Seperti diketahui, hemoglobin – atau yang sering disingkat sebagai Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Perannya, yaitu mengangkut oksigen kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Saat hemoglobin rendah, maka tak jarang seseorang kerap mengalami anemia.

Nah, saat kondisi tersebut dialami, kamu sangat dianjurkan mengonsumsi beragam makanan penambah Hb – yang biasanya kaya akan kandungan vitamin C, zinc, dan asam folat. Meski terdengar sepele, namun langkah ini sangat tepat untuk mengatasi – serta mencegah anemia, lho.

Lantas, apa saja makanan penambah Hb yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut ini 5 rekomendasinya. Simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Daging Sapi

Credit Image - challengedairy.com

Makanan penambah Hb pertama, yakni daging sapi. Ini dapat berupa daging sapi panggang, daging sapi tanpa lemak, dan daging sapi giling merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Di dalam daging sapi terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, sel darah merah pun dapat diproduksi dalam jumlah cukup.

Dikutip dari situs University of New Mexico Hospital, kamu dianjurkan mengonsumsi daging sapi dalam porsi kecil setidaknya satu kali sehari. Namun, kamu tetap perlu mendiskusikan langkah terbaik dengan dokter yang menangani, ya.

Dalam 100 gram daging sapi giling mengandung 2,7 mg zat besi. Selain kaya zat besi, daging sapi juga mengandung asam folat yang turut berperan penting dalam produksi hemoglobin dalam tubuh.

 

#2 – Daging Ayam

Kemudian, selain daging sapi, makanan penambah Hb berikutnya adalah daging ayam – yang memiliki kandungan zat besi. Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kadar HB yang rendah. Dalam hal ini, kamu disarankan mengonsumsi daging ayam bagian paha sekali dalam sehari.

Tak hanya itu saja, daging ayam bagian dada juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, lho. Namun, tidak sebaik bagian paha, ya. Agar lebih aman, pastikan kamu daging ayam dengan matang sempurna sebelum mengonsumsinya.

 

#3 – Makanan Laut

Credit Image - kompas.com

Seperti yang sudah disebutkan bahan makanan yang berasal dari laut juga termasuk dalam makanan penambah Hb, lho. Ya, pasalnya jenis makanan tersebut umumnya kaya akan kandungan zinc. Seperti kerang dan udang juga mengandung zat besi juga berguna untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Dalam satu porsi penyajian, kerang bisa mengandung zat besi hingga 3 mg.

Selain kerang dan udang, ikan tuna juga mengandung zat besi. Dalam 85 gram tuna terdapat 1,4 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Jadi, jika kamu mengalami anemia, mengonsumsi makanan penambah Hb ini bisa membantu mengatasinya!

 

#4 – Tahu

Makanan penambah Hb yang satu ini sayangnya masih jarang diketahui, lho. Nyatanya, tahu menjadi salah satu asupan tepat yang dapat membantu mengatasi masalah anemia. Apakah kamu masih tidak percaya?

Protein nabati seperti tahu juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan hemoglobin. Satu porsi tahu (100 gram) mengandung 2,66 mg zat besi dan sejumlah mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium.

 

#5 – Sayur dan Buah-Buahan

Credit Image - delightfulvegans.com

Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin saja tidak cukup jika proses penyerapannya tidak berjalan baik. Untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan baik, kamu perlu makan makanan kaya vitamin C secara bersamaan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zinc yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Makanan tinggi vitamin C , seperti sayuran hijau, seperti bayam, juga bermanfaat untuk meningkatkan Hb secara optimal, lho.

Satu porsi (100 gram) bayam mentah mengandung zat besi sebanyak 2,71 mg. Bayam juga mengandung asam folat yang memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Selain itu, brokoli yang kaya vitamin C juga dikenal sebagai sayuran yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Nah, selain dari mengonsumsi makanan penambah Hb – yang juga kaya akan vitamin C, kamu bisa memperoleh asupan vitamin ini dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengatasi anemia, sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi lainnya, termasuk zinc. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Jadi, itulah kelima jenis makanan penambah Hb yang patut dikonsumsi ketika kamu tengah mengalami anemia. Guna mencegah kekurangan hemoglobin, pastikan kamu sudah rajin mengonsumsi asupan bernutrisi lengkap, ya!

 

 

Featured Image – thestar.com