Tak bisa dipungkiri, memulai bisnis online dari nol bukan perkara mudah. Tentu ada banyak persiapan – dan juga modal yang perlu dikeluarkan. Namun tenang, asalkan ada niat dan bersungguh-sungguh, memiliki bisnis yang sukses pasti bukan sekedar impian belaka.

Nah, salah satu bisnis online yang sering menjadi pilihan banyak orang, yakni di bidang kuliner. Bisnis makanan memang merupakan usaha yang sangat potensial, lho, mengingat permintaan akan makanan tidak ada habisnya.

Apakah kamu tertarik menjalani usaha tersebut? Kali ini Enervon bakal kasih 6 cara memulai bisnis online dari nol yang bergerak di bidang kuliner. Biar tak penasaran, yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Temukan Ide

Credit Image - smart-money.co

Cara memulai bisnis online dari nol yang bergerak dalam bidang kuliner, pertama kamu harus menemukan ide terlebih dahulu. Tentukan jenis makanan maupun minuman yang akan dijual tentu menjadi langkah terpenting, kan?

Ada beberapa referensi makanan dan minuman yang dapat dipasarkan, seperti frozen food, makanan pedas dengan pilihan level, lauk olahan kering, katering makan siang, keripik, kue kering, dessert box, minuman literan, salad sayur dan buah, serta camilan sehat.

Setelah menentukan produk apa yang ingin dijual, pastikan makanan atau minuman tersebut aman dan awet apabila harus dikirimkan ke pelanggan yang berjarak jauh. Perhatikan masa ketahanannya dan pastikan kemasan yang digunakan juga aman untuk melindungi makanan dan minuman hingga sampai ke tujuan.

 

#2 – Mencari Target Pasar

Setiap bisnis kuliner memiliki target pasarnya masing-masing. Setelah menentukan ide makanan apa yang ingin dijual, pastikan kamu mengetahui siapa target pasarnya dan seberapa besar minat terhadap produk yang ingin dijual tersebut.

Merlakukan riset arget pasar dapat dilakukan dengan cara membaca tren yang ada di media sosial atau melakukan browsing di internet. Tak hanya itu, kamu juga dapat melakukan survei kecil-kecilan ke kerabat dan teman terdekat terkait ide bisnis yang ingin dilaksanakan.

Jadi, kamu akan memiliki gambaran lebih jelas tentang siapa yang ingin disasar nantinya ketika melakukan penjualan produk kuliner, ya!

 

#3 – Mencari Pemasok Bahan dan Distribusinya

Credit Image - food.detik.com

Dalam cara memulai bisnis online dari nol yang bergerak di bidang kuliner, kamu juga harus mencari pemasok bahan makanan – dan menentukan cara distribusinya. Berbisnis kuliner tentu kamu butuh bahan mentah yang akan diolah menjadi makanan sebelum dijual, ya.

Bisnis makanan merupakan bisnis yang memiliki batas kadaluarsa dan batas makanan layak dikonsumsi. Maka, pastikan bahan makanan yang kamu pasok sumbernya adalah sumber yang dipercaya menyajikan bahan makanan yang segar.

Miliki satu pemasok tepat dan terpercaya dari segi kualitas bahan makanan maupun dari segi ketersediaannya, sehingga dalam jangka panjang nanti, sehingga kamu tidak perlu lagi kesulitan mencari sumber bahan makanan ketika membutuhkannya.

Kemudian, selain pemasok utama, miliki juga pemasok cadangan. Tujuannya, ketika nanti ada keadaan mendadak dimana pemasok utama kehabiskan stok, kamu sudah punya penyedia bahan makanan lainnya tanpa harus menghabiskan waktu mencari pemasok lain. 

Pastikan juga pemasok pilihan punya sistem distribusi yang layak dan tepat waktu, agar kemasan bisa sampai dalam keadaan dan kualitas terbaik.

 

#4 – Tentukan Nama, Kemasan, dan Strategi Promosi

Kalau sudah menjalani beragam cara memulai bisnis online di atas, kini, saatnya kamu menentukan nama, kemasan, dan pemasaran yang akan dilakukan, ya.

Pilihlah nama yang sesuai dengan makanan yang kamu jual. Ketika konsumen mencicipi dan merasa makanan tersebut enak, maka mereka akan lebih mudah mengingat nama makanan tersebut. Hal ini akan membantumu mencapai pasar yang lebih besar lagi, lho.

Lalu, kemasan makanan juga perlu disesuaikan dengan target pasar. Misalnya, jika target pasarnya adalah anak-anak, maka kemasan dengan desain cerah dan warna warni akan lebih cocok dibanding kemasan berwarna dominan gelap. 

Untuk pemasaran, gunakan strategi pemasaran digital seperti melalui media sosial Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya yang sesuai dengan target pasar. Kamu juga bisa melakukan pengiklanan berbayar melalui media sosial supaya makanan yang dijual bisa dijangkau konsumen yang lebih luas. 

 

#5 – Jangan Lupa Buat Rancangan Keuangan yang Tersusun Rapi

Credit Image - superyou.co.id

Menjalani bisnis tentu tidak akan lepas dengan urusan modal. Dalam hal ini, kamu perlu menentukan sumber modal – dan juga jumlah yang ingin disalurkan untuk usaha kuliner tersebut. Nantinya, atur pula juga target bulanan, 3 bulanan, atau pun tahunan yang akan kamu dapatkan dari bisnis makanan online.

Pengaturan target yang terencana dan tersusun rapi akan memudahkan Anda menentukan strategi penjualan nantinya. Dan jika sudah mendapatkan modal dari investor, target yang terstruktur juga bisa membantumu mendapatkan suntikan modal lebih baik.

 

#6 – Tetap Menjaga Stamina

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih mudah menjalani bisnis online, apalagi yang bergerak di bidang kuliner. Biasanya bisnis makanan bakal lebih sibuk, sehingga kamu butuh tenaga ekstra, lho.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Apakah kamu tertarik menjalani usaha dalam bidang kuliner? Kalau begitu, jangan lupa terapkan 6 cara memulai bisnis online di atas, ya!

 

 

Featured Image – gobiz.co.id