Vitamin B kompleks termasuk salah satu nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi tubuh. Jika vitamin B lebih sering dikenal sebagai asupan untuk menjaga kesehatan jantung?

Sejatinya, vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Semuanya saling berdampingan untuk membantu fungsi tubuh. Tetapi, berkaitan dengan kesehatan jantung, ada dua jenis vitamin B yang punya peran paling besar.

Ya, ini adalah vitamin B1 dan vitamin B2, lho. Saking pentingnya, jika tubuhmu kekurangan kedua asupan tersebut, maka ada kemungkinan bisa mengalami gangguan sampai kegagalan pada jantung. Lantas, mengapa bisa?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Beragam Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan Jantung

Credit Image - health.detik.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin B kompleks terdiri dari beragam jenis vitamin, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin).

Nah, setiap vitamin B memiliki manfaatnya masing- masing, tetapi secara umum semuanya berperan dalam kesehatan sel, sistem saraf, jantung, otot, dan lainnya.

Vitamin B1, B2, B6, B9, dan B12 adalah vitamin B kompleks yang paling dibutuhkan untuk kesehatan jantung, vitamin ini dapat melindungi tubuhmu dari penyakit jantung, stroke, serta berbagai gangguan lain pada jantung dan sistem peredaran darah.

Namun, vitamin B1 dan B2 yang memegang peran besar dalam mencegah timbulnya penyakit gagal jantung.

 

Vitamin B1 Punya Peran Besar Melindungi Jantung

Tiamin bekerja dengan membantu produksi neurotransmitter aseltilkolin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang menyampaikan sinyal pada sistem saraf. Pada persarafan jantung, asetilkolin menyampaikan sinyal antara saraf- saraf dan otot jantung agar jantung selalu berfungsi dengan baik.

Kekurangan asupan vitamin B kompleks ini berpengaruh untuk kesehatan jantung. Detak jantung menjadi tidak teratur sehingga lama kelamaan dapat mengganggu fungsi jantung dan membahayakan kesehatan.

Selain itu, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan penyakit beri- beri. Dampaknya adalah pembesaran jantung, penumpukan cairan pada kaki, peningkatan tekanan pembuluh vena, kerusakan saraf, serta gagal jantung.

 

Vitamin B2 Juga Punya Peran yang Sama, Lho!

Credit Image - minimalis.co.id

Tidak hanya vitamin B1 saja yang punya peran besar terhadap kesehatan jantung. Namun, begitu juga dengan vitamin B2. Nutrisi yang satu ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 terbilang jarang, dampaknya dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuhmu. Gejala akibat kekurangan vitamin ini adalah gangguan kulit, hiperemia – atau kelebihan darah, penumpukan cairan pada mulut dan kerongkongan, masalah sistem reproduksi, serta gangguan pada hati dan sistem saraf.

 

Bagaimana Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin B Harian?

Kekurangan vitamin B kompleks memang bisa mendatangkan beragam dampak buruk bagi kesehatan. Nah, untuk itu, kamu harus memenuhi asupannya setiap hari, ya. Sumber makanan, seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Selain dari sumber makanan, biar pemenuhan kebutuhan vitamin B makin maksimal, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama, serta membantu mengurangi stres. Dan, kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, sudah jelas ya ulasan mengenai manfaat vitamin B kompleks untuk menjaga kesehatan jantung. Yuk, terus penuhi kebutuhannya setiap hari agar kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga!

 

 

Featured Image – starglammagz.com