Apakah kamu sering mengalami insomnia – atau kesulitan terlelap di malam hari? Permasalahan yang satu ini harus diatasi secepatnya, lho. Pasalnya, ada kemungkinan kamu menjadi mudah lelah, apalagi jika keesokan harinya harus bangun pagi untuk bekerja. Jadi, istirahat yang cukup sangatlah penting.

Selain menjaga energi tubuh, tidur yang cukup juga bisa menghindarimu dari risiko depresi, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan risiko berbahaya lainnya. Ahli pun menyarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya.

Lantas, bagaimana kalau masih sukar tertidur di malam hari? Kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah, seperti mengonsumsi beberapa minuman seperti berikut ini.

 

 

Jus Ceri

Credit Image - healthline.com

Ceri adalah buah memiliki rasa manis atau asam, bergantung dari varietasnya. Mereka tumbuh dalam berbagai warna, seperti kuning, merah dan ungu. Selain digunakan untuk isian kue, ternyata buah ceri dapat meningkatkan kualitas tidur karena mengandung triptofan – atau asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin.

Buah ceri manis atau asam memiliki tingkat melatonin yang berbeda. Rasa asam lebih mengandung melatonin lebih tinggi daripada buah ceri yang manis. Sebuah penelitian mencatat bahwa dengan meminum 2 cangkir (480 ml) jus ceri setiap hari selama 2 minggu dapat meningkatkan kadar melatonin sehingga meningkatkan total waktu tidur 84 menit serta membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa.

 

Chamomile Tea

Chamomile adalah bunga seperti aster yang termasuk bagian dari famili  Asteraceae. Teh yang terbuat dari tanaman ini dapat membantu mengatasi kecemasan dan gangguan tidur seperti insomnia. Sebuah studi mengatakan bahwa 80 wanita yang mengalami penurunan kualitas tidur meminum teh chamomile setiap hari selama 2 minggu dan hasilnya mereka mengalami peningkatan kualitas tidur.

Untuk membuat teh chamomile sangatlah mudah. Cukup tambahkan 4 sendok makan bunga chamomile segar atau 2 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 cangkir yang berisi air mendidih sebanyak 237 ml. Biarkan bunga chamomile terendam selama 5 menit. Kemudian sisihkan airnya dengan menggunakan saringan.

 

Peppermint Tea

Credit Image - everydayhealth.com

Peppermint atau dikenal sebagai Lamiaceae adalah ramuan aromatik yang merupakan persilangan antara watermint dan spearmintPeppermint dapat membantu meredakan sakit kepala, meringankan sinus yang tersumbat, meringankan kram saat menstruasi, juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Untuk membuat teh peppermint cukup mudah. Rebus 2 gelas (480 ml) air dan tambahkan segenggam daun peppermint. Jumlah daun yang digunakan digunakan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Biarkan daun peppermint terendam selama 5 menit. Jika sedang mengonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh ini.

 

Susu Hangat

Susu mengandung triptofan yang secara alami dapat meningkatkan serotonin – atau prekursor untuk hormon pengatur tidur melatonin dan neurotransmitter yang dikenal untuk kebahagiaan. Melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu memerangi gangguan tidur lainnya termasuk jet lag dan insomnia.

Beberapa penelitian menemukan bahwa susu hangat dapat meningkatkan kualitas tidur tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini. Karena, ada kemungkinan dengan meminum segelas susu hangat sebelum tidur hanya ritual yang menenangkan, sehingga dapat membantu untuk melepas lelah dan beristirahat. Tapi, tidak ada salahnya mencoba, kan?

 

Smoothie Pisang-Almond

Credit Image - floatingkitchen.net

Pisang mengandung magnesium, triptofan, dan melatonin yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Menggabungkan pisang dan susu almond dalam smoothie akan membuat istirahat malam menjadi lebih berkualitas.

Untuk membuat smoothie pisang-almond, cukup campurkan 1 pisang segar atau beku, 1 cangkir susu almond (237 ml), 1 sendok makan mentega almond, dan ½ cangkir es jika menggunakan pisang segar. Mudah, ya?

 

Vitamin B Kompleks dan Vitamin C Juga dapat Bantu Atasi Susah Tidur

Tahukah kamu bahwa kedua vitamin tersebut – ternyata juga dapat membantu atasi masalah susah tidur? Memiliki peran untuk jaga kekebalan tubuh, vitamin C serta vitamin B kompleks pun dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 – dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C – berkaitan erat dengan insomnia.

Peroleh asupan vitamin C dari berbagai sumber tinggi nutrisi, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, dan nanas.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B6. Jenis vitamin yang satu ini dapat  membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja – namun, sejumlah vitamin di atas bisa kamu penuhi, hanya dengan rutin mengonsumsi multivitamin saja! Tak perlu repot lagi, kan? Cocok untukmu yang punya aktivitas padat nih.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagaimana kalau ingin perlindungan lebih ekstra? Bisa konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari.

Dan, untukmu yang punya segudang kegiatan – bisa minum Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina biar tidak mudah lelah, sekaligus pertahankan imunitas tubuh.

 

Itulah deretan minuman yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur, sehingga kamu dapat terlelap dengan mudah di malam hari. Tertarik mencobanya?

 

 

Featured Image – scmedia.id

Source – idntimes.com