Apakah belakangan waktu terakhir kamu kerap merasa mudah lelah maupun lemas? Hati-hati, kondisi ini bisa menandakan adanya kekurangan nutrisi dalam tubuh, lho. Meski asupan nutrisi menjadi faktor paling umum.

Dalam makalah yang diterbitkan di Nutrients pada Januari 2020 silam, disebutkan bahwa vitamin dan mineral terlibat dalam metabolisme, transportasi oksigen, dan fungsi saraf. Ketika pasokannya tidak cukup, maka kamu lebih mudah merasa lemas.

Untuk itu, diperlukan suplemen biar gak gampang capek yang penting dikonsumsi setiap harinya. Lantas, apa saja suplemen yang dimaksud tersebut? Berikut ulasannya

 

 

Vitamin B12

Credit Image - jovee.id

Suplemen biar gak gampang capek pertama yang perlu dikonsumsi secara rutin, yaitu vitamin B12. Ketika kamu tak mencukupi kebutuhan vitamin B12, pembentukan sel darah merah bakal terganggu. Diketahui, vitamin ini diperlukan untuk membentuk sel darah merah.

Nantinya, sel darah merah yang membawa okisgen akan diedarkan ke seluruh tubuh. Saat pasokan oksigen sedikit, tak jarang kamu merasa gampang lemas.

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12 sehingga harus ada asupan makanan yang kaya vitamin B12. Sebagaimana dilansir Healthline, kamu bisa menambahkan daging sapi, telur, susu maupun produk susu seperti keju, yogurt juga ikan-ikanan berlemak pada diet harian.
 

Vitamin D

Jangan salah, suplemen biar gak gampang capek yang berikut ini tengah naik daun karena fungsinya sebagai pendukung imunitas tubuh, lho. Saat tubuh kekurangan vitamin D, kamu akan cenderung merasa lesu.

Nah, kamu bisa memperoleh vitamin D saat berjemur di bawah sinar matahari. Sebagaimana dilansir Healthline, tubuh akan memproduksi vitamin D dari kolesterol. Selain itu, vitamin D juga diperoleh dari makanan seperti ikan-ikanan kaya lemak (salmon, tuna, ikan kembung), juga produk susu.

Jika dietmu kurang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D, suplemen bisa jadi solusi. Untuk orang dewasa umumnya memerlukan 600-800 IU vitamin D per hari.
 

Vitamin C

Credit Image - health.kompas.com

Seperti vitamin D, vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, mendukung pembentukan kolagen yang penting untuk kulit, tulang dan sendi. Lalu, vitamin ini pun penting untuk menciptakan asam amino yang digunakan untuk membangun otot yang sehat.

Saat tubuh kekurangan vitamin C, kamu akan cenderung merasa lelah. Pasalnya, vitamin C juga berperan dalam rutin mengonsumsi vitamin C – maka imunitas akan terpelihara secara optimal. Dengan begitu, metabolisme pun turut meningkat.

Vitamin C juga dapat bantu penyerapan zinc yang juga berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Zinc dapat bantu memproduksi hemoglobin, agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Ini dapat bantu kamu tetap merasa bertenaga.

 

Zinc

Zinc merupakan suplemen biar gak gampang capek lainnya yang tak boleh dilewatkan. Zinc merupakan jenis mineral yang juga penting bagi metabolisme tubuh. Ketika kekurangan zinc, tubuh akan menjadi mudah lemas, lho.

Mineral ini berfungsi untuk mengatur adenosine triphosphate (ATP) atau sumber energi tingkat sel. Dalam makalah yang diterbitkan pada 2017, konsumsi suplemen seng membantu mencegah kelelahan pada orang yang menjalani kemoterapi.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan zinc dari beragam jenis sumber makanan, seperti kerang-kerangan, kacang-kacangan, lentil, dan buncis.
 


Sejumlah Vitamin Tersebut Bisa Diperoleh Dengan Konsumsi Multivitamin Ini!

Credit Image - alodokter.com

Tak hanya dari sumber makanan, keempat suplemen biar gak gampang capek di atas juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk anak, kamu bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keempat suplemen biar gak gampang capek yang wajib kamu penuhi kebutuhannya setiap hari. Pastikan kamu sudah mengonsumsinya setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – genpi.co