Tak bisa dipungkiri, bagi orang dengan kepribadian introvert, sosialiasi merupakan salah satu kegiatan yang cukup sulit dilakukan. Bahkan, tak jarang energi terkuras habis setelah bersosialiasi. Apakah kamu juga termasuk yang introvert?

Jangan salah, melakukan sosialisasi termasuk cara yang tepat untuk membangun relasi – atau networking, lho. Memang, buat para introvert, kamu harus tetap melakukan berbagai adaptasi, sehingga kegiatan networking bisa berjalan menyenangkan. Tapi, tenang, masih ada beragam tips yang dapat membantumu, kok.

Lantas, apa saja tips networking yang dapat diterapkan oleh para introvert? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Lakukan Persiapan

Credit Image - klikdokter.com

Sejatinya, networking biasa juga membutuhkan langkah yang satu ini, lho. Akan tetapi, seorang introvert persiapan mungkin menjadi hal yang tak boleh dilewatkan, karena sangat berperan penting. Bagi introvert, kegiatan berjejaring memang bisa mengintimidasi. Nah, berbagai persiapan bisa menekan perasaan tersebut.

Misalnya, kamu sebaiknya mencari tahu berbagai pertanyaan dan jawaban yang biasanya akan dilontarkan ketika pembicaraan berlangsung. Atau, kamu juga dapat menyiapkan hal lainnya, seperti dengan siapa kamu ingin melakukan networking tersebut. Dengan demikian, rasa canggung pun dapat teratasi, lho!

 

Tetap Rileks

Tenang, kamu tidak harus jadi orang yang menyapa lebih dulu. Kamu bisa menunggu. Jangan lupa, hindari kesan ketus, bahkan marah. Coba untuk tersenyum, alih-alih berdiam di pojok ruangan, apalagi, jika kamu melakukannya sambil membuka gadget.

Kemudian, tunjukkan sikap terbuka dan hangat. Bisa saja, ada orang yang menyapamu lebih dulu. Meski sulit, coba terapkan tips networking untuk introvert yang satu ini, ya. Ingat, lewat pembiasaan, kamu pasti bisa, kok.

 

Ajaklah Temanmu

Credit Image - glints.com

Bagaimana kalau kamu masih merasa takut terintimidasi – atau takut kehabisan energi? Tenang, kamu tetap bisa membawa seorang kenalan maupun teman yang dapat mengurangi beragam masalah tersebut, lho.

Coba ajak teman atau kolega kerja untuk pergi bersama-sama. Ini bukan cuma soal menekan ketegangan, ya. Tetapi, bisa jadi, mereka justru membantumu membuka koneksi baru. Jadi, jangan insecure duluan!

 

Cobalah Networking Empat Mata

Nah, bagi kamu yang merasa konferensi – atau pertemuan masih terlalu sulit dilakukan, maka kamu dapat menerapkan opsi one-on-one, lho. Ini artinya, kamu tetap bisa melakukan networking dengan satu orang saja alias empat mata.

Bagaimana cara melakukannya? Misalnya, kamu dapat meminta temanmu mengenalkan orang baru. Setelahnya, kamu bisa mengajak kenalan tersebut untuk bertemu – dan mengobrol dengannya. Dengan cara ini, energi pun tak gampang terkuras, ya.

 

Lakukan Networking Secara Online

Credit Image - theonle.network

Ingin menerapkan tips networking untuk introvert tadi, tapi masih merasa tak nyaman? Benar-benar ingin sendirian saja? Tak perlu khawatir, ada cara networking dengan orang baru, meski tengah seorang diri di kamar, lho.

Di masa kini, media sosial bisa kamu gunakan untuk networking. Misalnya, kamu dapat membangun profil LinkedIn yang baik, lalu cari orang baru di sana. Dengan begitu, kamu bisa melakukan dua hal di satu waktu. Dua hal itu adalah menghemat energi diri, sambil membangun jejaring untuk karier.

 

Bangun Networking Secara Maksimal, Tetap Jaga Stamina Tubuhmu Ya

Sudah paham ya bagaimana cara membangun networking? Tentu saja, hal yang satu ini tak bisa dipisahkan dari unsur stamina tubuh, lho. Sebab, jika tubuh sudah mendapatkan energi yang cukup, maka kamu bisa semakin fokus dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam menjalin hubungan kerja.

Jadi, dukung selalu produktivitas dan pertahankan stamina tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak heran kalau kamu makin produktif, nih!

 

Wah, itulah beragam tips melakukan networking bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – glassdoor.com