Apakah saat ini kamu sedang tertarik menjalani bisnis online? Tentu, membangun usaha yang sukses bukan hal yang mudah, termasuk yang dilakukan secara online. Tapi tak perlu khawatir, terdapat banyak jalan untuk mencapai kesuksesan, kok. Salah satunya dengan menerapkan 5 tips di bawah ini.

Menerapkan cara memulai bisnis online dari nol sepertinya susah-susah gampang, karena tak bisa dipungkiri, banyak sekali pesaing yang juga memiliki usaha serupa. Namun kamu tak boleh berkecil hati, ya. Kali ini Enervon bakal kasih kamu 5 cara memulai bisnis online dari nol – yang bisa diterapkan.

Penasaran, apa saja tips tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Mencari Tahu yang Dibutuhkan Pasar

Credit Image - vietnam-business-consulting.com

Pertama, cara memulai bisnis online dari nol adalah mencari tahu apa yang tengah diperlukan pasar. Hal ini dilakukan agar kamu mampu memenangkan pasar. Produk maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat membuat bisnis semakin berkembang. Sebab pasar merasa terbantu dengan adanya bisnis Anda.

Sehingga carilah masalah yang sedang dihadapi pasar. Kemudian, tentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah mereka dengan mendirikan bisnis. Karena konsep berpikir konsumen yaitu masalah mereka dapat terselesaikan. Jadi, pastikan bisnis yang kamu dirikan merupakan solusi dari permasalahan pasar, ya!

 

#2 – Jalani Riset Pasar Dahulu

Setelah mencari tahu hal yang dibutuhkan pasar, cara memulai bisnis online selanjutnya, yaitu melakukan riset pasar. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui permintaan pasar atau data secara obyektif. Dengan demikian, informasi tersebut mampu menjadi pertimbanganmu dalam mengambil keputusan.

Dalam hal ini, kamu bisa memulai riset pasar dengan mencari produk maupun jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Selanjutnya, kamu perlu mencocokkan informasi tersebut dengan data di internet.

Agar lebih mudah, gunakan Google Trends untuk melihat statistik data dari produk atau jasa yang tengah tren tersebut. Sebab biasanya data statistik di Google Trends menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian.

 

#3 – Pilih Produk yang Akan Ditawarkan                   

Credit Image - cnnindonesia.com

Setelah melakukan riset pasar dengan mendalam, kemudian kamu perlu memilih produk yang akan dipasarkan melalui kanal internet. Nah, sebelum menentukan produk jualan, sebaiknya kamu seimbangkan dahulu pilihan tersebut dengan peluang dan risikonya.

Sebagai contoh, kamu memutuskan membuka jasa titip – alias jastip. Keuntungan jastip adalah kamu berkesempatan menjual produk dengan jumlah saingan lokal sedikit. Akan tetapi, kelemahannya penjual jastip biasanya perlu memahami mekanisme pembelian internasional, belum lagi risiko penipuan oleh agen luar negeri.

 

#4 – Menentukan Target Konsumen

Kalau kamu sudah menetapkan jenis produk yang akan dijual, maka cara memulai bisnis online selanjutnya, yakni menentukan target konsumen. Langkah ini penting, lho. Analisa dan perhitungkan jenis pasar seperti apa yang cocok dengan produk. Dan, buatlah target konsumen secara spesifik.

Kamu bisa juga mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan sebagainya. Semakin detail dan mengerucut target pasar yang kamu buat, maka semakin mudah untuk menyasar mereka.

 

#5 – Lakukan Promosi

Credit Image - finance.detik.com

Pasca penentuan model bisnis dan media pemasarannya, kamu bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis. Mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Bila produk kamu dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat dioptimalkan. Tetapi, jika produk kamu hanya dipromosikan lewat sosial media saja, maka bisa memaksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

 

#6 – Jangan Lupa, Tetap Jaga Staminamu, Ya!

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih mudah menjalani bisnis online. Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Sejumlah cara memulai bisnis online dari nol di atas tak sulit dilakukan, ya? Jika kamu berminat menjalani usaha, yuk, terapkan sejumlah tips di atas!

 

 

Featured Image – qoala.app