Sudah diketahui bahwa serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dengan rutin mengonsumsi serat, kamu dapat terhindar dari beragam jenis penyakit, apalagi yang berkaitan dengan kondisi pencernaan.

Tak hanya itu saja, tetapi makanan berserat juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari CNN Indonesia, menurut seorang profesor ilmu makanan dan nutrisi di University of Minnesota, Joanne Slavin menyebutkan bahwa makanan berserat tinggi pun turut memberi bakteri baik dalam usus – yang bisa membantu mencegah peradangan berbahaya di tubuh. Perlu diketahui, peradangan bisa menyebabkan penyakit, lho.

Rajin mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat memperpanjang usia, menurunkan berat badan – ini penting dicatat bagimu yang sedang dalam program diet, nih!

Serat bisa diperoleh dari sejumlah jenis makanan tertentu yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Apa saja? Berikut ini 6 di antaranya!

 

 

#1 – Jagung

Credit Image - taste.com.au

Jagung merupakan salah satu makanan berserat yang baik untuk tubuh. Satu buah jagung mengandung 2 gram serat. Jika kamu bosan mengonsumsi jagung rebus atau jagung di dalam sayuran, kamu bisa mengonsumsi jagung dalam bentuk popcorn. 

Pada setiap 3 mangkuk saji popcorn yang kamu konsumsi, ternyata sudah mengonsumsi 3,5 gram serat, lho. Jadi, untuk mendapatkan asupan serat, kamu bisa mengonsumsi jagung, baik direbus saja, maupun diolah menjadi bentuk sajian lainnya.

 

#2 – Alpukat

Keunikan buah alpukat terletak pada kandungan lemaknya yang tinggi, berbeda dari kebanyakan buah yang rata-rata mengandung karbohidrat. Tidak sekadar tinggi lemak, buah ini ternyata juga kaya akan serat.

Seratus gram alpukat mengandung 6,7 gram serat yang setara dengan 22% kebutuhan harian orang dewasa. Alpukat juga kaya akan vitamin B kompleks, C, E, serta berbagai jenis mineral yang bermanfaat bagi pencernaan.

 

#3 – Kacang-Kacangan

Credit Image - verywellhealth.com

Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang putih, kacang hitam, dan kacang merah juga memiliki serat yang tinggi. Selain kaya akan serat, kacang putih juga menjadi salah satu sumber protein dan zat besi.

Tak hanya itu, ada juga kacang hitam yang tidak hanya mengandung serat, tetapi juga mengandung antioksidan. Dan, kamu tak boleh melupakan kacang merah – yang merupakan jenis kacang yang paling mudah ditemukan. Bagi kamu yang sedang diet, mengonsumsi kacang-kacangan ternyata juga bisa membantumu lebih cepat menurunkan berat badan, lho!

 

#4 – Brokoli

Siapa yang tak suka brokoli? Sepertinya, sayuran ini kerap menjadi favorit banyak orang. Selain itu, brokoli bisa pilihan sempurna bagi kamu yang ingin menjalani hidup sehat atau sedang berusaha menurunkan berat badan. Brokoli dapat memberikan serat sebesar 2,6 gram untuk setiap 100 gramnya.

Penyajian brokoli juga mudah, lho. Kamu bisa merebus, mengukus, bahkan memakannya mentah-mentah. Namun ingat, cuci bersih dulu brokoli kamu sebelum disantap, ya. Selain itu, jika kamu akan mengukus atau merebus brokoli, sebaiknya jangan lebih dari 5 menit karena akan merusak kandungan vitamin dan gizi yang terkandung dalam sayuran hijau tersebut.

 

#5 – Tomat

Credit Image - yates.co.nz

Salah satu kandungan dalam tomat yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah serat. Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh menjaga pencernaan tetap sehat dan juga lancar.

Perlu diketahui bahwa kandungan serat dalam tomat itu tinggi, sehingga sangat baik untuk diberikan pada anak setiap hari. Selain untuk pencernaan, kandungan serat ini pun sangat baik untuk menjaga kestabilan gula darah.

 

#6 – Beras Merah

Jika kamu mengalami konstipasi atau susah buang air besar, sepertinya kamu perlu mengganti menu nasi putih kamu menjadi nasi merah. Oleh karena serat yang terkandung dalam beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih.

Selain serat, beras merah juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, serta mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Memiliki indeks glikemik lebih rendah, beras merah bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Memang, rutin mengonsumsi makanan berserat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, ya. Tetapi, menjaga sistem imun tentu saja harus diimbangi dengan berbagai kebiasaan sehat lainnya.

Ada pun hal yang bisa kamu lakukan, seperti rutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal.

Lalu, dianjurkan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen vitamin C – yang memang dikenal dapat menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, risiko terserang berbagai macam penyakit bisa diminimalisir, termasuk Covid-19.

Untuk suplemen vitamin C, kamu direkomendasikan mengonsumsi  Enervon Active dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra, serta mampu memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari. 

Bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga imun tubuh, sekaligus mengoptimalkan stamina agar tak mudah lelah.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah merasa lemas, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keenam jenis makanan kaya akan serat yang bisa kamu konsumsi sekaligus membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Yuk, pastikan kamu rutin mengonsumsi sejumlah makanan di atas, ya!

 

 

Featured Image – thekitchencommunity.org

Source – halodoc.com