Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga ternyata punya manfaat baik dalam membentuk karakter Si Kecil, lho. Tapi sebelum moms meminta anak melakukan pekejaan rumah, pastikan dahulu tugas yang diberikan sudah sesuai dengan usia dan kemampuannya, ya.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang tidak melibatkan sang buah hati dalam pekerjaan tersebut, misalnya takut mengganggu waktu bermain anak, atau khawatir hasil pekerjaan kurang baik sehingga harus dilakukan ulang. Padahal, kegiatan ini juga termasuk dari proses belajar dan bermain Si Kecil, lho.

Dari mengerjakan pekerjaan rumah, anak dapat mengeksplorasi banyak hal sekaligus melatih keterampilan serta menanamkan nilai-nilai hidup di dalam dirinya. Selain itu, masih ada 5 manfaat dari mengajak anak melakukan aktivitas ini, moms.

Apa saja, ya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Melatih Tanggung Jawab

Credit Image - parentingislam.id

Sikap bertanggung jawab pada anak penting untuk dilatih sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan melibatkannya dalam pekerjaan rumah tangga, moms. Apakah kamu sudah mulai menerapkan hal yang satu ini?

Dengan memberikan pekerjaan rumah, Si Kecil akan terbiasa untuk melakukan tugas yang dapat ia kerjakan sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada dirinya, karena ia diminta berpartisipasi dalam melakukan berbagai tugas di rumah.

 

#2 – Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Memberikan pekerjaan rumah bisa menjadi salah satu cara untuk melatih komunikasi anak. Komunikasi tak hanya sekadar berbicara, melainkan kemampuan dalam menyampaikan, mengolah, serta menerima pesan dengan tepat, lho, moms.

Anak yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan mampu bersosialisasi dan bekerja sebagai tim. Selain itu, dia juga cenderung bisa menyerap materi pelajaran di sekolah lebih baik sehingga bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

 

#3 – Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

Credit Image - icando.co.id

Tugas rumah yang dibantu oleh anak dapat meringankan pekerjaan orang tua. Hal ini dapat memungkinkan orang tua dan anak memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama. Dengan begitu, hubungan orang tua dan anak bisa semakin lebih erat.

Tak hanya itu saja, tetapi melibatkan anak dalam urusan pekerjaan rumah tangga juga diketahui bisa meringankan stres orangtua – sekaligus mengurangi beban tugas yang harus dikerjakan, apalagi kalau moms termasuk wanita karir yang juga harus menyelesaikan urusan domestik.

 

#4 – Melatih Sikap Mandiri

Anak yang sering dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga, misalnya mengepel, mencuci piring, memasak, atau membereskan kamarnya sendiri, bisa tumbuh menjadi seseorang yang mandiri. Dengan demikian, dia akan bisa hidup lebih produktif sampai kemudian hari, moms.

Selain itu, kalau anak sudah terbiasa membantu orangtua melakukan pekerjaan rumah tangga, maka Si Kecil juga dapat menjadi rekan yang dapat moms dan ayah andalkan di rumah, lho. Jadi, sejak dini kamu dapat mengajak anak melakukan aktivitas ini, ya.

 

#5 – Menumbuhkan Rasa Empati dan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Credit Image - klikdokter.com

Menumbuhkan rasa empati pada anak dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti memberinya kesempatan untuk ikut serta dalam tugas rumah tangga. Anak yang memiliki rasa empati akan mampu memahami dan menghargai orang lain, menempatkan diri, serta mengolah emosinya dengan baik.

Lalu, mengajak anak melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa membantunya mengetahui potensi di dalam diri anak. Menyelesaikan tugas dengan baik juga bisa membuat dia merasa puas serta bangga dan nyaman terhadap dirinya sendiri. Alhasil, rasa percaya diri anak pun bisa meningkat.

Nah, mengajak Si Kecil melakukan pekerjaan rumah tangga bisa mendatangkan manfaat baik yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya, moms.

Biar perkembangan anak semakin maksimal, kamu direkomendasikan asupan nutrisi lengkap, salah satunya dengan memberikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup – yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Itulah kelima manfaat mengajak anak melakukan pekerjaan rumah tangga. Apakah Si Kecil sudah mulai rutin melakukan tugas yang satu ini, moms?

 

 

Featured Image – woke.id