Tak bisa dipungkiri, komunikasi merupakan salah satu soft skill yang mesti kamu latih sejak usia muda. Bukan tanpa alasan, kemampuan yang satu ini diperlukan untuk beragam hal, termasuk urusan pekerjaan – sekaligus cara mengatasi konflik, lho.

Menyelesaikan permasalahan di antara dua orang – atau beberapa anggota dalam sebuah tim adalah tugas yang penting, apalagi buat seorang pemimpin. Tapi menerapkan cara mengatasi konflik yang baik bukan perkara mudah.

Namun, penyelesaikan konflik tersebut dapat dipermudah dengan menerapkan komunikasi yang efektif. Lantas, apa saja tahapan komunikasi yang baik ketika berusaha menyesaikan sebuah konflik? Yuk, lanjut bahasannya di bawah ini!

 

 

Pastikan Semua Pihak Sadar bahwa Ada Konflik yang Perlu Diselesaikan

Credit Image - kumparan.com

Cara mengatasi konflik dengan komunikasi yang pertama, yakni membuat semua pihak menyadari bahwa ada konflik yang harus diselesaikan. Jangan salah, langkah ini sangatlah penting – dan tak boleh dilewatkan, lho.

Untuk menyelesaikan konflik, kamu harus memastikan kalau pihak yang berkonflik sudah menyadari bahwa ada permasalahan yang harus diselesaikan. Terkadang, satu pihak merasa ada masalah, tapi pihak lainnya santai-santai saja. Jika begini, konflik pun takkan kunjung selesai, ya?

 

Semua Pihak Harus Sepakat dengan Hal-Hal Kecil

Untuk menyepakati sesuatu yang besar, kamu pun harus bisa membuat pihak-pihak yang berkonflik agar mau sepakat terhadap hal-hal yang kecil dahulu. Cara mengatasi konflik dengan komunikasi ini juga tak kalah pentingnya, ya.

Misalnya, apabila ada rencana mendiskusikan masalah bersama, maka kedua belah pihak harus sepakat untuk datang tepat waktu – atau tidak memotong pembicaraan seseorang. Hal-hal sederhana ini akan memudahkan mendapat kesepakatan bersama ketika penyelesaikan konflik.

 

Mendengarkan dengan Baik

Credit Image - economy.okezone.com

Recognize feeling – atau mampu mengidentifikasi perasaan setiap pihak juga harus dilakukan dalam cara mengatasi konflik, lho. Salah satunya, yakni mau mendengarkan dengan baik ketika orang lain berbicara. Sederhana sih, tapi sangat punya pengaruh besar!

Kalau kamu sudah tahu apa yang dirasakan orang-orang di sekitarmu yang sedang berkonflik, kemudian kamu pun bakal lebih mudah mengidentifkasi keinginan dan kebutuhan mereka. Jadi, penyelesaian masalah akan terasa lebih gampang, bukan?

Intinya, jika kamu berperan sebagai penengah, maka wajib menjadi pendengar yang baik, ya!

 

Fokus pada Masalah, Bukan Individunya

Sering banget terjadi, masalah terjadi karena adanya perasaan sentiment dengan orangnya, bukan akibat masalahnya. Apakah kamu pernah mengalami situasi yang satu ini? Nah, inilah mengapa komunikasi yang baik sangat diperlukan sebagai cara mengatasi konflik.

Kalau kamu kesal dengan orangnya, maka semua hal pun bisa berubah menjadi masalah, lho. Untuk itu, pertama-tama, kamu harus memastikan bahwa rasa kesal – atau sebal tidak boleh memengaruhi keinginan untuk berdamai.

 

Mencari Opsi Jalan Keluar

Credit Image - grid.id

Cara mengatasi konflik dengan komunikasi terakhir, pastikan kamu sudah membuat kesimpulan yang jelas, baik sebuah masalah maupun jalan keluarnya. Setiap pihak harus kreatif dalam mencari opsi jalan keluar, lho.

Nah, biasanya teknik ini juga disebut sebagai win win solution – atau semua pihak punya sisi keuntungan. Jadi, sampaikan kesimpulan yang sudah didaapt dengan jelas di depan kedua pihak yang berkonflik tersebut.

 

Jangan Lupa, Tetap Jaga Stamina biar Konflik bisa Diselesaikan dengan Maksimal!

Biar masalah bisa diselesaikan secara baik, apalagi yang berkaitan dengan atasan, kamu juga harus menjaga energi tubuh, lho. Kalau begini, maka segala tantangan bisa diselesaikan dengan baik, kan?

Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu ya bahwa komunikasi yang baik juga termasuk salah satu cara mengatasi konflik secara tepat. Jadi, jika kamu sedang mengalami masalah di dunia kerja, coba terapkan tips di atas, yuk!

 

 

Featured Image – abckotaraya.id