perut Terasa Begah Habis Makan? Yuk, Cegah Dengan 6 Cara Ini!

Perut Terasa Begah Habis Makan? Yuk, Cegah Dengan 6 Cara Ini!

font size A Ǎ

Perut begah dan terkadang kembung kerap kali dirasakan setiap kali selesai makan. Biasanya, hal ini bukanlah kondisi yang serius – bahkan, bisa kamu hindari, lho. Perut terasa begah biasanya diawali dengan rasa ingin sendawa, kemudian disertai dengan mual dan ingin muntah.

Tentu saja, perut terasa begah setelah makan membuatmu tidak nyaman, kan? Untuk menghindari kondisi ini, ada baiknya kamu mengubah pola makan. Pasalnya, perut terasa begah disebabkan oleh berbagai faktor, seperti mengonsumsi makanan yang kurang baik – atau pola makan tak teratur.

Umumnya, perut terasa begah bisa dicegah dengan mengubah kebiasaan makanmu yang dapat dimulai dengan keenam langkah berikut ini.

 

 

#1 – Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Perut Terasa Begah Habis Makan? Yuk, Cegah Dengan 6 Cara Ini!

Credit Image - medium.com

Lemak akan dicerna tubuh dengan perlahan karena memakan waktu lebih lama dari kebanyakan makanan lain untuk melewati saluran pencernaan, dan dapat menunda pengosongan lambung. Pada beberapa orang, ini dapat menyebabkan perut kembung.

Jika kamu mengalami perut terasa begah, menghindari makanan yang tinggi lemak dapat membantu mencegah terjadinya perut kembung setelah makan. Batasi asupan makanan yang digoreng dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan secara menyeluruh, bahkan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya, lho.

 

#2 – Makanlah Secara Perlahan

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah perut terasa begah setelah makan, yakni cara kamu mengonsumsi makanan itu sendiri. Ingat, makan terlalu cepat mengakibatkan sistem pencernaan melalui enzim tertentu kurang maksimal, alhasil lambung harus mencerna lebih keras.

Selain itu, makan terlalu cepat juga dapat meningkatkan jumlah udara yang kamu telan, yang dapat menyebabkan produksi gas berlebihan di dalam saluran pencernaan. Jadi, pastikan sudah menerapkan cara ini guna mencegah perut terasa begah setelah makan, ya!

 

#3 – Hindari Minuman Berkarbonasi

Perut Terasa Begah Habis Makan? Yuk, Cegah Dengan 6 Cara Ini!

Credit Image - scripps.org

Kamu pasti tahu bahwa minuman berkarbonasi – atau mengandung soda dapat menyebabkan perut terasa begah, kan? Sayangnya, masih banyak orang yang gemar mengonsumsi jenis minuman yang satu ini, apalagi usai mengonsumsi makanan.

Minuman berkarbonasi bisa dibilang minuman penyebab utama perut kembung. Ketika kamu meminumnya, gas karbon dioksida menumpuk di saluran pencernaan dan menyebabkan perut kembung. Apalagi, jika kamu meminumnya dengan cepat, maka kondisi perut terasa begah bakal langsung dirasakan.

 

#4 – Kurangi Dulu Konsumsi Makanan Berserat

Meski serat punya banyak manfaat seperti mengendalikan kadar gula darah dan bisa menahan rasa lapar, zat gizi ini tak bisa dicerna seutuhnya oleh tubuh. Jadi, jika kamu mengonsumsi makanan serat tinggi yang terlalu banyak, tubuh akan memproduksi gas yang juga berlebihan. Hal ini yang kemudian membuat perut terasa kembung dan penuh.

Makanan yang berserat tinggi termasuk kacang-kacangan, oat, beras merah, bayam, brokoli, dan apel. Sebuah penelitian melaporkan bahwa diet rendah serat dapat membantu meredakan perut kembung pada orang yang memiliki sembelit idiopatik – atau yang tidak diketahui sebabnya.

 

#5 – Olahraga Ringan Setelah Makan

Perut Terasa Begah Habis Makan? Yuk, Cegah Dengan 6 Cara Ini!

Credit Image - cnnindonesia.com

Tahukah kamu bahwa rajin menggerakkan tubuh, termasuk setelah makan dapat membantu menghindari perut terasa begah? Ya, bagi sebagian orang, melakukan olahraga ringan setelah makan bisa membantu mengurangi kondisi tersebut, lho.

Cukup melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan – hal ini sudah bisa membuat perut tak gampang kembung. Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan fisik ringan bisa emmbantu mengeluarkan gas dari saluran pencernaan dan mengurangi perut terasa begah.

 

#6 – Hindari Berbicara Sembari Makan

Siapa di sini yang masih suka makan sembari berbicara? Yuk, coba kurangi kebiasaan buruk yang satu ini. Pasalnya, mengobrol sambil makan bisa menjadi salah satu penyebab perut terasa kembung. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui faktor tersebut.

Berbicara sambil makan dapat meningkatkan peluang untuk menelan udara. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan udara di saluran pencernaan – yang akhirnya bisa membuat perutmu terasa begah sampai kembung.

Kalau perutmu sudah terlanjur terasa begah, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan, lho. Sebelumnya, Enervon sudah pernah membahas berbagai tips tersebut – dan dapat kamu klik di sini.

Selain itu, ada baiknya hindari berbagai penyebab perut terasa begah, karena hal ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Dan, biar kondisi tubuh bisa terjaga secara maksimal, kamu juga dianjurkan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Jadi, itulah deretan langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah perut terasa begah setelah makan. Yuk, coba terapkan sejumlah hal di atas!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!