Siapa di sini yang kerap merasa gampang lemas dan lesu, padahal usianya masih tergolong muda? Ya, kondisi yang satu ini nyatanya semakin sering dialami, lho. Misalnya, kerja sedikit tapi badan sudah berasa capek. Padahal, aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat – namun, bawaannya selalu mengantuk.

Kalau kamu juga mengalaminya, yuk, berhati-hati. Pasalnya, kalau dibiarkan begitu saja kebugaran tubuh bisa semakin menurun. Apalagi, kalau dirimu termasuk kaum rebahan, gemar begadang, dan suka mengonsumsi makanan tak sehat. Tak heran kalau tubuh menjadi mudah loyo.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, segera terapkan deretan langkah di bawah ini, sehingga tubuh kembali bugar!

 

 

Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Kaya Akan Gizi

Credit Image - zurich.co.id

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tubuh menjadi cepat lelah adalah kurangnya asupan sehat dari nutrisi harian. Tidak dimungkiri gaya hidup sekarang yang cenderung banyak makan di luar rumah, membeli makanan secara online, dan ngemil gak tau waktu, akhirnya membuat generasi milenial memiliki pola makan yang buruk. Pilihan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang pun tidak selalu ada.

Padahal, makanan yang kamu makan itu harus mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Lalu, juga harus ditambah buah dan sayuran agar ada unsur seratnya.

Hindari juga makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan seperti nasi, roti, kentang, mie, dan pasta. Karena makanan ini bisa men-trigger rasa kantuk, usahakan makan dengan kalori yang cukup. Batasi pula konsumsi junk food dan makanan olahan, seperti makanan kaleng dan frozen food.

 

Rajin Bergerak

Supaya tidak kaku, tubuh harus digerakkan setiap harinya. Kurangi intensitas duduk dan berbaring. Kebiasaan malas bergerak dapat membuat tubuh tidak bertenaga. Orang yang minim bergerak, otomatis gampang merasa lelah. Lakukanlah aktivitas fisik yang menggunakan otot tangan dan kaki. Pilihlah gaya hidup aktif. Bila jarak dekat, lebih baik jalan kaki atau naik sepeda daripada naik mobil.

Rutin berolahraga sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme, memperbaiki mood, dan menjadikan tidur lebih nyenyak di malam hari. Pastinya akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bersemangat, mulailah dengan olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki. Lakukan dengan konsisten minimal 15--20 menit.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan

Credit Image - jovee.id

Cairan sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan sumber energi. Jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, tubuh akan merasa lelah dan tidak bertenaga. Oleh karenanya, penting untuk mencukupi cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter. Air putih adalah jenis cairan terbaik karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Jika tubuh banyak mengeluarkan cairan, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah, dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak.

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat mempertahankan energi dalam tubuh. Dengan demikian, otot menjadi tidak kaku dan tubuh pun tidak mudah lemas selama bergerak atau beraktivitas.

 

Jangan Sering Begadang!

Setelah seharian beraktivitas tentunya tubuh butuh istirahat untuk mengisi kembali energi yang sudah terkuras. Untuk itu, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan tidur setidaknya 6-8 jam setiap malam agar kamu tidak mudah merasa lelah. Milikilah jam tidur yang terjadwal, yakni tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Jika merasa lelah di siang hari, tidak mengapa untuk tidur siang selama 20–30 menit. Usahakan tidak bermain gadget 1 jam sebelum tidur karena ini akan membuatmu jadi sulit tidur. Kurangnya kualitas tidur bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya membuat tubuh mudah lelah, ngantuk, cemas, dan mudah emosi. Jadi, segera hilangkan kebiasaan begadang!

 

Mengelola Stres dengan Baik

Credit Image - alodokter.com

Ada banyak penyebab stres, bisa dari pekerjaan, finansial, hubungan personal, informasi negatif sosial media, dan ekspektasi yang tidak berjalan sesuai dengan kenyataan. Stres adalah silent killer yang dapat menguras energi. Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan susah tidur dan melemahkan daya tahan tubuh.

Namun, apabila stres dikelola dengan baik, rasa lelah pun dapat teratasi. Salah satunya adalah dengan melakukan relaksasi, seperti yoga dan meditasi. Relaksasi akan membuat kamu menjadi lebih tenang dalam mengatasi persoalan hidup. Selain itu, melakukan hobi yang disukai juga bisa mengurangi stres, misalnya menonton film, berkebun, atau bermain musik.

 

Rajin Konsumsi Multivitamin

Dalam penerapan gaya hidup sehat, memenuhi kebutuhan vitamin juga penting diperhatikan, kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga – dan pastinya tidak gampang merasa lelah. Hal ini era kaitannya dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Atau, buat kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, maka direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah deretan langkah yang harus segera diterapkan jika tubuhmu merasa gampang lelah. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com