Apakah kamu masih sering menilai keberhasilan olahraga hanya dari olahraga yang dilakukan.

Bukan tanpa alasan, nih. Karena, ternyata masih ada banyak tanda yang menunjukkan kalau olahraga yang kamu lakukan berjalan efektif. Lantas, apa saja sejumlah tanda-tanda tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Kualitas Tidur Membaik

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Mungkin belum banyak yang menyadari jika kualitas tidur bisa semakin membaik seiring dengan rutinitas olahraga yang dilakukan. Hal ini telah didukung oleh sebuah jurnal penelitian dalam Advances in Preventive Medicine tahun 2017, yang menjelaskan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas serta durasi tidur.

Secara ilmiah olahraga telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi stres, sehingga membuatmu lebih mudah tidur. Namun, jangan melakukan aktivitas fisik ini mendekati waktu tidurmu, ya. 

 

Nafsu Makan Bisa Dikontrol

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa olahraga secara teratur dapat membuat nafsu makan lebih terkontrol. Sebab, aktivitas fisik terbukti mampu menurunkan kadar hormon ghrelin, yang menstimulasi rasa lapar. 

Ini artinya nafsu makan yang terkontrol menjadi salah satu tanda olahraga berjalan efektif. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2017 menemukan bahwa rutinitas olahraga aerobik mampu merangsang hormon peptide YY, sehingga dapat menekan nafsu makan. 

 

Lebih Bahagia                     

Credit Image - liputan6.com

Bukan suatu rahasia lagi jika olahraga dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Tak heran, jika akitivitas fisik ini bahkan dianggap sebagai obat antidepresan alami. Banyak orang yang sering melakukannya untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Perlu diketahui jika saat berolahraga, tubuh akan secara alami memproduksi hormon endorfin. Hormon inilah yang dapat memberikan perasaan positif serta mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh. 

 

Olahraga yang Dilakukan Tak Terasa Menyiksa

Ketika baru memulai olahraga, banyak orang yang merasakan lelah dan pegal keesokan harinya. Ini karena tubuh belum terbiasa dengan rutinitas barunya tersebut. Namun, jika dilakukan secara teratur maka aktivitas fisik itu akan terasa lebih mudah.

Nah, jika kamu sudah merasa aktivitas fisik yang dulu terasa begitu berat menjadi lebih ringan. Maka, itu salah satu tanda bahwa olahraga yang dijalankan kamu selama ini telah membuahkan hasil. Sudahkah kamu merasakan tanda yang satu ini?

 

Sudah Pasti, Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Credit Image - halodoc.com

Tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. Pasti kamu juga menginginkannya, kan? Namun, untuk mendapatkannya tentu bukan perkara yang mudah. Salah satu cara untuk meraihnya adalah olahraga secara teratur.

Saat olahraga, tubuh akan secara alami melakukan adaptasi untuk meningkatkan kebugarannya. Inilah alasannya mengapa aktivitas fisik dapat membuatmu merasa lebih berenergi dalam menjalani hari.

Rajin berolahraga memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam urusan mental. Tentu saja, kamu ingin tubuh tetap dalam kondisi prima sampai hari tua nanti, kan? Nah, biar makin maksimal, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat, ya.

 

Sudahkah kamu rutin berolahraga? Pastikan juga kamu telah merasakan berbagai tanda di atas, ya. Dengan demikian, aktivitas fisik yang kamu lakukan sudah bisa dibilang efektif, lho!

 

 

Featured Image – poshindonesia.id