Jika sebelumnya Enervon sudah membahas soal peran ayah pada anak perempuan, kini kamu juga harus mengetahui peran ayah terhadap anak laki-laki. Sosok ayah memang identik sebagai pencari nafkah, padahal tak sekedar ini saja, lho.

Tentu saja, peran ayah dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak-anaknya, termasuk anak laki-laki. Peran ayah pun tak kalah besar dibanding ibu, bahkan kombinasi peran keduanya juga bisa membentuk pribadi anak yang lebih baik di masa mendatang.

Lantas, apa saja peran ayah terhadap anak laki-laki? Dan bagaimana cara memaksimalkannya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Laki-Laki

Credit Image - halodoc.com

Dilansir dari Klik Dokter, ayah merupakan sosok yang menunjukkan kasih sayang, memberikan perlindungan, dan menjadikan diri sebagai tempat diskusi bisa membuat anak laki-lakinya bersikap lebih tegas.

Selain itu, peran ayah juga dibutuhkan untuk membuat Si Kecil merasa lebih percaya diri dan berani dalam menentukan keputusan. Lebih lanjut, begini peran ayah dalam perkembangan anak laki-lakinya.

1. Pelindung

Seorang ayah bertugas untuk memberikan rasa aman kepada anak, baik secara fisik maupun emosional. Ketika anak tahu bahwa ayah akan selalu ada untuknya, maka anak pun akan lebih merasa percaya diri, berani, dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya.

 

2. Pendidik

Sebagai kepala keluarga, ayah harus mengajari anak-anaknya prinsip dan nilai dasar yang harus mereka ikuti dalam kehidupan. Merupakan peran ayah untuk mendidik anak-anaknya tentang kode etik yang perlu dipatuhi selama hidup.

 

3. Role Model

Seorang ayah adalah teladan penting bagi anak laki-lakinya karena mereka akan belajar seperti apa seharusnya seorang pria dewasa. Oleh karena itu, ayah harus selalu mencontohkan perilaku yang baik untuk anak. Hal ini bertujuan agar Si Kecil dapat tumbuh ke arah yang positif.

 

4. Teman

Ayah adalah teman pertama anak sebelum ia menuju ke lingkup yang lebih besar. Faktanya, memiliki hubungan yang dekat dan bersahabat dengan anak dapat mengurangi kemungkinan mereka menyimpang dan jatuh ke dalam kebiasaan yang tidak diinginkan.

Sebagai sosok teman yang baik bagi anak, ayah juga lebih mudah membimbing anak saat ia merasa sedih atau tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

 

5. Penghibur

Ayah lebih sering menghabiskan waktu dengan bercanda bersama anak. Ayah pun lebih dapat mengimbangi pergerakan aktif anak sehingga dapat menjadi sosok penghibur yang baik di kala anak sedang bersedih.

 

6. Pelatih

Kemudian, peran ayah juga penting untuk mengajari anak keterampilan hidup, yang nantinya diperlukan saat si kecil beranjak ke lingkungan yang lebih luas.

 

7. Mitra

Menjadi ayah yang selalu bersikap baik kepada pasangan dan anggota keluarga lainnya dapat menumbuhkan rasa empati anak. Pada masa depan, Si Kecil pun akan menjadi sosok yang baik, seperti halnya yang dicontohkan ayahnya semasa ia kecil.

 

Cara Memaksimalkan Peran Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak Laki-Laki

Credit Image - parentalk.id

Jika kamu sudah tahu beragam peran ayah untuk pertumbuhan anak laki-laki. Lalu, bagaimana cara memaksimalkannya? Nah, peran ayah dalam mendidik anak laki-laki dapat dioptimalkan dengan meluangkan lebih banyak waktu di rumah.

Namun, kalau tidak memungkinkan, buatkan kesempatan eksklusif di akhir pekan agar ada waktu antara ayah dan anak. Ingat, jika sudah janji maka harus ditepati. Selain itu, perbanyak juga diskusi dengan anak. Ajarkan si kecil membuat keputusannya dan memahami konsekuensinya sendiri.

Sebisa mungkin, sosok ayah juga harus aktif di rumah. Bukan hanya diam, menyuruh pasangan – atau  anaknya saja. Tapi, mencontohkan dengan melakukan kegiatan bersama.

Peran ayah dalam mendidik anak laki-laki tidak kalah besarnya. Oleh karena itu, perhatikan hal tersebut agar anak dapat tumbuh menjadi sosok yang positif dan dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitarnya.

 

Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak, Beri Asupan Multivitamin Lengkap

Credit Image - bukalapak.com

Sama seperti peran ayah dalam pertumbuhan anak perempuan, peranan sang ayah juga tak kalah pentingnya untuk tumbuh kembang anak laki-laki, lho. Namun, agar pertumbuhan Si Kecil makin maksimal, pastikan pula kamu sudah memberikan asupan vitamin yang cukup.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah deretan peran ayah terhadap tumbuh kembang anak laki-laki yang ternyata punya peranan besar, ya!

 

 

Featured Image – ibupedia.com