Seperti diketahui, makanan yang diolah dengan dipanggang, digoreng, atau dibakar masih terus mendominasi dunia kuliner. Memang, sejumlah metode memasak tersebut dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat, kan? Namun sayangnya, sejumlah cara ini tak selalu sehat, lho.

Berbeda dengan ketiga metode memasak yang sudah disebutkan, makanan yang direbus memiliki peminat yang lebih sedikit. Padahal, cara memasak dengan direbus punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat mengonsumsi makanan yang direbus? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Credit Image - jovee.id

Apakah kamu sedang dalam program penurunan berat badan? Tentunya, menambahkan sayuran rebus ke dalam daftar menu harian merupakan hal yang tak boleh dilupakan, lho. Mengapa begitu? Ini karena kalorinya rendah, tinggi serat, dan bebas lemak bila dibandingkan dengan metode memasak yang lain.

Tidak hanya sayuran, bahan makanan lain yang direbus kalorinya cenderung lebih sedikit. Misalnya, mengutip Nutritionix, telur rebus memiliki 78 kalori dengan total lemak 5,3 gram, sementara telur goreng mengandung 90 kalori dengan total lemak 6,8 gram.

 

Lebih Mudah Dicerna

Mengapa orang yang sakit disarankan makan bubur atau sup hangat? Nah, ini bukan tanpa alasan, ya. Hal tersebut direkomendasikan karena makanan rebus lebih mudah dicerna dan cepat diasimilasi oleh perut, dilansir New Vision.

Selain itu, merebus makanan memecah senyawa kompleks yang ada di dalamnya menjadi bentuk yang lebih sederhana dan mudah dicerna. Beberapa contoh makanan rebus yang mudah ditemui di sekitar kamu adalah sup ayam, sayur bayam, hingga sayur asem.

 

Membantu Memperbaiki Kondisi Kulit dan Rambut

Credit Image - hot.liputan6.com

Kulit berkilau alami bisa didapat dengan makan makanan yang sehat dan tetap terhidrasi. Ini bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan rebus yang kandungan airnya tinggi serta mengandung nutrisi penting seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia tahun 2017, antioksidan merupakan zat untuk mencegah kerusakan oksidatif pada sel dan jaringan, termasuk jaringan kulit. Disarankan mengonsumsi sayuran rebus seperti wortel, buah bit, bayam, tomat, hingga brokoli.

Kemudian, rutin mengonsumsi makanan yang direbus juga dapat membantu pertumbuhan rambut, lho. Percaya atau tidak, sayuran seperti wortel bisa membantu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Hal ini diutarakan oleh Sakshi Sareen, seorang ahli bedah transplantasi rambut.

Mengapa harus wortel? Mengutip Hopscotch, beta-karoten dalam wortel membuat rambut lembut dan berkilau. Selain itu, vitamin A dan vitamin E membantu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat akar rambut lebih kuat.

 

Mencegah bahkan Mengobati Batu Ginjal

Dilansir Mayo Clinic, batu ginjal – atau dikenal juga dengan sebutan renal calculi merupakan endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Salah satu faktor risikonya adalah tidak minum cukup air.

Penderita batu ginjal perlu mengonsumsi makanan rebus karena bisa menghilangkan 87 persen oksalat, yaitu senyawa yang berperan penting dalam pembentukan batu ginjal. Juga bisa digunakan sebagai langkah pencegahan.

 

Membantu Mengobati Radang Lambung

Credit Image - klasika.kompas.id

Radang lambung atau gastritis disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Mengutip Cleveland Clinic, gastritis dibagi menjadi dua, yaitu akut (mendadak) yang dialami 8 dari 1.000 orang dan kronis (jangka panjang) terjadi pada 2 dari 10.000 orang.

Rupanya, kondisi ini bisa diobati dengan mengubah pola makan, seperti mengonsumsi sayuran rebus. Alasannya sederhana, yaitu lebih mudah dicerna, mengurangi tekanan pada perut, serta mempercepat pemulihan.

 

Optimalkan Kebutuhan Vitamin dengan Rutin Konsumsi Suplemen!

Rutin mengonsumsi sayuran, apalagi yang direbus memang bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan. Ini juga termasuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tapi ingat, memenuhi sejumlah asupan vitamin dengan mengonsumsi sumber makanan saja belum tentu cukup. Jadi, sangat disarankan rutin mengonsumsi suplemen, seperti Enervon-C dan Enervon Active, ya.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Jadi, itulah kelima manfaat rutin mengonsumsi makanan yang direbus. Sudahkah kamu menerapkan cara memasak yang satu ini?

 

 

Featured Image – dailymail.co.uk