Kalau tidak lulus masa percobaan alias probation, apa yang harus dilakukan, ya? Mungkin pertanyaan demikian kerap terbesit di benakmu ketika sedang dalam masa uji coba di kantor baru. Terkadang, pemikiran tersebut hanya ketakutan semata, namun gimana kalau menjadi kenyataan?

Memang, ada kemungkinan bahwa seseorang tidak lulus probation. Bisa jadi disebabkan oleh performa yang kurang baik ketika masa uji coba. Tapi, jika kamu mengalami hal tersebut, tenang, ini bukan akhir dari segalanya, kok.

Untuk menghadapi ketidaklulusan probation dengan baik, berikut ini 6 tips yang patut diterapkan. Penasaran, apa saja? Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

1. Tidak Lulus Bukan Berarti Gagal, Lho!

Credit Image - glints.com

Dilansir dari Digital Grads mengingatkan bahwa tidak lulus probation bukan sepenuhnya kegagalan. Memang, hal ini tidak sulit untuk diterima. Meski demikian, waktu yang sudah kamu habiskan untuk menjalani masa uji coba tersebut tidak terbuang sia-sia.

Dari waktu kerja yang singkat itu, kamu tentu sudah bisa belajar tentang berbagai hal. Nantinya, pengalaman tersebut bisa digunakan untuk proses budaya kerja perusahaan tersebut tidak cocok denganmu.

Selain itu, kamu jadi tahu pentingnya lebih sering meminta panduan dari manajer atau atasanmu selama probation. Jadi, jangan berkecil hati, ya!

 

2. Minta Saran dari Atasan

Nah, kalau kamu tak lulus masa uji coba. Jangan langsung kesal begitu saja, ya. Alih-alih dumel, ada baiknya kamu meminta saran – serta masukan dari atasan, lho. Ingat, tak usah malu untuk berdiskusi dengan atasan mengenai probation.

Tanyakanlah apa alasan rinci mengapa kamu tidak diluluskan. Lalu, catat semua masukan dari atasanmu tersebut. Hal-hal ini tentu akan sangat berguna sebagai pelajaran bagimu agar bisa terus berkembang sebagai profesional.

 

3. Introspeksi Diri, Yuk!

Credit Image - alodokter.com

Setelah mendapat masukan dari atasan, langkah selanjutnya yang bisa diambil setelah ditetapkan tidak lulus probation adalah introspeksi diri. Ambil waktu sejenak untuk melihat kembali hari-harimu beberapa bulan ke belakang.

Catat apa yang sudah kamu lakukan dengan baik, begitu pula apa yang belum maksimal dari upayamu saat masa uji coba tersebut.  Dengan melakukan ini, kamu jadi bisa menilai performamu secara lebih objektif.

 

4. Jaga Hubungan Baik dengan Perusahaan

Meskipun tidak lulus probation, tetaplah terbuka dan jaga hubungan baik dengan perusahaan. Pasalnya, kamu tetap butuh referensi dari perusahaan ini untuk lamaran kerja selanjutnya. Jadi, usahakan untuk tetap bersikap netral, ya!

Hindari berkata-kata buruk mengenai perusahaan tepat tak lulus probation, apa lagi sampai menjelek-jelekkan di media sosial. Jika ada kekecewaan, kamu bisa menyampaikan semuanya pada proses offboarding, khususnya sasat exit interview.

Namun, untuk exit interview, tentu tetap ada etikanya. Selain itu, kamu juga dapat lebih memahami aspek apa yang sudah bagus maupun yang masih perlu dikembangkan dalam diri.

 

5. Tetap Optimis

Credit Image - dream.co.id

Ketika tidak lulus masa uji coba, wajar saja kalau merasa sedih dan kecewa, kok. Lagipula, siapa sih yang tak sedih kalau tidak lulus probation di kantor? Tapi, jangan sampai perasaan tersebut terus menghantuimu, ya.

Tak masalah untuk bersedih untuk beberapa waktu, namun tetap ingat untuk segera bangkit lagi. Menurut Woman and Home, ini adalah saatnya mengejar pekerjaan atau perusahaan impianmu kembali. Untuk menghibur diri, kamu bisa mencoba berbagi pada orang-orang terdekat.

 

6. Jangan Lupa, Tetap Jaga Stamina Tubuhmu

Nah, kalau tak lulus masa uji coba, tak perlu berkecil hati, yuk, segera bangkit dan cari pekerjaan lainnya! Biar pekerjaan selanjutnya bisa dilakukan dengan maksimal, pastikan kamu sudah menjaga stamina sehingga produktivitas tidak terganggu.

Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Jadi, untukmu yang sedang dalam posisi ini, yakni tak lulus masa probation, jangan berkecil hati! Yuk, segera bangkit – dan cari pekerjaan lainnya. Selain itu, terapkan deretan tips di atas agar kamu bisa menghadapi kondisi tersebut dengan baik.

 

 

Featured Image – bola.com