Selama periode menyusui, sang ibu tentu saja harus mendapat vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin untuk ibu menyusui yang penting didapatkan asupannya setiap hari.

Vitamin C – atau disebut juga sebagai asam askorbat memang merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan semua kalangan, termasuk ibu menyusui. Vitamin untuk ibu menyusui ini bisa didapat dari buah, sayur, dan mengonsumsi suplemen.

Tidak hanya sekedar menjaga kekebalan tubuh, vitamin C punya banyak ragam manfaat baiknya buat ibu menyusui, lho. Apa saja? Berikut ini 5 di antaranya yang wajib kamu ketahui!

 

 

#1 – Menguatkan Imunitas

Credit Image - alodokter.com

Manfaat vitamin C bagi ibu menyusui yang pertama adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh ibu akan lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Selain itu, vitamin C juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas.

Kehadiran vitamin C saat menyusui sangat penting, sebab jika sang ibu jatuh sakit, maka proses menyusui Si Kecil akan terganggu. Bahkan, kalau ibu menyusui terlanjut sakit, bukan tidak mungkin penyakit tersebut tertular ke buah hati, lho.

 

#2 – Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Manfaat lainnya dari vitamin untuk ibu menyusui yang satu ini, yakni dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Riset mengungkapkan bahwa penyerapan zat besi pada orang dewasa yang rutin mencukupi asupan vitamin C dapat meningkat hingga sekitar 67%.

Manfaat ini sangat baik bagi ibu menyusui. Busui perlu tahu bahwa saat menyusui, ASI yang ibu menyusui keluarkan akan mengandung zat besi yang diperoleh dari tubuh sang ibu sendiri. Jika tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, tubuh ibu menyusui bisa kekurangan zat besi dan mengalami anemia, lho.

 

#3 – Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Credit Image - blog.klikindomaret.com

Selama hamil, perubahan hormon di dalam tubuh bisa menyebabkan gigi dan gusi mudah terluka dan berdarah. Masalah ini juga bisa terjadi hingga beberapa hari atau minggu setelah melahirkan. Nah, di sinilah peran vitamin C buat ibu menyusui.

Agar kondisi kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga, penting bagi ibu menyusui untuk rutin merawat gigi dan mencukupi asupan nutrisi, seperti vitamin C. Nutrisi ini juga baik untuk memperkuat tulang dan sendi tubuh, lho.

 

#4 – Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Kemudian, manfaat vitamin untuk ibu menyusui yang satu ini juga berperan penting dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Saat melahirkan, tubuh bisa mengalami berbagai luka, misalnya karena robekan jalan lahir, tindakan episiotomi, atau meluruhnya jaringan plasenta di dalam rahim.

Untuk mendukung proses pemulihan tubuh dari berbagai macam luka tersebut, ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, seperti protein, zat besi, dan vitamin C. Tak hanya baik untuk ibu yang melahirkan normal, vitamin C juga baik untuk ibu yang melahirkan melalui operasi caesar.

 

#5 – Menurunkan Risiko Terjadinya Mastitis

Credit Image - lotuscarejogja.com

Tidak sedikit ibu menyusui mengeluh mengalami mastitis – atau peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini bisa mengganggu proses menyusui karena menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Untuk mengatasinya, ibu dianjurkan untuk tetap menyusui Si Kecil sesering yang ia mau, melakukan pijatan payudara untuk melancarkan aliran ASI, dan juga meminum air putih yang cukup.

Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi makanan tinggi vitamin C. Riset menunjukkan bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko ibu menyusui mengalami mastitis, tapi manfaat vitamin untuk ibu menyusui ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, ya.

Nah, utuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan sehat – seperti sayur dan buah yang kaya akan vitamin tersebut. Dari buah, kamu bisa konsumsi jeruk, buah lemon, pepaya, kiwi, buah berries, nanas, maupun leci.

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan vitamin C pada beberapa jenis sayur, termasuk kangkung, brokoli, kale, paprika merah dan hijau, kembang kol, kubis, serta cabai merah.

Yang perlu diketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin ini. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Guna tetap memenuhi kebutuhan vitamin C harian secara maksimal, termasuk bagi ibu menyusui, disarankan untuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Multivitamin Enervon-C punya kandungan yang baik untuk kesehatan, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – sekaligus bisa memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Ibu hamil dan menyusui boleh saja mengonsumsi suplemen vitamin C, pasalnya berdasarkan data dari American Pregnancy Association, maksimal asupan vitamin C harian, yakni sebesar 2.000 mg. Namun sebaiknya, ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk langkah yang lebih tepat.

 

Jadi, itulah manfaat vitamin C untuk ibu menyusui. Untukmu yang sedang dalam masa menyusui, pastikan sudah memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya!

 

 

Featured Image – bidanku.com