Sejak terdeteksinya varian Omicron di Indonesia, angka kasus positifnya pun masih terus meningkat. Kabar tersebut tentu saja membuat setiap orang harus makin waspada dalam menghadapi risiko infeksi varian tersebut.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 Omicron, masyarakat pun dihimbau untuk terus menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan wajib menggunakan masker.

Berkaitan dengan penggunaan masker – ini menjadi syarat bagi siapa saja yang ingin beraktivitas ke luar rumah. Meski demikian, jangan sampai kamu sembarangan dalam memakai masker. Menurut CDC ada sejumlah jenis masker yang ampuh mencegah penularan Omicron.

Lantas, apa jenis masker yang direkomendasikan CDC tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Masker Wajib Digunakan Selama Pandemi Covid-19

Credit Image - bola.com

Sejak pandemi Covid-19, menggunakan masker jadi salah satu syarat wajib bagi siapapun yang akan melakukan aktivitas di luar rumah. Penggunaan masker bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain, dari penyebaran virus Covid-19 termasuk varian barunya yakni Omicron.

Kewajiban menjalani protokol kesehatan tentunya membuat penggunaan masker sehari-hari jadi satu hal yang normal dilakukan. Dimana mulai dari penggunaan, penyimpanan, pembersihan hingga pembuangan masker bekas pakai, juga sangat perlu untuk diperhatikan guna menghindari kemungkinan tertularnya Omicron.

Namun, satu hal yang nggak kalah penting yaitu mengetahui jenis masker apa sih yang ampuh untuk mencegah penularan Omicron. Apalagi virus Covid-19 Omicron diyakini jauh lebih cepat menular dibandingkan dengan varian lainnya.

 

Jenis Masker yang Ampuh Cegah Penularan Omicron

Menanggapi semakin banyaknya kasus positif Covid-19 Omicron, CDC diketahui memberikan pernyataan mengenai rekomendasi masker untuk menekan penyebaran virus Covid-19 Omicron. Masker yang ampuh melawan Omicron tersebut ialah masker jenis N95 dan KN95.

Menurutnya, masker dengan kualitas terbaik dan memberikan perlindungan yang lebih baik, mungkin saja terasa tidak nyaman saat dipakai, harganya terlalu mahal, atau sulit ditemukan. Oleh karenanya, penggunaan jenis masker apapun dirasa lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Meski demikian, hal ini tidak mengubah rekomendasi CDC mengenai penggunaan masker N95 dan KN95, yang dinilai lebih efektif cegah Omicron.

 

Cara Tepat Menggunakan Masker

Credit Image - gaya.tempo.co

Efektivitas penggunaan makser tentunya tidak terlepas dari bagaimana caramu menggunakannya. Untuk itu selain menggunakan masker sesuai dengan yang direkomendasikan, dirimu dan keluarga juga harus memastikan masker digunakan dengan baik dan benar.

Berikut ini cara menggunakan masker yang baik dan benar menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO):

  • Pastikan kamu membersihkan tangan sebelum menggunakan masker, sesudah melepaskannya, dan setelah menyentuhnya setiap saat.
  • Pastikan masker menutupi hidung, mulut dan dagu.
  • Setelah menggunakan masker medis, lepaskan dan simpan masker bekas ke dalam kantong plastik bersih kemudian buang ke tempat sampah.
  • Setelah menggunakan masker kain, pastikan masker dicuci setiap hari.
  • Hindari penggunaan masker dengan katup.

 

Lakukan Langkah Pencegahan Lainnya

Selain menggunakan masker, beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Selain itu, direkomendasikan pula untuk minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

 Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah informasi mengenai rekomendasi masker dari CDC yang diklaim lebih ampuh menangkal infeksi virus corona varian Omicron.

 

 

Featured Image – chbp.fk.ugm.ac.id

Source – popmama.com