Radang tenggorokan merupakan salah satu gejala virus corona varian Omicron yang kerap dialami, lho. Terkadang, gejala ini pun sering terasa nyeri, sakit, gatal, kering, batuk, hingga susah menelan. Tak perlu khawatir, kondisi tersebut akan berangsur menghilang, kok.

Gejala radang tenggorokan sendiri merupakan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi virus maupun bakteri. Respons alami akan menyebabkan peradangan – dan juga pembengkakan pada selaput lendir di tenggorokan.

Nah, untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan, kamu bisa melakukan 5 tips berikut ini, lho. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

 

 

#1 – Kumur dengan Air Garam

Credit Image - halodoc.com

Ketika radang tenggorokan mulai menyerang, berkumurlah dengan air garam. Air asin bersifat menenangkan peradangan dengan menghancurkan keasaman yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Terapi ini juga dapat bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Caranya, larutkan kurang lebih 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan air garam tersebut selama beberapa menit. Berkumur dengan air garam perlu dilakukan tiga jam sekali atau lebih agar mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

 

#2 – Campuran Cuka Apel

Cuka apel juga dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Khasiat dari cuka apel adalah sebagai antijamur dan antibakteri. Sementara tingkat keasamannya bermanfaat untuk menurunkan kadar pH dari jaringan tenggorokan dan membersihkan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Tuangkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air hangat dan tambahkan satu sendok makan madu. Lalu, minumlah selagi hangat sebanyak dua kali sehari sampai radang tenggorokanmu membaik.

 

#3 – Konsumsi Lemon dan Madu

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Nah, racikan yang satu ini tentu sudah tidak lagi asing terdengar, kan? Lemon memang dikenal kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu meredakan radang sekaligus sariawan, lho. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok teh air lemon dengan secangkir air hangat. Kamu juga coba dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang tenggorokan.

Kandungan astringent yang terkandung di dalam air lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan serta menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

 

#4 – Daun Mint

Daun mint mengandung mentol yang bisa mengencerkan lendir dan memberikan rasa lega pada tenggorokan. Kandungan mentol pada daun mint juga memiliki zat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus yang bisa mengatasi radang tenggorokan.

Penggunaan daun mint dalam bentuk esensial dapat dicampurkan dengan minyak pengencer, seperti minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Untuk minyak peppermint, campurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pengencer pilihan masing-masing.

 

#5 – Jahe

Credit Image - timesnownews.com

Jahe dikenal sebagai rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh. Tak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk kesehatan dan melegakan tenggorokan yang sakit. Kandungan antioksidannya mampu menghilangkan dan membersihkan radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Sifat antibakteri yang terkandung di dalam jahe juga ampuh membunuh bakteri di saluran pernapasan.

Ditambah lagi, jahe mampu mengurangi kemerahan dan peradangan di area tenggorokan. Jika kamu sedang radang tenggorokan, bisa coba minum wedang jahe, lho. Cara membuatnya adalah iris tipis beberapa buah jahe. Rebuslah irisan jahe tadi dengan air secukupnya kemudian tambahkan madu.

 

#6 – Hindari Paparan Virus, Jalani Pola Hidup Bersih dan Sehat

Untuk menghindari paparan virus serta meminimalisir risiko berbahayanya, kamu disarankan menjalani pola hidup sehat dan bersih, terutama selama pandemi, seperti menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta tidak bepergian – kecuali ada urusan yang mendesak.

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Gimana? Sudah cukup jelas kan ulasan mengenai cara meredakan gejala radang tenggorokan akibat infeksi varian Omicron. Semoga tips di atas dapat membantu, ya!

 

 

Featured Image – bali.voi.id

Source – popmama.com