Parents, kamu pasti tahu bahwa biasanya anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya. Apakah buah hatimu juga seperti itu? Memang, kehadiran, dukungan, dan peran ayah dalam tumbuh kembang anak perempuan sangatlah penting, lho. Bahkan, hal ini punya pengaruh besar bagi sang anak – dan berlangsung sampai ia beranjak dewasa.

Peran ayah sangat penting, terutama dalam urusan kemampuan bersosialiasi sampai tolak ukur anak perempuan dalam mencari pasangan. Untuk itu, ayah harus terlibat dalam pengasuhan anak sejak ia masih bayi.

Tidak hanya itu saja, masih ada beragam alasan lainnya mengapa peran ayah sangat penting dalam proses perkembangan anak perempuan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Menjadi Standar dalam Memilih Pasangan

Credit Image - halodoc.com

Ada ungkapan bahwa anak perempuan akan mencari pasangan yang mirip dengan ayahnya. Dalam hal ini, peran ayah berperan untuk memberi contoh pada anak perempuannya – yang kemudian akan menjadi patokan anak dalam mendapat pasangan. Artinya, anak akan mencari pasangan yang seperti dengan ayahnya.

Cara ayah bersikap pada anak perempuannya sangat menentukan hal ini. Jika sang ayah bersikap penuh hormat dan perhatian pada anaknya, maka anaknya pun mengharapkan akan mendapatkan perhatian dan hormat yang sama dari pasangannya kelak.

Selain itu, anak perempuan juga akan memperhatikan bagaimana sikap ayah dalam hubungan romantismenya dengan pasangan. Dan, hal ini juga berlaku bagi orangtua yang sudah berpisah, karena anak akan memperhatikan bagaimana ayah memperlakukan mantan pasangannya tersebut.

 

Kasih Sayang Ayah Bisa Menghasilkan Kepercayaan Diri yang Kuat

Alasan lainnya mengapa peran ayah sangat penting dalam perkembangan anak perempuan, yaitu berkaitan dengan rasa percaya diri.

Ayah yang penuh kasih sayang, pujian, dukungan, dan cinta akan memberi rasa percaya diri dan kenyamanan pada diri seorang anak perempuan sampai dia dewasa. Anak perempuan yang mendapatkan perlakuan-perlakuan ini dari ayahnya, akan menjadi wanita dewasa yang sukses dan bahagia.

Bagaimana caranya? Ternyata, ayah tidak perlu melakukan banyak hal, lho. Paling penting sosok ayah selalu hadir bagi putrinya, memberi dukungan, menyemangati, dan menjadi pendengar yang baik, ini saja yang dibutuhkan oleh seorang anak perempuan dari ayahnya untuk tumbuh menjadi wanita yang hebat.

 

Membantu Anak Perempuannya Memiliki Nilai Akademis yang Baik

Credit Image - klikdokter.com

Peran ayah terhadap anak perempuannya yang satu ini juga tak kalah pentingnya, ya.  Ayah yang terlibat dalam pendidikan anak perempuannya, akan membuat anak memiliki nilai akademis lebih baik daripada mereka yang ayahnya tidak terlibat secara langsung.

Keterlibatan ayah bisa dalam bentuk dukungan langsung seperti menemani Si Kecil belajar, membantunya menyelesaikan tugas yang berat, sampai mengajaknya ikut kelas tambahan yang menantang. Selain itu, jika ayah turut menjadi sukarelawan di sekolah, maka akan menunjukkan kepada putrinya mengenai betapa pentingnya pendidikan.

 

Ayah Lebih Sering Menantang Anak Perempuan Untuk Mengambil Risiko

Biasanya seorang anak perempuan mendapat jiwa petualangnya dari sang ayah. Hal itu terbentuk sesederhana dari hal-hal seperti ajakan untuk mencoba olah raga baru, mencoba kuliner yang baru dan berbeda, mencoba memperbaiki mobil, dorongan untuk melakukan solo traveling, atau bahkan untuk melawan perundung di sekolah.

Namun, dalam hal ini ayah harus sedikit berhati-hati. Biasanya ayah memiliki insting yang kuat dalam hal melindungi, memperbaiki, dan menyelamatkan Si Kecil dalam berbagai hal, namun dalam membentuk karakter anak perempuan yang lebih tangguh, petualang, mampu menyelesaikan masalahnya, dan mampu mengambil resiko, sang ayah harus bisa sedikit mengurangi insting-insting tersebut.

Lebih baik fokus untuk terus menerus menyampaikan kepada anak perempuannya bahwa ia memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai hal, serta mendorong mereka untuk mewujudkannya. 

 

Membuat Anak Perempuan Mampu Mencintai Dirinya Sendiri

Credit Image - id.theasianparent.com

Biasanya seorang anak akan melalui satu titik di mana ia merasa tidak percaya diri, apalagi yang berkaitan dengan citra tubuh. Benar, kan? Bahkan, banyak sekali anak perempuan yang sangat tidak percaya diri, karena ketidaksempurnaan fisiknya. Hati-hati, hal ini bisa saja menyebabkan depresi, lho.

Di sinilah peran ayah sangat diperlukan. Meski ayah bukan satu-satunya orang yang memberi pengaruh pada tingkat percaya diri anak perempuannya, tapi ayah memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini.

Selain dari bagaimana cara ayah menyampaikan pendapat tentang penampilan anaknya, tapi juga dari bagaimana cara ayah mengomentari penampilan orang lain. Seorang ayah yang hebat adalah ayah yang mampu menghargai penampilan orang lain terlepas dari seperti apa kondisi fisik orang tersebut.

Tak bisa dipungkiri, peran ayah dalam pertumbuhan anak perempuan sangat penting. Namun, agar pertumbuhan Si Kecil makin maksimal, pastikan pula kamu sudah memberikan asupan vitamin yang cukup.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Peran ayah memang sangatlah dibutuhkan dalam proses pertumbuhan anak perempuan – karena, ayah punya tugas yang besar dalam membentuk anak perempuan menjadi wanita yang hebat. Untuk itu, pastikan ayah sudah mengetahui perannya di atas, ya, moms!

 

 

Featured Image – mommiesdaily.com