Memenuhi kebutuhan nutrisi anak merupakan suatu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh orangtua. Ini termasuk melengkapi asupan vitamin dan mineral setiap harinya. Dari sekian banyaknya vitamin yang ada, vitamin C sangat penting untuk kesehatan tubuh Si Kecil, moms.

Vitamin C untuk anak memegang peran penting, termasuk mendukung sistem tumbuh kembangnya – dan menjaga kekebalan tubuh Si Kecil. Ini sama saja seperti memenuhi kebutuhan vitamin C pada orang dewasa, lho.

Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk anak? Berikut ini informasi lengkapnya yang wajib kamu simak sampai habis!

 

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Credit Image - edukasi.kompas.com

Di antara banyak fungsi dan manfaat vitamin C untuk anak, salah satu yang paling penting adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan yang satu ini bisa ditemukan dalam beragam sumber, termasuk buah dan sayur.

Vitamin C memiliki kandungan tinggi dalam sel-sel imun sehingga mengindikasikan bahwa vitamin ini merupakan agen untuk meningkatkan daya tahan tubuh – termasuk pada Si Kecil. Lantas, sudahkah moms memenuhi kebutuhan asupan ini untuk anak?

 

Menjaga Kesehatan Si Kecil Secara Keseluruhan

Selanjutnya, manfaat vitamin C untuk anak, termasuk yang berusia 2 tahun ke atas, yaitu dapat membantu menjaga kesehatan. Pasalnya, vitamin C juga merupakan salah satu zat antioksidan yang luar biasa, lho.

Zat antioksidan berperan vital dalam pemeliharaan kesehatan secara umum. Sebagai zat antioksidan, vitamin C membantu mengendalikan radikal bebas. Radikal bebas berlebih dapat memicu kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit kronis.

 

Membantu Produksi Kolagen

Credit Image - shopee.co.id

Manfaat vitamin C untuk anak yang tidak kalah pentingnya adalah berperan dalam proses pembentukan kolagen. Ini merupakan protein yang membentuk banyak bagian tubuh, termasuk kulit, tulang rawan, pembuluh darah, dan otot. Protein ini juga berperan dalam pemeliharaan jaringan ikat dan pemulihan luka.

Tak hanya itu saja, kolagen juga punya manfaat baik dalam menjaga kesehatan tulang serta gigi, moms. Diketahui, menjaga kesehatan tulang dan gigi sejak dini merupakan hal yang penting. Nah, dalam hal ini, vitamin C berperan krusial, mengingat anak masih berada dalam fase pertumbuhan.

 

Mencegah Penyakit Kanker

Dikutip dari Parenting First Cry, vitamin C untuk anak-anak dapat membantu mencegah kanker. Sebab, vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menetralisir zat pengawet yang ada pada makanan.Berbagai faktor inilah yang membuat vitamin C dianggap mampu mencegah kanker.

Peran vitamin C sebagai antioksidan juga dapat membantu menjaga Si Kecil dari polusi, lho. Polusi udara mengandung berbagai senyawa dan bahan kimia yang bisa berdampak buruk pada kesehatan anak. Nantinya, vitamin C untuk anak dapat memberikan efek antioksidan untuk meredakan penyakit berbahaya, termasuk kanker dan yang berkaitan dengan saluran pernapasan.

 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Credit Image - doktersehat.com

Salah satu manfaat vitamin C untuk anak 3 tahun adalah mendukung penyembuhan luka. Pada masa ini, anak-anak mulai aktif bermain dan berisiko mengalami cedera jika terjatuh. Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan luka anak, moms bisa memberikan makanan yang mengandung vitamin C.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Community Nursing, sejumlah ahli medis dapat merekomendasikan suplemen bagi seseorang yang kekurangan vitamin C selama masa penyembuhan luka.

 

Manfaat Vitamin C Untuk Anak Lainnya

Selain itu, manfaat vitamin C untuk anak dapat membantu mengurangi peradangan – seperti, peradangan paru-paru yang merupakan gejala Covid-19 berat. Ingat, kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan kematian, lho.

Yang tak kalah penting – vitamin C merupakan nutrisi penting bagi otak yang memiliki peran dalam pembentukan neurotransmiter yang penting dalam membantu aktivitas otak dan kecerdasan anak. Jadi, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak yang satu ini ya, moms.

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Si Kecil

Credit Image - momsindonesia.com

Vitamin C merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, ada baiknya kamu memberikan anak asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga.

Atau, moms pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu – dan tentunya agar pemenuhan vitamin C anak makin maksimal, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Kamu disarankan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang aman diberikan kepada anak setiap harinya.

Multivitamin andalan anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – Nah, Enervon-C Plus Sirup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar ia tidak mudah sakit.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup juga berperan penting untuk ntuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tak perlu khawatir, sebab multivitamin Enervon-C Plus memiliki kandungan rendah gula, serta tersedia dalam bentuk sirup yang cenderung disukai anak, karena rasa yang nikmat – sekaligus mudah dikonsumsi, dibanding dalam bentuk tablet.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, kamu bisa dapatkan di official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah beragam manfaat vitamin C untuk anak yang wajib diketahui, moms. Pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhannya pada Si Kecil setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com