Tak bisa dipungkiri, konflik di tempat kerja merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Setuju, kan? Baik dengan rekan kerja maupun atasan, sepertinya mengalami suatu kesalahpahaman termasuk hal yang sebenarnya wajar saja.

Kantor berisi orang-orang dengan berbagai latar belakang berbeda – dan juga sudut pandang serta prinsipnya masing-masing. Untuk itu, tidak heran konflik seringkali terjadi.

Jika kamu mengalami konflik dengan rekan kerja – ini mungkin lebih mudah diatasi. Namun, gimana kalau justru konflik tersebut juga melibatkan atasan? Bagaimana cara mengatasi konflik yang bijak dengan bosmu di kantor?

Nah, berikut ini 5 cara mengatasi konflik dengan atasan yang dapat diterapkan. Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Cari Tahu Karakter Atasan

Credit Image - idntimes.com

Tentu saja, setiap orang semua punya gaya kerja yang unik dan hal-hal yang membuat kamu merasa bahagia. Nah, kamu bisa memperbaiki hubungan dengan bos melalui cara sederhana, yaitu mencari tahu apa yang membuatnya bahagia dan apa yang membuatnya marah terkait pekerjaan.

Memahami gaya kerja bos, dapat membantumu menghindari beberapa perilaku yang membuat bos marah. Akhirnya, ini bisa memperkuat hubungan dengan atasan, lho. Jadi, cara mengatasi konflik yang satu ini patut dijadikan bahan pertimbangan, ya!

 

#2 – Segera Komunikasikan Langsung dengan Bos

Mengadu ke HRD bukan hal yang bijaksana, kecuali kalau masalahnya terkait bullying, diskriminasi, atau pelanggaran kebijakan kantor. Dalam hubungan apa pun, sangat penting untuk berkomunikasi tentang konflik bersama.

Jika kamu memilih untuk memberitahu HRD, justru hal ini dapat menciptakan banyak masalah baru, lho. Untuk itu, cara mengatasi konflik berikutnya yang direkomendasikan adalah segera membicarakan masalah tersebut dengan atasan.

Pastikan percakapannya adalah tentang kamu dan mencari pendapat serta ide bos untuk memperbaiki hal ini. Tapi, kamu perlu menggunakan bahasa yang diplomatis, tidak agresif, dan tidak menuduh. Ingatlah bahwa dirimu harus tetap menghormati si bos.

 

#3 – Hindari Menceritakan ke Rekan Kerja

Credit Image - money.kompas.com

Bicara dengan orang lain tentang masalah kamu dan bos tidak akan membuat situasi membaik, lho. Ini malah akan merusak reputasimu di kantor. Seseorang bisa saja memberi tahu apa yang kamu bicarakan tentang si bos.

Tapi, gimana kalau kamu tetap perlu untuk bercerita? Nah, cobalah menceritakan hal ini dengan orang yang bisa dipercaya di luar lingkup pekerjaan. Lebih baik lagi, fokuskan energi untuk memperbaiki diri daripada memerhatikan keburukan bos.

 

#4 – Temukan Solusi Bersama

Kalau kamu sudah melakukan berbagai cara menyelesaikan konflik di atas, maka cobalah mencari solusi permasalahan bersama dengan atasanmu. Dalam hal ini, kamu dapat sekaligus menyampaikan keluh kesah, lho.

Jelaskan bahwa konflik dengan bos memengaruhi pekerjaan. Kemudian, katakan juga bahwa kamu ingin menemukan cara untuk memiliki komunikasi yang lebih baik. Menemukan solusi bersama akan membuat hubungan dengan atasan pun menjadi membaik.

 

#5 – Minta Bantuan Pihak Ketiga

Credit Image - kitalulus.com

Cara mengatasi konflik dengan atasan yang terakhir ini juga bisa menjadi alternatif yang baik, kok. Kalau kamu sudah berusaha untuk berbicara dengan bos, tapi ia tidak mau terbuka, maka kamu bisa mencari cara lain. Ketika bos tidak mau memahami, meminta bantuan pihak ketiga, yaitu HRD menjadi satu-satunya cara.

Ceritakan konflik secara tenang dan singkat. Jelaskan juga langkah yang sudah diambil untuk menyelesaikan masalah. Terkadang, pihak ketiga bisa memberikan perspektif yang mungkin kamu dan bos butuhkan.

Nah, biar masalah bisa diselesaikan secara baik, apalagi yang berkaitan dengan atasan, kamu juga harus menjaga energi tubuh, lho. Kalau begini, maka segala tantangan bisa diselesaikan dengan baik, kan?

Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Wah, gimana? Sudah jelas ya ulasan mengenai cara mengatasi konflik dengan atasan. Buatmu yang sedang terjebak dalam kondisi ini, yuk, coba terapkan sejumlah tips di atas!

 

 

Featured Image – jeda.id