Perut yang terasa begah dan kembung pasti terasa sangat mengganggu, kan? Dari berbagai cara mengatasi perut kembung, kamu dapat melakukan olahraga ringan. Tak memakan banyak waktu, lho, hanya dibutuhkan waktu 5 menit saja – dan perut yang begah pun dapat diatasi!

Olahraga memang terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk menjadi cara mengatasi perut kembung yang ampuh. Nyatanya, orang yang kurang olahraga justru lebih rentan mengalami sembelit hingga perut kembung.

Hal tersebut disebabkan aktivitas fisik yang memperlambat gerakan usus, sehingga gas pun tertimbun di perut. Sebaliknya, gerakan olahraga bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ-organ cerna sehingga sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

Nah, apakah kamu tengah mengalami perut kembung? Berikut ini 5 gerakan olahraga yang dapat membantu mengatasinya. Yuk, di simak sampai habis ya informasinya!

 

 

#1 – Kardio 5 Menit

Credit Image - eatthis.com

Cara mengatasi perut kembung pertama dengan berolahraga pertama yang bisa dilakukan, yaitu melakukan gerakan kardio selama 5 menit.

Kardio dapat meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini akan merangsang kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan rasa sakit.

Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan, misalnya jalan cepat, berenang, bersepeda, dan jogging. Sebagai permulaan, coba lakukan kardio minimal 5-10 menit setiap hari agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio selama 25 sampai 30 menit sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu.

 

#2 – Gerakan Yoga Cat-Cow

Kemudian, ada pula gerakan cat-cow yang merupakan salah satu pose yoga yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan perut kembung. Gerakan ini membantu mendorong gerakan usus sehingga mengurangi timbunan gas di perut.

Posisikan tubuh merangkak di atas matras, lalu dorong tulang belakang ke arah atas sambil membuang napas. Tundukkan kepala kamu dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, gerakkan bagian tubuh ke arah yang berlawanan. Lengkungkan punggung ke arah bawah dan angkat kepala menghadap atas. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

 

#3 – Torso Twist

Credit Image - halodoc.com

Cara mengatasi perut kembung berikutnya, cobalah lakukan torso twist yang dapat membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Gerakan ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja, lho. Sngat singkat, kan?

Untuk melakukannya, cobalah ambil posisi nyaman dengan duduk di atas matras sambil menekuk lutut. Kemudian, angkat kaki ke arah dada sambil menyeimbangkan tulang ekor. Pada bagian tangan, tekuk siku dan letakkan tangan di depan dada, telapak tangan saling bersentuhan.

Mulailah dengan merotasi tubuh bagian atas ke arah kiri, lalu berhentilah saat siku kanan bersentuhan dengan lutut kiri. Putar tubuh kembali ke tengah dan ulangi gerakan yang sama ke arah kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 sampai 3 set.

 

#4 – Pose Extended Triangle

Pose yoga yang satu ini dilakukan dengan posisi berdiri tegak. Taruh kaki kanan di depan kaki kiri dengan jarak 3 sampai 4 langkah. Ketika kaki kanan menghadap depan, arahkan kaki kiri menghadap ke samping atau membentuk sudut 90 derajat.

Berikan tumpuan pada pinggang, lalu turunkan tangan kanan ke lantai dan angkat tangan ke arah atas hingga lurus. Tahan pose ini selama 15 detik sambil mengatur napas dengan sebaik mungkin. Ulangi gerakan yang sama pada sisi lainnya.

 

#5 – Sphinx Pose

Credit Image - lessons.com

Terakhir, ada pula cara mengatasi perut kembung dengan melakukan sphinx pose. Nah, tidak hanya meregangkan tubuh, pose ini juga dapat membantu meregangkan organ pencernaan yang bermasalah. Ini tentu bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dan masalah pencernaan lain yang sedang kamu alami.

Mulailah dengan tengkurap di atas matras dengan menekuk siku di sebelah dada. Lalu, berikan tekanan pada matras hingga mengangkat bagian tulang belakang. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik dan turunkan kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 5 kali agar pencernaan semakin lancar.

Sebelum mengalami perut kembung, memang ada baiknya kamu menghindari beragam penyebabnya. Karena, hal ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kekebalan, mengingat pencernaan yang sehat juga berkaitan erat dengan imunitas.

Agar kesehatan semakin maksimal, kamu dianjurkan  rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Jadi, itulah kelima cara mengatasi perut kembung dengan gerakan olahraga ringan dan mudah dilakukan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – everydayhealth.com