Siapa di sini yang suka merasa kelaparan di malam hari, padahal lagi diet? Wah, kamu tak sendirian, lho. Tapi sayangnya, keinginan makan ketika malam hari sering menakutkan, apalagi kalau bukan karena dapat menambah berat badan.

Untuk menyiasati hal tersebut, ada deretan camilan untuk diet yang dapat kamu konsumsi di malam hari, kok. Sejumlah asupan ini bisa menjadi alternatif yang baik ketika kamu merasa lapar di tengah malam. Penasaran, apa saja?

Berikut ini 6 camilan untuk diet yang dapat dikonsumsi di malam hari, dijamin tak bikin berat badan bertambah. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Buah Ceri

Credit Image - medicalnewstoday.com

Camilan untuk diet pertama yang bisa dimakan di malam hari, yaitu buah ceri. Menurut Keri Gans, seorang ahli diet di New York dan penulis buku The Small Change Diet, melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh. Jam internal ini adalah ritme pola harian, seperti waktu bangun dan pergi tidur yang dibentuk dan terkonsep pada otak.

Kapsul melatonin juga dikonsumsi oleh para pelancong ketika pergi ke tempat yang memungkinkan mereka mengalami jet lag. Penelitian menemukan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri.

Selain itu, zat tersebut juga bisa mengatasi masalah sakit kepala. Kandungan lainnya pada ceri adalah antioksidan seperti beta karoten yang baik untuk masalah jantung, lho.

 

#2 – Oatmeal

Kalau kamu lebih sering melihat orang makan oatmeal untuk sarapan, tapi tidak ada salahnya kalau ingin mengonsumsinya di malam hari sebagai camilan untuk diet, lho. Kok bisa? Ya, karena makanan ini dapat memproduksi hormon serotonin yang dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin.

Dikutip dari Livestrong, selain itu, oatmeal juga mengandung protein dan karbohidrat kompleks, jadi jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menyajikannya dengan yogurt tanpa lemak.

 

#3 – Keju dan Crackers

Credit Image - purewow.com

Hmm, siapa yang mengira tidak boleh makan keju sebelum tidur? Keju dan crackers adalah alternatif lain dari kombinasi dari protein dan karbohidrat kompleks. Namun, bukan berarti kamu bisa makan berlebihan dan sebebasnya, ya.

Agar camilan untuk diet ini masih tergolong sehat – dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan, lihat label nutrisi pada produk yang kamu makan, sebaiknya sekitar 150 kalori dengan kombinasi crackers gandum utuh dan keju rendah lemak, seperti keju feta.

 

#4 – Pisang

Camilan untuk diet selanjutnya, yaitu pisang. Diketahui, buah yang satu ini bisa menjadi pengganjal perut ketika sedang lapar. Nah, tidak hanya dijadikan sebagai camilan sehat di malam hari, kamu juga bisa mengonsumsi pisang ketika melewatkan makan malam.

Manfaat di atas tentu saja berat kandungan magnesium dan potassium di dalam buah pisang. Lalu, kedua kandungan tersebut juga dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

 

#5 – Popcorn

Credit Image - food.detik.com

Anda bisa berbahagia sekarang karena popcorn bisa menjadi camilan ketika kamu lapar di malam hari, tetapi popcorn tersebut haruslah tanpa rasa, tidak ditambah garam, tidak ditambah perasa lainnya. Alasan camilan untuk diet ini baik untuk dikonsumsi adalah karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, juga mengandung antioksidan.

Selain itu, popcorn juga termasuk ke dalam kelompok makanan gandum utuh – yang dapat dijadikan sebagai makanan alternatif selama diet. Kamu bisa mengonsumsi camilan untuk diet ini sekitar satu mangkuk dengan diberikan sedikit minyak zaitun.

 

#6 – Selai Kacang Alami

Selai kacang alami adalah yang tidak ditambah minyak palem sebagai penyeimbang, dan tentunya tidak ditambah gula. Selai kacang alami baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh, lho.

Tak hanya itu, kacang tanah yang biasanya diolah menjadi selai kacang juga kaya akan kancungan vitamin E, vitamin B3 – alias niasin, vitamin B9 atau folat, dan juga protein. Kamu bisa mengonsumsi camilan untuk diet ini dengan roti gandum utuh yang tak kalah sehatnya, ya.

Mengonsumsi camilan untuk diet memang penting untuk membantu penurunan berat badan. Namun, yang tak kalah pentingnya, selama diet kamu wajib memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, salah satunya dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Gimana, nih? Sekarang sudah tak perlu takut lagi makan di malam hari, karena kamu bisa mengonsumsi sejumlah camilan untuk diet di atas, ya!

 

 

Featured Image – tasteofhome.com