Tak bisa dipungkiri, para penggelut bisnis terus bermunculan. Hal ini membuat persaingan dalam dunia usaha tentu saja semakin ketat, ya. Tapi ingat, tidak semua pebisnis sudah pasti sukses dalam menjalani usahanya, lho. Ada juga pelaku bisnis yang gagal mengembangkan usahanya tersebut.

Bagimu yang tertarik menjalani bisnis, pastikan terus belajar dan berupaya agar usaha tersebut dapat tetap bertahan. Salah satunya dengan memiliki mentor dalam berbisnis. Apalagi, kalau dirimu belum memiliki pengalaman bisnis yang memadai, maka punya mentor jadi hal yang patut dipertimbangkan.

Mentor adalah hal yang cukup penting dalam berbisnis, namun seberapa pentingnya, ya? Nah, memiliki mentor bisa mendatangkan berbagai manfaat baik dalam bisnis, lho. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Mentor Adalah…

Credit Image - karirgogo.com

Mentor adalah seseorang yang punya pengalaman dan kecakapan dalam bidang tertentu – dan pastinya bersedia untuk memberikan dukungan serta bimbingannya, sehingga kamu bisa meraih tujuan yang diinginkan, yaitu kesuksesan baik dalam hidup, bisnis maupun karir.

Mentor yang baik bisa membawa sangat banyak perubahan dan mengakselerasi perkembanganmu, baik secara kepribadian, kemampuan, serta dukungan networking yang luas. Nantinya, sejumlah hal tersebut mesti mentor bagikan kepadamu sang mentee – alias anak didiknya..

Bersama-sama, sang mentor dan mentee akan membangun sebuah hubungan yang dilandasi saling hormat, saling percaya dan saling pengertian. Menjadi mentor maupun mentee bisa memberikan pengalaman berharga bagi kedua pihak, lho. Apalagi, bila kamu sebagai mentee kelak sukses, mentormu akan jadi orang yang paling bangga atas pencapaian yang kamu dapatkan. 

 

Dalam Berbisnis, Mentor dapat Membagikan Pengalaman yang Inspiratif

Mentor adalah orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis. Mentor memiliki banyak pengalaman hidup dalam berbisnis yang bisa memberikan dirimu inspirasi, lho. Kamu pun bisa belajar banyak hal dari pengalaman hidupnya.

Lalu, kamu bisa mempelajari strategi bisnis yang mentor terapkan dalam bisnis sang mentor. Lantas, manfaatkanlah kesempatan ini untuk bertanya berbagai rahasia berbisnis secara detail, maka kamu akan mendapatkan ilmu yang tidak bisa dipelajari lewat buku-buku bisnis saja.

 

Mentor Akan Membimbingmu dalam Berbisnis

Credit Image - kebundesign.com

Ibarat sebuah pendakian gunung, sebagai orang yang tidak tahu jalan menuju puncak gunung, kamu pasti membutuhkan seorang pemandu. Jika berjalan sendiri, ada kemungkinan bisa nyasar, jatuh ke jurang, atau waktu tempuh menjadi panjang, karena kamu tidak tahu medan yang sesungguhnya.

Sedangkan, jika meminta bantuan pemandu, kamu bisa dikawal sampai ke puncak dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Pemandu dapat membawamu ke jalan yang lebih mudah dilalui. Perjalanan pun terasa lebih ringan karena ada orang yang bisa diajak mengobrol.

Begitu pula dengan berbisnis, sebagai pemula dalam dunia usaha, kamu butuh orang yang lebih berpengalaman untuk mengarahkan bisnis yang dijalani. Mentor bisnis dapat membimbing dalam membuat rencana bisnis, bisa diajak berdiskusi, dan bisa memberikan masukan berharga bagi perjalanan bisnis dari awal hingga sukses.

 

Mentor pun Memiliki Relasi Bisnis yang Banyak

Namanya saja sudah mentor, sudah pasti mereka telah berkecimpung lama di dunia bisnis, kan? Mentor pun biasanya sudah memiliki banyak relasi bisnis yang beragam, mulai dari sesama rekan pengusaha, investor yang menanamkan modal usaha, pejabat pemerintahan yang berhubungan dengan regulasi bisnis, dan sebagainya.

Dalam berbisnis, pastinya kamu membutuhkan relasi bisnis untuk perkembangan usaha yang dijalani. Jika hubunganmu dengan mentor sudah akrab, pasti ia tidak akan segan memberikan kontak relasi bisnis yang dibutuhkan – dan kamu menjadi akses untuk berkenalan dengan orang-orang penting di dunia bisnis.

 

Dapat Memberi Motivasi di Masa Sulit

Credit Image - sleekr.co

Tidak ada pebisnis yang tidak pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. Mentormu pun punya pengalaman pahit dalam berbisnis. Nah, ia dapat memberikan kamu penghiburan di masa-masa sulit. Diri yang kehilangan semangat, dapat termotivasi jika ada orang lain yang memberikan dukungan, kan?

Mungkin kamu punya pasangan, orang tua, dan sahabat yang peduli akan hidupmu. Namun, pandangan mereka belum tentu relevan dengan keadaan. Terutama jika orang-orang terdekat itu tidak memiliki latar belakang sebagai pebisnis, sehingga kamu butuh mentor yang memahami tantangan dan perjuangan jatuh-bangun merintis usaha.

 

Jangan Lupa, Jaga Stamina agar Kegiatan Mentoring Berjalan Maksimal!

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, maka tingkat produktivitas pun bisa jalan terus, termasuk urusan mentoring. Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, bisa dikatakan bahwa mentor adalah hal yang penting dalam membangun bisnis agar sukses di masa mendatang. Apakah kamu tertarik memilikinya?

 

 

Featured Image – pengajarseoterbaru.wordpress.com