Anemia atau kekurangan darah merupakan kondisi yang seringkali dialami banyak individu. Apakah kamu termasuk? Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi sejumlah makanan penambah Hb – yang biasanya kaya akan kandungan zinc.

Biasanya, sirkulasi yang buruk adalah masalah umum yang disebabkan oleh sejumlah kondisi kesehatan tertentu. Menurut National Institutes of Health mengungkapkan bahwa kekurangan darah bisa disebabkan oleh penyakit arteri perifer, obesitas, dan adanya kebiasaan merekok.

Ketika mengalami anemia, maka ada beberapa gejala yang dirasakan, seperti nyeri pada beberapa bagian tubuh, kram otot, mati rasa, pusing, hingga ada rasa dingin di tangan atau kaki. Guna mengatasinya, ada sejumlah makanan penambah Hb yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, lho.

Lantas, apa saja makanan penambah Hb yang direkomendasikan? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Buah Delima

Credit Image - simplyrecipes.com

Nah, makanan penambah Hb juga termasuk buah-buahan, lho, salah satunya buah delima. Disebut juga sebagai pomegranate – ini merupakan buah yang berair, punya cita rasa manis, serta kaya akan antioksidan polifenol dan nitrat. Selain itu, delima juga termasuk vasodilator kuat.

Vasolidator digunakan untuk melebarkan pembuluh darah, agar darah mengalir dengan lebih lancar. Nah, delima sebagai buah penambah darah bisa kamu konsumsi dengan cara dibuat menjadi jus atau dimakan langsung, ya.

Makan buah berwarna merah ini secara rutin dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pembentukan jaringan otot dengan lebih baik lagi. Hal ini karena delima mengandung zinc yang cukup tinggi, sehingga dapat menambah asupan zat besi ke darah. Jadi, delima mampu meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh.

 

#2 – Kismis

Makanan penambah Hb berikutnya, yaitu kismis – yang juga sering dijadikan sebagai topping berbagai makanan sehat. ada dasarnya, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan.

Ternyata, cukup dengan memakan langsung kismis bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk tubuh, seperti mencegah terjadinya anemia. Mengapa demikian? Kismis mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kismis mengandung zat besi, magnesium, tembaga, kalium, dan vitamin dalam jumlah yang baik. Nah, kandungan ini penting untuk membuat sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain mampu menjadi buah penambah darah, kismis juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting lainnya.

Kismis dapat mengurangi berbagai faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, lho. Hal ini diungkapkan dalam studi di Postgraduate Medicine, yang menyatakan bahwa kismis mampu menjaga kesehatan jantung dan rendah natrium sehingga mengandung sumber kalium yang baik.

 

#3 – Pisang

Credit Image - tododisca.com

Rekomendasi buah yang juga termasuk dalam kelompok makanan penambah Hb – dan tentunya yang bisa dicoba, yaitu pisang. Buah ini merupakan makanan kaya akan zinc, sehingga dapat merangsang produksi hemoglobin di dalam darah.

Selain itu, pisang juga menjadi sumber asam folat yang baik dan dibutuhkan untuk membuat sel darah merah. Untuk itu, wanita yang sedang menstruasi atau sedang menjalani masa kehamilan, dianjurkan untuk makan pisang secara rutin agar terhindar dari anemia.

Pisang juga sudah dikenal baik menjadi salah satu sumber kalium untuk tubuh. Kalium adalah mineral penting dalam tubuh, yang membantu mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Konsumsi kalium juga melindungi diri dari stroke, serta mampu mencegah osteoporosis dan batu ginjal, lho!

 

#4 – Apel

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan “makan satu apel setiap hari dapat menjauhkanmu dari dokter”? Wah, nyatanya ungkapan tersebut bukan omong kosong belaka, lho.

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apel juga bisa menjadi salah satu pilihan buah penambah darah untuk kesehatan, karena buah ini termasuk sumber zat besi yang dibutuhkan untuk merangsang jumlah hemoglobin dalam darah.

Bahkan, kamu pun bisa makan buah apel dengan kulitnya, untuk memaksimalkan nutrisi yang ada. Apel juga mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Apel juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan dan bermanfaat untuk tubuh. Nah, kadar polifenol inilah yang paling banyak ditemukan pada kulit apel.

 

#5 – Jeruk

Credit Image - 750g.com

Jeruk juga menjadi makanan penambah Hb yang dapat kamu konsumsi secara rutin. Tidak hanya jeruk yang bisa dijadikan pilihan, tapi kamu pun bisa mengonsumsi berbagai citrus fruit, seperti lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya.

Jeruk sudah dikenal menjadi buah yang kaya antioksidan, termasuk flavonoid. Konsumsi buah jeruk yang kaya flavonoid mengurangi peradangan di tubuh, yang mengurangi tekanan darah dan kekakuan di arteri sekaligus meningkatkan aliran darah dan produksi oksida nitrat.

Konsumsi jeruk secara rutin juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Selain itu, makan jeruk setiap hari secara rutin akan membantu menjaga kekebalan dan imunitas tubuh karena kaya akan vitamin C.

 

#6 – Lengkapi Kebutuhan Zinc, Konsumsi Multivitamin Ini!

Mengonsumsi sejumlah sumber makanan penambah Hb di atas untuk memenuhi kebutuhan zinc memang penting, ya. Namun, untuk kamu yang sibuk dan lebih menyukai hal yang praktis – bisa memenuhi kebutuhan Zinc harian dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Berbagai vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat beraktivitas.

Tapi, apakah mengonsumsi multivitamin Enervon Active setiap hari aman dilakukan? Aman kok! Karena kandungannya yang termasuk dalam jenis vitamin larut air, jadi mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan di keluarkan melalui urin.

Selain itu, kandungan non-acidic Vitamin C juga aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki perut sensitif. Jadi, tak perlu khawatir lambung terasa nyeri!

 

Wah, gimana? Sekarang sudah tahu ya deretan makanan penambah Hb yang dapat kamu konsumsi secara rutin. Untukmu yang mengalami anemia – jangan tunda lagi, segera dapatkan asupan zinc yang cukup, ya!

 

 

Featured Image – thejakartapost.com